Buah untuk Ibu hamil muda yang Bagus | Bagian 4

Loading...
Artikel lanjutan tentang buah untuk ibu hamil muda yang bagus bagian 3. Pembahasan kemarin telah mengupas tentang macam macam buah yang baik untuk ibu hamil seperti buah pisang, buah pepaya, buah jeruk, buah pir, buah semangka, buah salak, buah cherry, buah strowberry, buah anggur, buah kurma, buah jeruk, buah alpukat dan buah apel.

Sebagaimana yang telah kami sampaikan kemarin bahwa buah yang dianjurkan untuk ibu hamil itu ada banyak, tak hanya yang sudah disampaikan kemarin. Kali ini kami akan menambahkan beberapa contoh buah yang direkomendasikan buat ibu hamil.

Ada 5 jenis buah segar yang kali ini akan kita bahas manfaatnya untuk kehamilan, yaitu buah mangga, buah melon, buah manggis, buah kiwi dan buah sirsak. kelima buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Silakan lanjut membaca.

buah-untuk-ibu-hamil-yang-bagus-4
image from  pixabay

Buah untuk Ibu Hamil yang Bagus


Sebagaimana kita ketahui bahwa buah adalah jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh manusia karena banyak mengandung nutrisi penting. Makan buah saat hamil tidak hanya bermanfaat bagi ibu, tapi juga bermanfaat untuk membantu perkembangan janin. Berikut ini adalah beberapa macam buah untuk ibu hamil muda yang bagus.

1. Buah mangga


Bagi masyarakat Indonesia, mangga adalah buah yang sangat mudah ditemukan. Andaikan tidak mempunyai pohon mangga sendiri, di pasar pasar tradisional banyak sekali penjual aneka macam buah mangga.

Selain banyak manfaatnya, biasanya buah mangga itu disukai oleh ibu hamil, tak jarang ibu hamil yang ngidam buah mangga di awal masa kehamilannya. Kandungan nutrisi pada buah mangga begitu lengkap seperti vitamin, serat, magnesium, kalium dan asam folat.

Vitamin C yang terdapat pada buah mangga sangat baik untuk ibu hamil untuk membantu meningkatkan sistem imun serta menangkal berbagai macam jenis penyakit. Buah mangga juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk membantu menstabikan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

2. Buah manggis


Manggis termasuk buah untuk ibu hamil muda yang bagus. Kandungan asam folat pada buah manggis cukup banyak sehingga bermanfaat untuk mencegah terjadi kecacatan bayi saat lahir. Asam folat juga bermanfaat untuk membantu proses perkembangan syaraf otak dan tulang belakang. Manfaat buah manggis sangat banyak sehingga termasuk buah yang direkomendasikan buat ibu hamil.

Tak hanya bermanfaat untuk janin, buah manggis juga bermanfaat bagi ibu, salah satunya adalah mencegah preklamsia. Preklamsia adalah salah satu masalah kehamilan yang sangat ditakuti karena bisa menyebabkan keguguran, bahkan mengancam jiwa ibu.

3. Buah melon


Melon juga termasuk buah yang baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B kompleks, serta dan lainnya. Salah satu manfaat buah melon adalah untuk mencegah pembekuan darah sehingga dapat memperkecil resiko bayi cacat lahir dan keguguran.

Melon memiliki kandungan betakaroten yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak gampang terkena serangan penyakit. Meski banyak manfaatnya, namun Anda harus benar benar memperhatikan melon yang akan Anda makan.

Buah melon rawan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya seperti listeria dan tokoplasma karena melon menempel di tanah. Ibu hamil yang terkena infeksi bakteri berbahaya bisa menyebabkan masalah kehamilan serius seperti kelahiran prematur, cacat lahir, bayi tidak berkembang dan keguguran.

4. Buah kiwi


Buah kiwi termasuk salah satu buah untuk ibu hamil muda yang bagus. Buah kiwi mengandung vitamin C dan serat yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, mencegah sariawan, bibir pecah pecah dan sakit tenggorokan. Sedangkan serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi kontipasi (susah BAB).

5. Buah sirsak


Manfaat sirsak bagi ibu hamil sangat banyak. Sirsak mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan tulang serta membantu pertumbuhan tulang janin. Selain itu, buah sirsak dipercaya dapat membantu meringankan mual muntah saat hamil muda. Sirsak juga dapat membantu mengatasi sembelit dan mengatasi masalah pencernaan. Selengkapnya, silakan baca manfaat buah sirsak untuk ibu hamil.

Itulah beberapa contoh buah untuk ibu hamil muda yang bagus yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan singkat mengenai buah sehat ibu hamil ini dapat menambah pengetahuan kita dalam menjaga kehamilan. Salam

Loading...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top