Wanita hamil 1 bulan bolehkah naik pesawat ? Berbahayakah ?

Wanita hamil 1 bulan bolehkah naik pesawat terbang ? Di penghujung tahun 2017 ini mungkin Anda ingin melakukan travelling ke tempat yang jauh, namun takut kalau dapat mengakibatkan dampak buruk pada janin. Untuk itu, diperlukan informasi akurat terkait boleh dan tidaknya ibu hamil melakukan perjalanan jauh, terutama kalau naik pesawat terbang.

Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat bahwa naik pesawat saat hamil adalah sebuah pantangan ibu hamil muda karena dapat mengakibatkan masalah kehamilan serius.

Untuk memastikan apakah kabar tersebut benar atau tidak maka diperlukan penjelasan secara ilmiah menurut ahli kesehatan. Untuk itu, silakan simak pembahasan pada artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

wanita-hamil-1-bulan-bolehkah-naik-pesawat
image from pixabay

Ibu Hamil 1 Bulan Naik Pesawat


Terkait mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh melakukan perjalanan udara, sebenarnya itu adalah mitos belaka. Wanita mengandung boleh boleh saja naik pesawat, namun ada peraturan yang harus ditaati agar tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan.

Lantas, langkah apa saja yang perlu dilakukan oleh ibu hamil sebelum berangkat traveling naik pesawat terbang ? yaitu konsultasi ke dokter kandungan mengenai rencana perjalanan udara yang akan dilakukan.

Meski kehamilan Anda tergolong sehat dan tidak ada masalah, konsultasi ke dokter lebih baik dilakukan demi menjaga kehamilan agar tidak sampai terjadi hal buruk.

Adapun jika Anda pernah mengalami keluhan kesehatan seperti hipertensi dan diabetes maka Anda wajib konsultasi ke dokter sebelum melanjutkan rencana perjalanan udara. Selain konsultasi ke dokter, Anda juga harus mentaati peraturan maskapai perjalanan khusus untuk ibu hamil. Untuk lebih jelasnya silakan baca syarat ibu hamil naik pesawat garuda dan lainnya.

Resiko Ibu Hamil 1 Bulan Naik Pesawat


Naik pesawat terbang saat hamil muda tergolong aktivitas yang aman, namun  Anda harus tetap waspada karena perjalanan jauh dapat meningkatkan kemungkinan munculnya berbagai macam resiko seperti :

1. Penurunan oksigen pada ibu hamil


Penurunan oksigen bisa saja terjadi karena saat di udara tekanan udara mengalami penurunan. Kondisi ini tidak akan memberikan dampak buruk pada janin selama ibu hamil dalam kondisi sehat.

2. Varises


Perjalanan udara yang dilakukan dalam waktu lama bisa mengakibatkan virises dan pembekuan darah. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan kaos kaki panjang atau pakai stocking kompresi yang telah dibuat khusus untuk orang yang melakukan perjalanan udara.

3. Terjadi masalah kehamilan


Masalah kehamilan bisa terjadi karena ibu hamil sering terkena paparan radiasi otmosfir. Bagi ibu hamil yang hanya sekali dua kali naik pesawat hendaknya tidak perlu takut karena resiko ini hanya akan mengenai pada wanita hamil yang sering traveling naik pesawat.

Waktu yang Tepat Naik Pesawat untuk Ibu Muda


Sebagaimana  yang telah kami sampaikan di atas bahwa sebenarnya naik pesawat itu aman bagi ibu hamil, namun Anda harus tahu kapan sebenarnya ibu hamil boleh naik pesawat terbang itu ?

Menurut saran dari beberapa ahli kesehatan, sebaiknya ibu hamil tidak melakukan perjalanan udara ketika usia kehamilan masih terlalu muda. Perjalanan udara hendaknya dilakukan paling tidak pada usia hamil trimester kedua.

Kenapa begitu ? karena pada usia kehamilan trimester kedua gejala kehamilan seperti mual, muntah, badan lelah dan lain lain sudah tidak ada lagi sehingga perjalanan Anda bisa lebih nyaman. Selain itu, pada usia kehamilan trimester kedua ini, janin dalam kandungan juga sudah tumbuh berkembang dengan baik sehingga tidak terlalu mudah terkena masalah kehamilan.

Bagaimana kalau mau bepergian saat usai kehamilan trimester ketiga ? boleh atau tidak ? Sebenarnya boleh boleh saja, hanya saja di usia hamil tua, ibu hamil banyak yang mengeluhkan berbagai macam keluhan kehamilan seperti sakit pinggang, susah BAB, sakit punggung dan lain lain sehingga waktu yang paling tepat untuk naik pesawat terbang adalah ketika usai kehamilan trimester kedua.

Tips bagi Ibu Hamil saat Naik pesawat


Apabila di penghujung tahun 2017 ini Anda mau melakukan perjalanan udara, sebaiknya lakukan beberapa tips sederhana di bawah ini agar perjalanan udara Anda berjalan dengan nyaman :

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih
  • Kenakan pakaian longgar, bukan pakaian ketat dan sempit
  • Usahakan untuk mendapatkan tempat duduk yang agak longgar untuk bergerak
  • Sabuk pengaman hendaknya dikencangkan
  • Terlalu lama duduk bisa membuat kaki dan punggung terasa sakit maka usahakan untuk tidak duduk terlalu lama

Demikian ulasan terkait ibu hamil 1 bulan bolehkah naik pesawat. Andaikan dokter memberikan arahan kepada Anda untuk tidak melakukan perjalanan udara, mungkin itu karena kondisi kesehatan Anda yang kurang mendukung maka sebaiknya jangan melanggar arahan dokter. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top