Buah untuk Ibu Hamil Muda yang Bagus | Bagian 3

Loading...
Artikel ini adalah lanjutan pembahasan buah untuk ibu hamil muda yang bagus bagian 2. Kemarin telah dibahas secara ringkas mengenai manfaat buah yang baik untuk ibu hamil seperti buah apel, buah anggur, buah naga, buah cherry, buah alpukat,  buah Strawberry, buah jambu air, buah jeruk, buah kurma dan buah pisang.

Pembahasan kali ini masih seputar buah buahan yang dianjurkan bagi ibu hamil muda trimester pertama. Dengan mengkonsumsi buah buahan tiap hari diharapkan kehamilan berjalan dengan nyaman dan tidak banyak keluhan.

Manfaat buah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah buah salak, buah semangka, buah delima, buah pepaya dan buah pir. Kelima jenis buah ini mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Silakan lanjut membaca.

buah-untuk-ibu-hamil-yang-bagus
image from pixabay

Buah untuk ibu Hamil Muda yang Bagus


Buah adalah salah satu elemen penting untuk menyusun menu sehat. Buah tidak hanya sebagai makanan pelengkap saja, tapi sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Di bawah ini adalah 5 contoh buah untuk ibu hamil yang bagus:

1. Buah salak


Salak termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil, karena banyak manfaatnya. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa buah salak itu termasuk pantangan makanan ibu hamil. Kalau ibu hamil suka makan salak maka anak yang dilahirkan kulitnya bersisik seperti kulit salak.

Kabar tersebut hanyalah mitos belaka, bunda tak perlu takut. Justru sebaliknya, buah salak memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, salah satunya adalah kandungan pectin yang bermanfaat untuk membantu proses perkembangan otak janin. Kami telah membahas manfaat buah salak bagi wanita hamil pada artikel berjudul manfaat salak bagi ibu hamil.

Meski banyak manfaatnya, namun ibu hamil tidak dianjurkan untuk makan buah salak terlalu banyak karena dapat menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu, dalam mengkonsumsi salak sebaiknya tidak membuang kulit tipis yang melapisi daging buah salak.

2. Buah semangka


Semangka termasuk buah untuk ibu hamil yang bagus karena memiliki kandungan nutrisi cukup lengkap seperti air, karbohidrat, vitamin A, vitamin B6, kalium, gula, fospor, magnesium dan lainnya. Kandungan nutrisi ini tentu sangat membantu ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan nyaman.

Salah satu manfaat penting yang dapat disumbangkan oleh buah semangka adalah dapat mencegah dan mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi). Hipertensi adalah keluhan kesehatan yang sangat membahayakan ibu hamil kalau tidak segera diatasi.

Selain mencegah hipertensi, buah semangka juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi sembelit (susah BAB). Kandungan air pada buah semangka sangat banyak sehingga dapat membantu mengatasi sembelit serta mencegah dehidrasi.

Tak hanya bermanfaat bagi ibu, buah semangka juga bermanfaat bagi janin, salah satunya adalah membantu proses perkembangan 0rgan mata dan mengoptimalkan kerja mata karena semangka memiliki kandungan vitamin A.

3. Buah delima


Delima juga termasuk buah untuk ibu hamil yang bagus. Buah delima mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kehamilan serta mengurangi resiko kelahiran bayi prematur. Delima juga mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin pada usia kehamilan muda.

Delima juga mengandung zat anti peradangan yang berkhasiat untuk membantu melancarkan peredaran darah. Rutin mengkonsumsi buah delima saat hamil dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan berat badan rendah.

4. Buah pepaya


Pepaya adalah salah satu buah yang baik untuk ibu hamil. Pepaya yang baik untuk ibu hamil adalah yang sudah benar benar matang, sedangkan buah pepaya muda atau setengah matang dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah kehamilan.

Pepaya muda atau setengah matang banyak mengandung getah yang ada zat papain nya. Zat papain jika masuk ke tubuh ibu hamil bisa menyebabkan sakit perut, alergi, peradangan dan lainnya.

Berbeda dengan buah pepaya yang sudah matang, pepaya matang justru banyak menyumbangkan manfaat bagi ibu hamil karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan serat. Masalah sembelit yang biasa dialami oleh ibu hamil bisa disembuhkan lantaran buah yang satu ini. 

5. Buah pir


Buah pir juga termasuk buah untuk ibu hamil muda yang bagus. Buah ini banyak mengandung air sehingga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan membantu mengatasi masalah susah BAB. Buah pir juga mengandung vitamin C yang berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu menangkal infeksi dan kuman penyebab penyakit.

Itulah 5 contoh buah untuk ibu hamil muda yang bagus sebagai lanjutan pembasahan sebelumnya. Buah yang bagus untuk ibu hamil tidak hanya itu, masih ada banyak, pembahasan insyaAllah akan dilanjutkan di lain waktu. Salam

Loading...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top