Ciri-Ciri hamil minggu pertama Lengkap Wajib Diperhatikan

Ciri ciri hamil minggu pertama mungkin sudah banyak diketahui oleh pasangan suami istri. Ciri ciri orang hamil yang umum terjadi adalah mual disertai muntah dan terlambat haid. Namun ada ciri kehamilan lengkap yang mungkin Anda kurang memperhatikannya, bukan sekedar mual dan telat haid saja. Justru mual dan terlambat datang bulan itu bisa saja disebabkan karena faktor lain. Mual bisa terjadi karena sedang masuk angin dan terlambat datang bulan bisa terjadi karena gangguan hormonal atau karena kelelahan.

Hamil minggu pertama jika dilihat dari kacamata medis terhitung sejak hari terakhir haid, bukan 1 minggu setelah pembuahan. Perhitungan ini digunakan oleh semua tenaga medis, baik dokter maupun bidan.

Ciri-ciri orang hamil 1 minggu terlihat dari beberapa hal yang mana setiap wanita hamil mungkin berbeda beda. Gejala dan tanda wanita hamil 1 minggu yang akan kami sampaikan ini bisa terjadi secara bersamaan atau datang silih berganti. Untuk melihat lebih jelas apakah Anda sedang hamil seminggu atau tidak, Anda bisa melihat ciri hamil secara medis dan non medis.

ciri-ciri-hamil-minggu-pertama-lengkap
image from pixabay

Ciri–ciri hamil Minggu Pertama secara Non Medis


Minggu pertama kehamilan masih sulit dikenali karena tanda kehamilan belum begitu banyak yang tampak. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter atau bidan terdekat. Namun demikian, Anda tetap memperkirakan apakah Anda hamil atau tidak dengan melihat ciri ciri kehamilan minggu pertama secara fisik dan non fisik.

Ciri – Ciri Hamil Minggu Pertama secara fisik


Ciri orang hamil 1 minggu secara fisik bisa terlihat karena adanya perubahan hormon ibu hamil beberapa hari sejak terjadi pembuahan. Adapun perubahan fisik tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pendarahan


Di usia minggu pertama kehamilan, banyak yang mengeluhkan mengalami pendarahan atau bercak darah. Hal ini termasuk gejala kehamilan normal yang disebabkan karena proses implantasi. Bercak darah ini terjadi karena calon janin menempel di dinding rahim hingga akhirnya membuat ibu hamil muda mengeluarkan bercak darah ringan. Informasi selengkapnya silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama ?

2. Kram di bagian perut


Sebagaimana munculnya bercak darah, kram perut yang terjadi di awal kehamilan ini juga disebabkan karena proses implantasi. Menempelnya calon jnain ke dinding rahim tidak hanya mengakibatkan pendarahan tapi juga menyebabkan kram perut ringan. Jadi, kram perut di awal kehamilan itu adalah hal yang wajar dan tidak perlu untuk ditakuti.

3. P*yud*ra berubah


Wanita hamil 1 minggu biasanya mulai merasakan ada perubahan pada p*yud*ranya, yaitu p*yud*ra menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, bahkan hanya karena sentuhan kain bra sekalipun. Selain menjadi sensitif, ukuran p*yud*ra juga mengalami perubahan yaitu terlihat semakin membengkak, padat dan lembut. Sebagian ibu hamil juga mengeluhkan rasa gatal di areola / daerah sekitar put!ng dan terlihat semakin menghitam. Perubahan p*yud*ra ini terjadi karena perubahan hormon ibu hamil.

4. Telat haid


Sel telur yang berhasil dibuahi oleh sel $perma akan terus berkembang di dalam rahim sehingga tidak akan terjadi menstruasi. Sebagaimana kita ketahui bahwa menstruasi terjadi karena sel telur tidak dibuahi sehingga luruh melalui jalan lahir bersama darah haid itu. Telat datang bulan ini lah yang banyak digunakan oleh kaum wanita untuk mengenali kehamilannya. Telat datang bulan ini tidak terjadi pada usia kehamilan minggu pertama.

5. Mual disertai muntah


Salah satu ciri orang hamil minggu pertama adalah sering mual disertai muntah muntah terutama di waktu pagi. Oleh karena banyak terjadi di waktu pagi sehingga diistilahkan dengan morning sickness. ANmun demikian, meskipun namanya morning sickness tapi bisa jadi mual dan muntah ini tidak hanya terjadi di pagi hari.

