Keluhan Awal Kehamilan (trimester pertama)

Loading...
Keluhan awal kehamilan - Ketika seorang wanita tengah hamil muda, beberapa keluhan akan muncul silih berganti sebagai efek dari perubahan hormonal. Wanita yang baru pertama hamil kadang merasa takut dalam menghadapi keluhan kehamilan, apalagi kalau keluhan tersebut tak kunjung berhenti. Langkah tepat untuk menghadapi keluhan kehamilan adalah segera konsultasi kepada orang yang mengerti tentang seluk beluk kehamilan.

Mual muntah adalah keluhan awal kehamilan yang paling banyak dialami oleh ibu hamil. Mual dan muntah di usia kehamilan trimester pertama tergolong keluhan normal yang tidak perlu ditakutkan.

Kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan beberapa keluhan hamil muda yang biasa muncul silih berganti pada usia kehamilan trimester pertama. Silakan simak penjelasan berikut ini..

keluhan-awal-kehamilan
image from pixabay

Keluhan Awal Kehamilan


Hamil muda (trimester pertama) adalah masa berat bagi ibu hamil. Di usia trimester pertama kehamilan, beberapa keluhan akan dialami ibu hamil seperti mual, muntah, pusing, nyeri punggung, sering BAK dan lainnya. Di bawah ini adalah beberapa keluhan awal kehamilan trimester pertama yang normal :

1. Ibu hamil muda mengeluhkan mual muntah


Mual di awal masa kehamilan termasuk keluhan kehamilan normal yang tidak perlu dikhawatirkan. Ibu hamil muda sering merasa mual terutama di pagi hari sehingga disebut dengan morning sickness. Keluhan ini dialami oleh sekitar 90% ibu hamil terutama di waktu pagi dan malam hari.

Ibu hamil yang mengalami morning sickness tidak perlu takut karena kondisi ini tergolong keluhan hamil yang normal dan tidak menunjukkan adanya bahaya kehamilan. Ibu hamil tidak dianjurkan minum obat anti mual kecuali atas resep dokter. Sebagai langkah sederhana untuk meringankan mual muntah adalah dengan istirahat teratur, tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan mencukupi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih.

Mual muntah tidak selamanya aman bagi ibu hamil, apabila mual tersebut dibarengi dengan penurunan berat badan dan frekuensi mual terlalu sering maka mual tersebut bisa saja sebagai tanda bahaya kehamilan. Silakan datang ke dokter atau bidan terdekat untuk segera mendapat penanganan.

2. Nyeri di bagian punggung


Keluhan awal kehamilan trimester pertama selanjutnya adalah nyeri pada bagian punggung. Hal ini terjadi karena ibu hamil mengalami beberapa perubahan bentuk fisik. Meski belum terlalu mencolok namun perubahan fisik di awal kehamilan bisa menyebabkan nyeri di bagian punggung. Nyeri punggung ini biasa dibarengi dengan keluhan pegal-pegal dan bengkak di bagian kaki.

Untuk mengatasi keluhan ini, silakan beristirahat yang cukup. Berendam di air hangat juga dapat membantu mengatasi rasa pegal dan nyeri punggung. Apabila Anda ingin memijat punggung yang terasa nyeri sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Silakan pilih ahli pijat yang sudah ahli agar tidak salah urat.

Sebenarnya keluhan sakit punggung di awal kehamilan ini akan hilang dengan sendirinya, namun ada juga yang mengeluhkan sakit punggung sampai akhir masa kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk olahraga ringan secara rutin guna meringankan keluhan ini.

Baca juga : cara mengatasi sakit punggung saat hamil

3. Badan ibu hamil terasa lelah


Perubahan hormon ibu hamil menyebabkan badan terasa lelah, letih dan ingin tidur. Tak hanya membuat badan lelah, perubahan hormonal juga mengakibatkan perubahan mood ibu hamil. Perubahan mood ini seringkali menjadikan ibu hamil malas untuk beraktivitas.

Badan lelah dan perubahan mood di awal kehamilan tidak termasuk keluhan kehamilan yang membahayakan, hanya saja dapat mengganggu aktivitas. Untuk itu, penting bagi suami untuk selalu mendampingi kehamilan sang istri. (silakan baca : kewajiban suami saat istri hamil)

4. Sering BAK


Jangan malas untuk bolak-balik datang ke kamar mandi karena salah satu keluhan awal kehamilan adalah sering buang air kecil (BAK). Kondisi ini terjadi karena perubahan hormon ibu hamil mengakibatkan adanya peningkatan darah di ke area panggul.

Sering BAK tak hanya dialami pada usia kehamilan trimester pertama. Justru bertambahnya usia kehamilan membuat keluhan sering BAK semakin sering dirasakan karena kandung kemih semakin terdesak oleh rahim yang semakin membesar. Kondisi ini termasuk keluhan kehamilan normal yang tidak perlu ditakuti.

5. Pencernaan ibu hamil terganggu


Seterusnya, kondisi yang berhubungan dengan keluhan awal kehamilan trimester pertama adalah gangguan pencernaan. Ada beberapa ibu hamil yang mengeluhkan nyeri ulu hati dan sakit tenggorokan. Ibu hamil juga mengalami perut begah / kembung dan sembelit.

Kondisi ini tergolong keluhan ibu hamil yang wajar dan normal. Keluhan ini disebabkan karena hormon progesteron merelaksasi otot polos ibu hamil. Tak hanya terjadi gangguan pencernaan, kadang ibu hamil merasakan sakit kepala / pusing. (silakan baca : pusing tanda hamil seperti apa ?)

Keluhan Awal Kehamilan yang Berbahaya


Selain 5 keluhan kehamilan yang telah kami sampaikan tadi, ada keluhan awal kehamilan yang perlu diwaspadai karena tergolong keluhan yang dapat membahayakan kehamilan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil mengalami pendarahan hebat


Kehamilan trimester pertama adalah masa berat bagi ibu hamil dimana saat itu sangat rawan terjadi keguguran. Keluarnya bercak darah ringan di awal kehamilan adalah salah satu tanda hamil yang disebabkan karena implantasi. Apabila pendarahan yang terjadi di awal masa hamil sangat banyak, tak kunjung berhenti dan disertai kram perut hebat, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

2. Demam tinggi


Keluhan kehamilan dimana suhu tubuh ibu hamil sangat tinggi hingga lebih dari 38 derajat celcius perlu untuk diwaspadai. Ibu hamil yang mengalami demam tinggi dikhawatirkan terkena infeksi berbahaya yang dapat mengancam nyawa sang buah hati. Infeksi yang tak segera mendapat perawatan bisa menghambat perkembangan janin bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Apabila kenaikan susu tubuh ibu hamil kurang dari 38 derajat celcius, itu termasuk keluhan wajar yang tak perlu ditakutkan. Kenapa demikian ? karena ibu hamil muda biasanya mengalami peningkatan suhu basal tubuh.

Demikian penjelasan terkait keluhan awal kehamilan trimester pertama yang dapat kami tulis. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

Loading...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top