Panduan Hamil Muda agar tidak Tidak Keguguran

Loading...
Panduan hamil muda - Ketika seorang wanita telah tengah hamil muda, perawatan terasa gak karuan karena masih bingung dalam merawat kehamilan, apalagi bagi wanita yang baru pertama kali hamil. Beberapa gejala kehamilan yang muncul silih berganti sebaiknya ditanggapi dengan cara yang tepat agar kehamilan tetap sehat dan tidak keguguran.

Perubahan hormon membuat wanita hamil muda banyak menjumpai keluhan dan gejala kehamilan yang mau tidak mau harus dihadapi. Segala keluhan tersebut harus diperlakukan dengan benar agar tidak menimbulkan efek buruk pada janin.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyajikan informasi tentang panduan hamil muda sebagai referensi bagi Anda dalam merawat da menjaga kehamilan agar tetap sehat.

panduan-hamil-muda-agar-tidak-keguguran
image from pixabay

Panduan Hamil Muda agar Janin Sehat


Untuk menjaga kehamilan muda agar senantiasa sehat dan terhindar dari keguguran, sebaiknya ibu hamil rutin dalam memeriksakan kehamilan. Pemeriksaan kehamilan sangat penting untuk dilakukan guna mengetahui perkembangan janin dan untuk segera mengetahui apabila ada masalah kehamilan yang harus segera ditangani.

Selain rutin periksa kehamilan, ibu hamil harus benar benar melakukan perawatan kehamilan dengan baik. Berikut ini adalah panduan hamil muda agar tidak keguguran, silakan simak hingga selesai :

1. Menanggapi perubahan fisik ibu hamil muda


Di awal masa kehamilan, fisik ibu hamil akan menyesuaikan diri dengan perubahan hormon kehamilan. Beberapa perubahan fisik tersebut antara lain adalah mual, muntah, sering BAK, p@yud@r@ terasa nyeri, sembelit atau susah BAB, sensitif terhadap bau dan lain lain. Selengkapnya bisa Anda baca perubahan fisik wanita hamil 1 bulan.

Keluhan tersebut kondisi normal yang dialami oleh hampir semua ibu hamil, namun kalau tidak ditangani dengan tepat akan berujung pada masalah kesehatan ibu hamil dan janin. Lantas, bagaimana langkah yang tepat untuk menghadapi semua keluhan hamil muda tersebut ? Diantaranya adalah sebagai berikut :

➧ Mengatasi mual dan muntah


Mual dan muntah saat hamil perlu ditangani dengan tepat. Keluhan ini adalah hal yang normal namun jika tidak diatasi bisa mengganggu aktivitas sehari hari. Minum obat anti mual tidak dianjurkan bagi ibu hamil muda karena janin dalam kendungan masih sensitif, kecuali jika obat mual itu diresep oleh dokter.

Cara paling aman untuk mengatasi mual muntah saat hamil muda adalah menerapkan cara alami, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Makan porsi kecil tapi sering
  • Memperbanyak minum air putih
  • Minum wedhang jahe
  • Hindari makanan berbau menyengat
  • Jangan langsung beranjak ketika bangun tidur
  • Sarapan sareal dapat membantu mencegah mual di waktu pagi

➧ Sering BAK


Panduan hamil muda berikutnya adalah tips menghadapi sering pipis. Terlalu sering buang air kecil sangat lah mengganggu kenyamanan, maka perlu penanganan yang tepat.

Menahan pipis bukan lah langkah tepat dalam menghadapi keluhan ini, menahan pipis justru dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti infeksi saluran kemih dan lainnya. Salah satu langkah untuk mengurangi frekuensi BAK saat malam adalah mengurangi minum saat sore hari. Selengkapnya bisa Anda baca sering buang air kecil saat hamil, begini cara mengatasinya..

➧ Sembelit


Sembelit juga termasuk keluhan kehamilan yang cukup mengganggu. Betapa tidak, perut terasa penuh dan sakit sehingga naf$u makan berkurang. Untuk mengatasi sembelit, silakan perbanyak minum air putih, memperbanyak makan makanan berserat, hindari makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan dan lain lain.

➧ Badan lemas


Letih dan lelah adalah keluhan kehamilan yang disebabkan karena perubahan hormon. Meski tidak melakukan aktivitas berat, ibu hamil muda sering mengeluhkan letih dan lelah. Untuk mengatasi keluhan ini, silakan perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan zat besi. Sayur bayam adalah salah satu sayuran hijau yang dianjurkan bagi ibu hamil karena banyak mengandung zat besi.

2. Ibu hamil muda harus menerapkan pola hidup sehat


Panduan hamil muda selanjutnya adalah penerapan pola hidup sehat agar bati sehat dan tidak keguguran. Merokok, minum minuman keras, memakai narkoba dan terlalu banyak mengkonsumsi kafein adalah pola hidup yang sebaiknya dihindari saat hamil.

Kenapa demikian ? karena aktivitas tersebut dapat menyebabkan masalah kehamilan serius seperti keguguran, kelainan plasenta, kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah dan lain lain.

Selain itu, ibu hamil harus menghindari segala macam makanan yang mengandung zat berbahaya seperti zat merkuri, bahan kimia pengawet, pewarna dan lain lain.

3. Kendalikan emosi


Perubahan hormon pada ibu hamil muda memicu perubahan mood yang sangat cepat. Ibu hamil muda yang tadinya bergembira acap kali berubah jadi sedih tanda sebab yang jelas.

Perasaan was was dan khawatir kadang muncul di hati, misalnya takut dengan persalinan, takut tak bisa merawat bayi, takut kalau terjadi masalah kehamilan, persalinan tak normal dan lain lain.

Ibu hamil hendaknya benar benar menjaga emosi agar tidak stress gara memikirkan sesuatu yang tidak tidak. Berusahalah untuk bahagia akan kehadiran sang buah hati, karena pikiran stres dapat menyebabkan dampak buruk bagi kehamilan. Silakan baca akibat stress pada ibu hamil dan janin.

4. Perbaiki hub*ngan dengan pasangan


Salah satu panduan hamil muda yang tidak boleh diabaikan adalah mempererat hub*ngan dengan sang suami. Jangan ragu untuk curhat kepada pasangan tentang keadaan dan perasaan yang saat ini Anda rasakan. Dengan cara itu, ibu hamil tidak akan stress dan kehamilan bisa dijalani dengan nyaman hingga persalinan tiba.

5. Waspadai tanda bahaya kehamilan


Apabila Anda menjumpai tanda dan gejala kehamilan yang tidak wajar, sebaiknya jangan ditunda untuk segera datang ke dokter. Tanda bahaya kehamilan yang harus diwaspadai antara lain adalah sebagai berikut :

  • pendarahan hebat
  • Kram perut hebat yang tak kunjung berhenti
  • Keluar keputihan berbau menyengat berwarna kuning kehijauan melalui jalan lahir
  • Tak ada gerakan janin di usia kehamilan trimester kedua
  • Mual dan muntah disertai demam
  • Pusing yang tak kunjung sembuh
  • Air ketuban merembes
  • Dan lain lain

Apabila ada tanda bahaya kehamilan, sebaiknya segera datang ke dokter untuk diperiksa. Dengan demikian, dokter akan segera melakukan penanganan yang tepat terhadap keluhan yang Anda rasakan.

Demikian lah ulasan singkat tentang panduan hamil muda agar tidak keguguran. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat, salam

Loading...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top