Tips Menjalani Kehamilan Trimester Pertama Agar Sehat dan Normal

Tips kehamilan trimester pertama ⏩ Sebenarnya apa sih pengertian kehamilan trimester 1 ?? Bagi Anda yang baru pertama kali hamil mungkin masih asing dengan istilah kehamilan trimester 1 (pertama), trimester 2 (kedua) dan trimester ketiga. Untuk itu, perlu kami sampaikan bahwa kehamilan trimester pertama adalah usia kehamilan tiga bulan pertama, yaitu bulan 1, 2 dan 3.

Ketika harapan kita untuk segera mendapat kehamilan telah terwujud lalu apa yang harus kita lakukan ?? Apakah cukup dengan berdiam diri menunggu lahirnya si jabang bayi ?

Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat dan normal, kita perlu melakukan perawatan kehamilan dengan benar mulai usia kehamilan trimester pertama hingga akhir masa kehamilan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa panduan perawatan kehamilan trimester pertama agar kehamilan dapat dijalani dengan nyaman.

tips-menjalani-kehamilan-trimester-pertama
image from pixabay

Tips Kehamilan Trimester Pertama


Nutrisi ibu hamil trimester pertama harus benar benar diperhatikan agar perkembangan bayi trimester pertama dapat berjalan dengan baik. Selain itu, larangan ibu hamil trimester pertama juga perlu dihindari agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan pada usia kehamilan trimester awal :

1. Ibu hamil hendaknya mengkonsumsi vitamin prenatal


Apabila saat ini Anda belum mengkonsumsi vitamin prenatal, mulai sekarang cobalah untuk mengkonsumsinya, terutama vitamin B9 (asam folat). Suplemen asam folat hendaknya banyak dikonsumsi pada usia kehamilan trimester pertama untuk mencegah terjadinya masalah pada kerusakan sumsum tulang belakang dan kerusakan jaringan otak janin.

Dalam setiap harinya, Anda butuh asupan asam folat sekitar 400 hingga 600 mcg. Suplemen vitamin B9 (asam folat) ini bisa biasanya diberikan oleh bidan atau dokter saat Anda memeriksakan kehamilan.

Selain asam folat, ibu hamil trimester pertama juga membutuhkan tambahan asupan vitamin D sekitar 10 mcg per hari. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari multivitamin yang disediakan khusus ibu hamil dengan tidak mengesampingkan nutrisi ibu hamil trimester pertama dari makanan sehat. Peran penting vitamin D bagi ibu hamil bisa Anda baca pada artikel berjudul pentingnya vitamin D untuk ibu hamil.

2. Tentukan layanan kesehatan yang Anda pilih


Agar dapat mengontrol perkembangan bayi trimester pertama secara rutin Anda perlu menentukan secara tepat dimana Anda akan memeriksakan kehamilan, apakah dokter atau bidan. Memeriksakan kesehatan ibu dan janin pada usia kehamilan trimester pertama adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil.

Apabila Anda telah berhasil memilih layanan kesehatan yang tepat, selanjutnya Anda bisa melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin paling tidak sebulan sekali. Jika belum menentukan pilihan, cobalah untuk minta saran kepada keluarga, teman, tetangga atau siapa saja untuk membantu menentukan pilihan dimana layanan kesehatan ibu hamil yang baik.

3. Tinggalkan kebiasaan merokok dan minum alkohol


Merokok adalah salah satu larangan ibu hamil trimester pertama karena asap rokok dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius bahkan bisa menyebabkan keguguran. Selain membahayakan janin, merokok juga dapat memperlambat pertumbuhan janin dan mengganggu kesehatan ibu.

Ada beberapa penelitian yang mengaitkan antara merokok dengan peningkatan resiko bayi terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan cacat di bagian langit langit. Selengkapnya bisa Anda baca bahaya asap rokok bagi ibu hamil.

Selain menghindari rokok, pada usia kehamilan trimester pertama ibu hamil hendaknya menghindari konsumsi minuman beralkohol karena minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan janin dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Jika sebelum hamil Anda adalah orang yang suka melakukan kebiasaan merokok dan minum alkohol, berhentilah sejak sekarang ! tak ada kata terlambat untuk mulai memperhatikan kesehatan sang buah hati.

