Cara Mencegah Janin Tidak Berkembang dengan Aman

Loading...
Setelah kemarin kami kita membahas tentang ciri janin tidak berkembang, kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi tentang cara mencegah janin tidak berkembang. Masalah kehamilan yang berakhir dengan keguguran adalah hal yang paling tidak diharapkan oleh setiap pasangan suami istri. Betapa tidak, harapan untuk segera mendapatkan sang buah hati pupus karena keguguran.

Menjaga dan merawat kehamilan adalah hal yang wajib dikerjakan oleh setiap pasangan suami istri agar kehamilan berjalan dengan baik dan tidak banyak kendala.

Segala cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya keguguran atau janin tidak berkembang seharusnya dilakukan dengan kompak oleh setiap pasangan suami istri agar kehamilan lancar.

cara-mencegah-janin-tidak-berkembang
image from pixabay

Mencegah Janin tidak Berkembang


Di bawah ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri untuk mencegah janin tidak berkembang. Silakan simak penjelasannya hingga selesai..

1. Perencanaan kehamilan yang baik


Pada dasarnya, banyak pasangan suami istri yang dapat hamil normal tanpa harus merencanakannya karena kehamilan memang murni sebuah Anugerah dari Sang Maha Pencipta. Namun demikian, apabila Anda khawatir terhadap masalah janin tidak berkembang, maka ada baiknya Anda rencanakan kehamilan anda dengan baik.

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan kehamilan adalah dengan memeriksakan kondisi kesehatan kepada dokter kandungan guna melihat lebih jelas terkait sistem reproduksi Anda. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan ada masalah reproduksi maka segera saja diobati sebelum hamil. Selain pemeriksaan sistem reproduksi, pemeriksaan virus dan genetik juga perlu dilakukan sebelum menjalankan program hamil.

2. Olahraga aman untuk wanita hamil


Apabila Anda telah positif hamil maka sebelum melakukan berbagai macam aktivitas harus dipikir lebih dulu tentang manfaat dan madlorotnya. Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan namun tak semua jenis olahraga aman bagi ibu hamil. Olahraga yang membutuhkan banyak tenaga dan olahraga ekstrim sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

Pilih saja olahraga yang ringan seperti jalan santai, senam pernapasan dan lainnya yang tidak membuat badan terlalu kelelahan. Sebagai referensi silakan baca olahraga yang aman untuk ibu hamil.

3. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat


Selama menjalani kehamilan, ibu hamil harus mendapatkan supan nutrisi yang seimbang. Ada banyak bergizi tinggi yang sehat untuk ibu hamil untuk mencegah janin tidak berkembang. Asupan nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil antara lain adalah protein, karbohidrat, vitamin, lemak, mineral, kalsium, kalium dan lainnya. Sayur dan buah adalah sumber vitamin sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Sebagai referensi, silakan baca makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil.

4. Batasi konsumsi makanan yang mengandung kafein


Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein tidak lah dilarang sepenuhnya bagi ibu hamil. Selama hamil, sebaiknya jangan terlalu banyak minum kopi karena kopi banyak mengandung kafein. Terlalu banyak minum kopi dapat menyebabkan masalah kehamilan serius dan mengganggu kesehatan ibu hamil, seperti masalah jantung, sakit kepala, jantung berdetak cepat, mual berlebih dan membuat badan jadi sangat lelah karena kekurangan zat besi.

5. Terapkan pola hidup sehat


Salah satu cara untuk mencegah janin tidak berkembang adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, tidak merokok, tidak menyalah gunakan obat terlarang dan tidak minum alkohol. Penerapan pola hidup tak sehat bisa menjadi pemicu terjadinya keguguran dan janin tidak berkembang. Beberapa masalah kehamilan yang mungkin disebabkan karena pola hidup tak sehat antara lain adalah berat badan janin rendah, resiko cacat lahir, janin terkena penyakit syaraf, masalah jantung dan genetika. Untuk itu, tinggalkan pola hidup tak sehat dan beralih pada pola hidup sehat.

6. Hanya mengkonsumsi obat atas resep dokter


Di awal masa kehamilan, biasanya ibu hamil menjumpai berbagai macam keluhan seperti sakit kepala dan mual muntah. Untuk mengatasi segala keluhan tersebut sebaiknya jangan sembarangan minum obat karena janin dalam kandungan masih sangat sensitif. Jika Anda benar benar ingin minum obat untuk meredakan masalah yang sedang Anda hadapi, silakan gunakan obat atas resep dokter.

7. Mengelola gula darah dengan baik


Sejak awal masa kehamilan, ibu hamil harus benar benar mengelola gula darah dengan baik. Langkah ini harus benar benar diperhatikan oleh wanita hamil terutama yang punya penyakit diabetes. Kenaikan kadar gula darah saat hamil perlu diwaspadai karena bisa memberikan dampak buruk bagi janin bahkan bisa menyebabkan janin tidak berkembang.

8. Hindari stress


Perubahan emosi memang sering dialami oleh ibu hamil, namun sebagai ibu hamil hendaknya dapat mengelola emosi dengan baik jangan sampai stress. Kenapa demikian ? karena akibat stress pada ibu hamil sangat tidak baik, bahkan bisa menyebabkan keguguran kandungan dan janin tidak berkembang. Cobalah untuk membuat pikiran tenang dengan bersantai bersama keluarga, piknik, bercengkerama dengan belahan jiwa dan lain lain.

9. Bekerja yang aman


Oleh karena tuntutan ekonomi, banyak ibu hamil yang masih harus bekerja meski banyak keluhan kehamilan yang mulai muncul silih berganti. Bekerja saat hamil bukan lah suatu pantang kehamilan, namun untuk mencegah hal yang tak diinginkan, ibu hamil harus bisa mengelola cara kerja dengan baik sehingga tidak berdampak buruk bagi janin. Mengangkat beban terlalu berat sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan masalah kehamilan serius.

Itulah 9 cara untuk mencegah janin tidak berkembang dengan aman. Lebih lelah karena menjaga kehamilan daripada harus menghadapi kenyataan pahit seperti keguguran dan kasus janin tidak berkembang. Salam

Loading...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top