Hamil 8 Bulan Perut Kecil, Normalkah ? Apa yang Harus Dilakukan ?

Ketika usia hamil sudah 8 bulan tapi perut masih kecil maka perasaan tak nyaman akan selalu menyelimuti hati. Perlu Anda ketahui bahwa setiap wanita itu mempunyai bentuk dan ukuran perut yang tidak sama sehingga beberapa wanita hamil yang usia kehamilannya sama terkadang ukuran perutnya jauh berbeda. Sekilas bisa dilihat bahwa wanita hamil itu ada yang perutnya kecil dan ada yang perutnya besar.

Kenapa sih ukuran perut ibu hamil masih terlihat kecil padahal sudah menginjak usia kehamilan trimester ketiga ?? Apakah bentuk perut tersebut menunjukkan adanya masalah pada perkembangan janin ??

Oleh karena banyak ibu hamil yang menanyakan hal itu maka pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa informasi terkait ukuran perut yang masih kecil meski usia kehamilan sudah tua.

hamil-8-bulan-perut-kecil
image from pixabay

Ibu hamil 8 bulan perutnya masih kecil, Normalkah ??


Kandungan kecil sebenarnya adalah suatu kondisi dimana kehamilan terlihat masih kecil apabila dibandingkan dengan kehamilan pada umumnya. Apabila tak ada gejala yang aneh pada kehamilan serta gerakan janin masih kuat maka Anda tak perlu khawatir.

Namun demikian, perut kecil tersebut dibarengi dengan melambatnya gerakan janin maka Anda harus segera memastikan kondisi kehamilan Anda dengan melakukan pemeriksan USG ke bidan atau dokter.

Apabila Anda termasuk orang yang hamil 8 bulan perut kecil maka Anda tak perlu takut, karena sebenarnya itu adalah kondisi normal asalkan tidak dibarengi dengan gejala lain yang menunjukkan kehamilan bermasalah. Perut kecil banyak dijumpai pada ibu hamil usia muda di bawah 18 tahun dan ibu hamil tua di atas 35 tahun.

Hal yang perlu Anda perhatikan apabila mengalami kondisi ini adalah mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan makanan makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil. Sayur dan buah sangat dianjurkan karena mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap, selanjutnya silakan baca makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Selain memperhatikan asupan nutrisi, Anda harus menghindari stress karena pikiran stress bisa menyebabkan masalah kehamilan serius. Stress tidak hanya berdampak buruk pada ibu, melainkan janin dalam kandungan juga mendapat dampak negatifnya. Selengkapnya bisa anda baca akibat stress pada ibu hamil dan janin.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan perut kecil saat hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Perut kecil akibat gangguan plasenta


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa untuk mengetahui penyebab perut kecil meski usia kehamilan sudah tua yaitu dengan pemeriksaan USG. Dari beberapa hasil pemeriksaan, dijumpai beberapa faktor yang menyebabkan perut kecil saat hamil, salah satunya adalah kelainan plasenta.

Kelainan plasenta ini terjadi dengan gejala kram perut hebat atau nyeri ulu hati seperti tak tertahankan. Kalau Anda tidak merasakan keluhan apa apa di bagian perut kemungkinan kehamilan anda normal normal saja.

2. Minum alkohol dan merokok


Penyebab perut kecil yang paling banyak terjadi pada ibu hamil adalah karena pola hidup tak sehat sebelum hamil. Merokok dan minum minuman keras adalah kebiasaan buruk yang bisa membuat perut kecil meski sudah hamil tua usia 8 bulan atau lebih (trimester ketiga). Maka dari itu, sejak sekarang terapkan pola hidup sehat, jangan merokok dan minum minuman keras.

3. Perut kecil karena genetik bermasalah


Perut kecil saat hamil tidak hanya terjadi karena kelainan plasenta dan pola hidup tak sehat, tapi bisa juga disebabkan karena masalah genetika atau faktor keturunan yang menyebabkan gangguan perkembangan janin dalam kandungan. Kelainan gen ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena infeksi.

4. Umur ibu hamil


Usia atau umur ibu hamil juga termasuk faktor yang membuat perut ibu hamil kecil. Wanita berumur muda kurang dari 18 tahun dan wanita paruh baya berumur 35 tahun lebih besar kemungkinan mempunyai ukuran kandungan yang kecil. Untuk memastikan kesehatan kehamilan Anda, sebaiknya segera konsultasi ke dokter terkait dengan keluhan yang Anda hadapi sehingga apabila ada masalah kehamilan dapat segera terdeteksi dan mendapat perawatan dengan tepat.

Merujuk pada penjelasan di atas maka penting bagi ibu hamil untuk benar benar menjaga dan merawat kehamilannya dengan baik serta melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Penerapan pola hidup sehat serta pola makan sehat harus benar benar diperhatikan agar tidak banyak terjadi masalah kehamilan yang menakutkan.

Demikian ulasan terkait hamil 8 bulan perut kecil yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan singkat ini dapat memberikan banyak manfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top