4. Konsultasikan kehamilan Anda ke dokter atau bidan


Ketika Anda telah dinyatakan positif hamil oleh bidan atau dokter, maka cobalah untuk membuat janji ke kepada dokter atau bidan untuk konsultasi seputar kehamilan Anda, terutama di usia kehamilan trimester pertama ini. Dalam konsultasi ini, biasanya dokter atau bidan akan menanyakan beberapa hal terkait kehamilan Anda, misalnya :

  • Menanyakan tentang riwayat kesehatan dan kehamilan Anda sebelumnya
  • Memberikan arahan tentang cara perawatan kehamilan mulai dari perawatan kehamilan trimester pertama hingga perawatan kehamilan trimester akhir
  • Memeriksa tekanan darah Anda
  • Mengukur berat badan dan tinggi badan Anda
  • Melakukan pemeriksaan apakah Anda ada infeksi menular
  • Memberi tahu HPL (hari perkiaran lahir)
  • Apabila saat ini anda mengkonsumsi obat secara rutin maka tidak boleh langsung dihentikan, dokter akan memberikan saran terbaik
  • Dan masih banyak lagi

5. Teliti asuransi kesehatan Anda


Pada usia kehamilan trimester pertama ini, sebaiknya cari tahu tentang asuransi kesehatan Anda, entah asuransi pribadi maupun asuransi karyawan, apakah asuransi Anda akan mencukupi biaya persalinan dan biaya perawatan bayi kelak setelah lahir. Hal ini penting untuk diketahui guna menghemat biaya dan waktu di kemudian hari.

Apabila Anda belum mempunyai asuransi kesehatan, Anda bisa segera mendaftar asuransi sejak sekarang. Jika saat ini Anda sedang bekerja di suatu perusahaan, jangan lupa untuk mengambil cuti hamil yang telah ditentukan oleh pihak kantor.

6. Cukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil trimester pertama


Agar kehamilan Anda berjalan dengan baik, maka pada kehamilan trimester pertama, kedua dan ketiga Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Melakukan program diet sehat ibu hamil dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama hamil.

Selama kehamilan berlangsung, Anda tidak terlalu banyak memerlukan kalori. Nutrisi yang diperlukan di usia kehamilan trimester pertama diantaranya adalah asam folat, serat, zat besi, kalsium dan zinc.

Selama hamil, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan yang kemungkinan mengandung bakteri, racun atau parasit yang membahayakan kehamilan. makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil antara lain adalah telur mentah atau setengah matang, kerang mentah, daging mentah atau setengah matang, produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi dan lain lain.

Asupan lemak omega 3 hendaknya dicukupi karena omega 3 sangat bermanfaat bagi janin untuk membantu perkembangan otak janin sehingga dapat memberikan dampak baik pada pendengaran, pemahaman bahasa dan kecerdasan anak kelak setelah lahir. Selain itu, omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya depresi pasca persalinan.

Untuk mendapatkan asupan omega 3, Anda bisa mengkonsumsi minyak ikan yang telah terbukti khasiatnya. PDO minyak ikan adalah salah satu produk minyak ikan yang diperkaya omega 3 dan aman bagi ibu hamil. Jangan sembarangan memilih minyak ikan karena tidak semua minyak ikan aman bagi ibu hamil. Untuk pemesanan PDO Minyak Ikan, silakan hubungi kami melalui halaman "kontak" atau silakan langsung ke toko www.tokovianur.com

Agar perkembangan bayi trimester pertama berjalan dengan baik dan tidak banyak kendala, ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh mengingat selama kehamilan berlangsung , ibu hamil membutuhkan lebih banyak cairan daripada sebelum hamil. Kekurangan cairan dapat menyebabkan beberapa masalah seperti sembelit, badan terasa lelah dan meningkatkan resiko persalinan prematur.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan pada usia kehamilan trimester pertama, yaitu jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan tinggi karbohidrat. Minuman bersoda dan nasi putih akan bergerak dengan cepat ke aliran darah sehingga kadar gula darah ibu hamil meningkat. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan janin terlalu berlebihan.

7. Olahraga rutin


Olahraga bukan lah larangan bagi ibu hamil trimester pertama seperti yang dikatakan oleh beberapa orang. Justru sebaliknya, olahraga secara rutin dapat menjadikan kehamilan Anda terasa lebih segar dan bugar.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam berolahraga, yaitu pilih jenis olahraga yang tidak membahayakan kehamilan. Olahraga extreem tidak dianjurkan untuk ibu hamil, terutama pada kehamilan trimester pertama. Selengkapnya bisa Anda baca olahraga yang aman untuk ibu hamil muda.

8. Istirahat yang cukup


Di awal masa kehamilan, mungkin Anda merasakan rasa lelah yang tidak seperti biasa. Kondisi ini memang wajar terjadi pada ibu hamil karena perubahan hormon. Agar hamil muda tidak Anda jalani dengan berat, silakan luangkan waktu barang sebentar untuk beristirahat, terutama tidur siang meski hanya sebentar saja.

Susah tidur sering kali menjadi kendala bagi ibu hamil untuk mendapatkan istirahat yang sempurna. Untuk itu, lakukan segala tips untuk mengatasi sulit tidur agar badan benar benar fresh dan tidak kelelahan.

Itulah beberapa tips menjalani kehamilan trimester pertama agar sehat dan normal. Apabila Anda menjumpai hal yang janggal pada kehamilan, segera saja konsultasi ke dokter. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top