6. Sering BAK


Janin dalam kandungan Anda membutuhkan ruang untuk berkembang di dalam rahim sehingga rahim akan membesar sesuai dengan ukuran janin. Keadaan itu lah yang membuat kantung kemih tertekan sehingga ibu hamil sering BAK. Di usia kehamilan 1 minggu, rahim memang belum membesar tapi tetap sering pipis karena aliran darah ke bagian rahim meningkat sehingga ginjal bekerja lebih cepat.

7. Kelelahan


Ciri orang hamil di minggu pertama yang lain adalah badan terasa sangat lelah meski tidak banyak melakukan aktivitas. Ibu hamil merasa sangat lelah dan mengantuk, tidak seperti biasanya. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil sejak terjadinya pembuahan. Wanita hamil yang punya tekanan darah rendah mungkin merasakan lelah yang lebih berat bahkan ada yang sampai pingsan.

Ciri Hamil Minggu Pertama Secara Non Fisik


Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil 1 minggu tidak hanya berpengaruh pada perubahan fisik, melainkan berpengaruh juga pada ibu hamil secara non fisik. Di bawah ini adalah beberapa ciri hamil minggu pertama secara non fisik..

1. Ngidam makanan tertentu


Ngidam adalah tanda kehamilan yang sudah tidak asing bagi setiap pasangan suami istri. Ngidam adalah kondisi dimana ibu hamil muda tiba tiba ingin makan atau minum sesuatu tak seperti biasanya. Makanan yang diidamkan oleh setiap ibu hamil itu berbeda beda, ada yang ngidam makanan asin, manis, kecut, gurih dan lainnya. Ngidam makanan bisa terjadi pada usia kehamilan kapan saja, bisa seminggu, satu bulan dan bahkan sudah sembilan bulan pun kadang masih ada yang ngidam.

2. Indra penciuman jadi sensitif


Mungkin Anda merasa aneh karena indra penciuman menjadi sangat sensitif terhadap aroma aroma makanan tertentu. Meningkatnya sensitifitas indra penciuman adalah salah satu tanda kehamilan yang mengakibatkan ibu hamil merasa tak nyaman karena aroma makanan yang dulu di sukai, sekarang justru membuat peru tambah mual dan ingin muntah.

3. Gelisah


Perasaan gelisah mungkin Anda jumpai pada pada saat awal masa kehamilan. Gelisah tidak selalu sebagai ciri hamil 1 minggu, tapi perubahan hormon ibu hamil bisa saja membuat pikiran stress dan gelisah. Agar ibu hamil tetap tenang dan nyaman, peran orang terdekat terutama suami sangat lah diperlukan.

Ciri – ciri Hamil Minggu Pertama secara Medis


Selain ciri orang hamil 1 minggu secara non medis yang telah kami sampaikan di atas, masih ada gejala dan tanda kehamilan yang dilakukan dengan cara medis. Di bawah ini adalah beberapa tanda kehamilan secara medis..

1. Ciri hamil 1 minggu dengan test pack


Untuk memastikan kehamilan, Anda bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan alat test pack yang banyak dijual di toko kesehatan atau apotek. Cara melakukan tes kehamilan dengan tes pack sangat lah mudah, yaitu dengan mencelupkan alat ke urine lalu dilihat stripnya. Kalau test pack menunjukkan dua strip berarti positif hamil tapi kalau hanya satu strip berarti negatif. Untuk mendapatkan hasil akurat, sebaiknya lakukan tes urine di pagi hari, gunakan alat test pack yang sensitif dan lakukan tes pada waktu yang tepat. Sebagai petunjuk, silakan baca kapan test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan akurat ?

2. Ciri orang hamil 1 minggu dengan USG


Pada saat ini, cara mengetahui kehamilan dengan USG memang masih jarang dilakukan, padahal tes kehamilan pakai alat USG itu hasilnya justru sangat akurat. Untuk melakukan pemeriksaan dengan USG, Anda harus datang ke dokter, tidak cukup dengan melakukannnya sendiri di rumah seperti tes kehamilan dengan test pack.

Beberapa poin yang kami tulis di atas adalah ciri ciri hamil minggu pertama secara lengkap. Mungkin sebagian dari ciri tersebut tidak muncul pada usia kehamilan 1 minggu, namun banyak yang mulai muncul di usia kehamilan 1 minggu. Semoga informasi ini bermanfaat dan bagikan kalau menurut Anda bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top