Cara Paling Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil, Bunda Wajib Baca..

Mengatasi jerawat saat hamil muda bisa dilakukan dengan banyak cara, namun tidak semua cara aman bagi kehamilan. Cara aman untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan bahan alami atau obat yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa di awal masa kehamilan, ibu hamil mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan beberapa perubahan fisik salah satunya adalah mudah jerawatan.

Sebelum lanjut membaca tentang cara aman untuk membasmi jerawat ini, alangkah baiknya Anda pahami lebih dulu apa saja yang bisa memicu jerawatan saat hamil. Silakan baca penyebab wanita hamil jerawatan.

Apabila Anda termasuk orang yang jerawatan saat hamil, Anda tak perlu khawatir karena ada cara aman yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat. Silakan simak penjelasannya pada artikel ini..

cara-paling-ampuh-mengatasi-jerawat-saat-hamil
image from pixabay

Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil


Pemicu utama jerawatan saat hamil adalah meningkatnya hormon androgen di dalam tubuh. Hormon ini lah yang memicu peningkatan produksi minyak yang disebut dengan sebum. sel kulit mati yang bercampur dengan sebum ini akhirnya membuat kulit jerawatan karena bakteri cepat berkembang dan pori pori kulit telah tertutup olehnya.

Sebagaimana yang telah kita tahu, apa pun yang terjadi pada ibu hamil akan berdampak pada janin. Untuk itu, ibu hamil harus extra hati hati dalam memilih obat untuk mengatasi jerawat agar tidak sampai memberikan dampak negatif pada janin. Di bawah ini adalah beberapa cara aman untuk mengatasi jerawat saat hamil..

1. Zat pembasmi jerawat yang aman


Beberapa ahli kesehatan menyarankan ibu hamil untuk memakai obat anti jerawat yang mengandung asam azelaic, clindamycin, benzoyl peroxide dan eritromisin. Zat zat ini mempunyai tingkat penyerapan ke tubuh sangat rendah, yaitu sekitar lima persen saja, sehingga aman bila digunakan oelh ibu hamil.

Meskipun demikian, Anda harus tetap berhati hati karena tidak semua obat jerawat telah teruji keamanannya bagi wanita hamil. Untuk itu, konsultasikan dulu obat jerawat Anda ke dokter sebelum benar benar digunakan.

2. Zat yang tidak dianjurkan


Salah satu zat yang sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil adalah Isotretinoin karena dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Untuk itu, pastikan obat anti jerawat Anda tidak mengandung zat ini demi menghindari hal tak diinginkan.

Selain Isotretinoin, obat jerawat yang banyak mengandung asam salisilat juga tidak dianjurkan bagi wanita mengandung. Asam salisilat banyak dijumpai pada beberapa obat jerawat yang dijual di toko toko obat.

Dalam memilih obat anti jerawat sebaiknya hindari obat jerawat yang mengandung Tetracyclines dan retinoid. Tetracyclines dapat menyebabkan dampak kurang baik pada janin yaitu dapat merubah warna gigi janin, sedangkan zat retinoid dapat memicu kelahiran cacat bayi meski penyerapannya ke dalam tubuh tergolong rendah.

Cara Alami Mengatasi Jerawat Saat Hamil


Apabila Anda takut untuk menggunakan obat jerawat yang dijual di toko obat karena khawatir bisa menyebabkan bayi lahir tak normal, Anda bisa mengusir jerawat dengan menggunakan bahan bahan alami. Memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi jerawat adalah cara paling aman untuk mengatasi jerawat saat hamil. Bagaimana caranya ? Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengatasi jerawat dengan soda kue


Kandungan zat pada soda kue dapat membuat kulit jadi kering sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat. Adapun cara menyembuhkan jerawat dengan soda kue adalah dengan mencampur soda kue satu sendok dengan air hangat kemudian oleskan tipis tipis pada jerawat. Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air sampai bersih.

2. Mengatasi jerawat pakai lemon


Lemon adalah buah segar yang memiliki kandungan alpha hydroxy acid (AHA). Zat ini sangat efektif untuk menghilangkan sel kulit mati serta membuka pori pori kulit yang tersumbat pemicu jerawat. Cara memanfaatkannya cukup mudah, silakan belah lemon jadi dua bagian, ambil kapas lalu celupkan pada air lemon kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

3. Menghilangkan jerawat pakai madu


Madu tidak hanya enak untuk dikonsumsi, namun juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat saat hamil karena madu memiliki kandungan anti bakteri dan antiseptik. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengoleskan madu pada wajah berjerawat, diamkan sekitar setengah jam lalu bilas pakai air hangat sampai bersih.

4. Mengatasi jerawat pakai minyak kelapa


Minyak kelapa yang dimaksud di sini adalah minyak kelapa murni. Anda bisa menggunakan minyak kelapa murni untuk membasmi jerawat karena minyak kelapa murni itu mengandung zat anti bakteri dan anti jamur. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan menggunakannya sebagai pelembab kulit aja sebelum tidur malam.

[baca juga : merk pelembab untuk ibu hamil yang aman]

Selain menerapkan cara di atas, Anda harus membersihkan bagian wajah dengan benar. Tidak perlu berlebihan dalam mencuci muka, cukup sehari dua kali saja dengan memakai sabun cuci muka yang tepat. Gosok wajah dengan jari jari tangan secara lembut, tidak perlu menggunakan handuk karena dapat menyebabkan iritasi.

Demikian ulasan tentang cara paling aman mengatasi jerawat saat hamil. Silakan lakukan perawatan wajah dengan benar, bila perlu konsultasikan ke dokter agar obat jerawat yang Anda gunakan tidak berdampak buruk bagi janin. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top