Bolehkan Ibu Hamil Minum Teh Manis ? Ini Jawabannya

Loading...
Bolehkah ibu hamil minum teh manis ? Banyak ibu hamil yang menanyakan hal itu karena banyak tersiar kabar bahwa minum teh dapat membahayakan kehamilan. Kabar tersebut berkaitan erat dengan adanya kandungan kafein pada teh. Di sisi lain, minum teh adalah salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang sangat menyenangkan, baik bagi orang hamil maupun yang tak hamil.

Ibu hamil muda yang merasakan mual (morning sickness), rasanya malas sekali untuk mengkonsumsi makanan jenis apapun. Beberapa wanita hamil lebih memilih untuk minum teh manis hangat untuk sedikit mengurangi rasa mualnya.

Memang, minum teh dapat membuat badan hangat dan rasa mual sedikit terobati, namun ibu hamil harus tetap mempertimbangkan kesehatan janin dalam kandungannya. Lantas, minum teh saat hamil itu apa berbahaya ??

bolehkah-ibu-hamil-minum-teh-manis-berbahayakah
image from pixabay

Teh Manis untuk Ibu Hamil - Bolehkah Ibu Hamil Minum teh Manis ?


Sebelum memutuskan untuk minum teh, alangkah baiknya ibu hamil mengetahui lebih dulu efek samping minum teh bagi kehamilan. Dengan mengetahui efek samping minum teh bagi kehamilan diharapkan ibu hamil bisa lebih hati-hati dalam mengkonsumsinya.

Teh adalah salah satu jenis minuman yang mengandung kafein. Kafein yang terkandung di dalam teh tidak terlalu banyak seperti halnya kopi sehingga minum teh masih diperbolehkan bagi ibu hamil, asalkan tahu batasan aman minum teh saat hamil. Silakan baca batasan minum teh untuk ibu hamil.

Apabila ibu hamil terlalu banyak minum teh berarti kafein yang masuk ke dalam tubuh juga banyak. Oleh karena itu lah ibu hamil tidak dianjurkan untuk minum teh terlalu berlebihan.

Kenapa demikian ? karena kafein yang terlalu banyak masuk ke tubuh ibu hamil dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin. Lantas, bolehkah ibu hamil minum teh manis ?

Boleh, asalkan tidak berlebihan. Minum teh dalam jumlah wajar justru bermanfaat bagi ibu hamil karena teh memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Silakan baca manfaat minum teh untuk ibu hamil.

Manfaat teh tersebut akan didapat oleh ibu hamil apabila ia minum teh tidak berlebihan. Apabila berlebihan, bukan manfaat yang didapat tapi justru malah berbahaya.

Terkait dengan bolehkah ibu hamil minum teh manis, tentu tak lepas dari gula yang dicampur ke dalam minuman tersebut. Terlalu banyak minum gula saat hamil juga dapat memberikan dam pak buruk bagi kehamilan, terutama ibu hamil yang punya penyakit gula.

Kafein yang terdapat pada teh, apabila terlalu banyak masuk ke dalam tubuh ibu hamil apat mengakibatkan masalah kehamilan yang tidak bisa dianggap remeh. Kafein dapat menyebabkan jantung berdetak kencang dan gangguan metabolisme jika terlalu banyak masuk ke tubuh.

Tak hanya itu, kafein juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan ibu hamil dan janin seperti sakit kepala, insomnia, terganggunya perkembangan janin dan keguguran. Untuk itu, batasi minum teh demi mencegah hal buruk yang mungkin bakal terjadi.

Tips Aman Minum Teh Manis Saat Hamil


Sesungguhnya, menghindari minum teh saat hamil adalah sebuah tantangan besar yang sulit untuk dilakukan, terutama bagi yang sudah terbiasa minum teh. Sebagian ibu hamil mendapatkan solusi untuk mengurangi mual muntah dengan minum teh manis.

Ibu hamil yang sudah terbiasa minum teh manis, rasanya berat sekali untuk meninggalkan kebiasaan minum teh. Apabila Anda benar benar tidak bisa menghindari minum teh saat hamil, maka Anda harus menerapkan tips aman minum teh bagi ibu hamil, yaitu dengan membatasi minum teh.

Loh, sebenarnya bolehkah ibu hamil minum teh manis itu ?
Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa minum teh manis itu boleh asalkan tidak terlalu berlebihan. Jika berlebihan maka dapat memberikan dampak buruk bagi kehamilan.

Minum teh satu gelas per hari masih terbilang aman bagi ibu hamil. Hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil ketika mau minum teh antara lain adalah sebagai berikut :

  • Jangan terlalu banyak minum teh
  • Batasi penggunaan gula
  • Pastikan teh masih dalam keadaan bagus (tidak apek)
  • Hindari penggunaan pemanis selain gula
  • Jangan minum teh dalam kondisi masih sangat panas

Minum teh manis buatan sendiri boleh dilakukan oleh ibu hamil, lantas bagaimana dengan teh botol ? bolehkah dikonsumsi ? silakan baca penjelasannya bolehkah ibu hamil minum teh botol ?

Silakan konsultasikan ke dokter jika Anda ragu untuk minum teh. Dokter akan memberikan arahan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi terkait bolehkah ibu hamil minum teh manis ?. Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan kita dalam merawat kehamilan agar tetap sehat. Salam

Loading...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top