Perkembangan Bayi 1 Bulan dan Perawatannya

Seperti apa perkembangan bayi 1 bulan itu ? Para ibu yang baru saja melahirkan sang buah hati pertama kali, rasanya repot sekali untuk merawat jagoan kecilnya. Oleh karena baru pertama kali, mereka belum begitu tahu apa yang harus dilakukan setelah si jabang bayi lahir ke dunia. Setelah lahir ke jagad raya ini, bayi kecil perlu beradaptasi karena keadaan di dalam rahim jauh berbeda dengan keadaan dunia.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh ayah dan bunda adalah mengetahui perkembangan buah hatinya, apakah tergolong normal atau tidak. Kelahiran prematur akan membuat hati orang tua semakin was was dan segera ingin tahu apakah bayinya tumbuh dengan normal atau tidak.

Sebagai tambahan informasi mengenai perkembangan bayi,  kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan sedikit informasi tentang tumbuh kembang bayi di usia 1 bulan dan cara perawatannya. Silakan baca hingga selesai..

perkembangan-bayi-1-bulan
image from pixabay

Perkembangan Bayi 1 Bulan


Di usianya yang baru 1 bulan, bayi baru mendapatkan asupan makanan dari ASI (Air Susu Ibu) tidak boleh diberi tambahan makanan lain. Perkembangan bayi usia 0-1 bulan akan terlihat dari peningkatan berat badan, gerakan bayi, kemampuan untuk menyusu dan lain lain. Kurang lebih perkembangannya adalah sebagai berikut :

1. Perkembangan berat badan bayi


Jangan kaget apabila di minggu pertama pasca persalinan, berat badan bayi cenderung menurun. Hal ini tergolong normal karena bayi mulai kehilangan cairan baik melalui air kencing maupun keringat. Setelah mengalami penurunan berat badan, di minggu kedua berat badan bayi sedikit demi sedikit akan mulai bertambah.

2. Perkembangan gerakan bayi


Bayi usia 1 bulan biasanya sudah mulai berlatih untuk menggerak-gerakkan kaki dan tangan. Gerakan bayi di usia ini belum terlalu banyak, paling baru gerakan tangan ke bagian atas kepala, bagian dekat mulut dan mata.

Dalam hal kemampuan menyusu pun bayi akan mengalami perkembangan, yaitu menjadi semakin kuat. Hisapan bayi sudah mulai terasa lebih kuat daripada sebelumnya. Jika ASI dapat keluar lancar, sebaiknya bayi diberi ASi saja karena manfaatnya sangat luar biasa.

Selain dua hal di atas, masih ada beberapa perkembangan bayi 1 bulan yang lain, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bayi sudah mampu merasakan ketika dipangku oleh sang bunda
  • Di malam hari, bayi sering bangun dan menangis untuk minta susu
  • Bayi sering gumoh (muntah), sendawa, cegukan, dan menjerit
  • Bayi sudah mampu berkedip dengan baik
  • Bayi 1 bulan sudah mampu menggenggam benda
  • Sudah bisa merespon suara
  • Sering rewel ketika lapar, haus, ngompol atau BAB
  • Kepala bayi masih belum kuat sehingga perlu diberi sokongan saat diangkat
  • Saat kepala bayi diusap, bayi akan bergerak reflek dengan membuka jari tangan
  • Mata dan telinga kadang bergerak saat ada suara yang mengagetkan
  • Bayi sudah peka terhadap cahaya, sehingga terlihat menggerakkan mata ketika terkena sinar

Perkembangan Sensorik Bayi 1 Bulan


Bayi usia 1 bulan sudah mampu melihat benda berjarak 20  hingga 30 cm. Ketika menyusu, mata bayi biasanya sudah mulai tertarik untuk melihat sang bunda. Bayi sudah mampu mengenali warna kontras seperti merah dan putih.

Ketika mendengar suara orang tua, bayi sudah bisa mengenalinya karena sejak dalam kandungan sudah sering mendengar suara orang tua. Mungkin ketika mendengar suara orang lain, bayi kurang begitu mengenali karena memang belum pernah ia kenali sebelumnya.

Bayi sudah mengerti dari mana sumber suara dengan respon gerakan kepala atau mata. Bayi sudah kenal dengan bau, buktinya ketika menangis terus didekatkan dengan put!ng ibu, bayi akan segera diam.

Ketika menjumpai keadaan yang tak nyaman seperti ngompol, BAB dan lapar maka bayi akan segera menangis. Untuk itu, bunda harus segera memeriksa keadaan sang buah hati ketika ia menangis. Silakan baca : tanda bayi sehat dan normal

Perawatan Bayi Usia 1 Bulan


Untuk merawat bayi usia 1 bulan, Anda harus menyiapkan tempat yang benar benar nyaman. Kebersihan lingkungan harus selalu terjaga dengan baik agar bayi nyaman dan tidak gampang terkena penyakit.

Tempat tidur yang disiapkan untuk bayi hendaknya dibuat senyaman mungkin dan usahakan untuk menghindari segala bahaya yang mungkin bisa terjadi seperti terjatuh, digigit serangga dan lainnya. Di usia ini, bayi belum mempunyai waktu tidur yang teratur sehingga bunda harus extra dalam menjaga dan merawat sang buah hati.

Kenali kebiasaan bayi ketika lapar, ngompol dan BAB sehingga Anda dapat segera memberikan perawatan yang sesuai saat si kecil menangis. Hal ini perlu dilakukan agar bayi tetap nyaman dan tidak sampai menangis yang terlalu berlebihan. Silakan baca cara menggendong bayi baru lahir yang benar.

Apabila bayi Anda terlahir dengan berat badan normal maka berikan asupan ASI yang cukup dan tidak terlalu berlebihan, kecuali kalau bayi terlahir prematur maka perlu diberi banyak asupan ASi agar berat badan segera meningkat.

Imunisasi hendaknya dilakukan sesuai dengan jadwal yang biasanya sudah ditulis pada KMS (Kartu Menuju Sehat) oleh bidan atau dokter tempat Anda menjalani persalinan.

Apabila salah satu dari anggota keluarga ada yang sakit menular sebaiknya hindari kontak langsung dengan si kecil guna mencegah penularan penyakit sehingga bayi sehat selalu.

Cuci tangan dan selalu jaga kebersihan sebelum menyentuh bayi untuk menghindari ancaman bakteri atau virus berbahaya. Kebersihan botol susu juga perlu benar benar diperhatikan apabila bayi Anda diberi susu formula.

Semua peralatan bayi hendaknya disiapkan di tempat yang dekat dengan bayi sehingga dapat segera diambil dengan mudah ketika bayi memerlukan peralatan itu.

Selain memperhatikan kesehatan bayi, ibu sendiri harus benar benar memperhatikan kesehatan dirinya karena jika bunda sehat maka ASI yang diberikan kepada si kecil juga berkualitas.

Itulah perkembangan bayi 1 bulan dan perawatan yang perlu dilakukan. Menjaga dan merawat bayi hendaknya dilakukan dengan kompak oleh ayah dan bunda, jangan hanya dilakukan oleh ibu saja.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top