Tanda-Tanda Hamil Muda Selain Telat Haid (Menstruasi)

Loading...
Tanda-tanda hamil muda tidak hanya telat haid, ada beberapa gejala kehamilan muda yang mulai muncul sejak satu minggu setelah pembuahan. Ciri hamil muda sudah sepantasnya diketahui oleh setiap pasangan suami istri agar kehamilan dapat segera diperlakukan dengan semestinya. Wanita yang tidak menyadari kalau dirinya hamil bisa saja melakukan aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

Ketika tanda-tanda hamil muda sudah muncul, segera siapkan test pack untuk menguji kebenaran dugaan Anda, apakah positif hamil atau tidak. Apabila test pack menunjukkan dua strip berarti positif hamil, tapi kalau hanya satu strip berarti tidak hamil.

Pada kesempatan ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi terkait dengan tanda hamil muda selain telat datang bulan, mengingat umumnya wanita baru menyadari kehamilan kalau sudah telat menstruasi.

tanda-tanda-hamil-muda
(foto : pixabay.com)

Tanda-Tanda Hamil Muda


Selepas bercinta dengan pasangan, ada dua kemungkinan yang bakal terjadi yaitu hamil dan tidak hamil. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil menyebabkan munculnya berbagai tanda kehamilan. Berikut ini adalah tanda-tanda hamil muda selain telat haid (menstruasi) :

1. Morning sickness sebagai tanda hamil


Salah satu tanda awal kehamilan yang hampir dialami oleh semua ibu hamil adalah morning sickness. Sesuai dengan namanya, morning sickness adalah rasa mual yang disertai muntah terutama pada waktu pagi hari.

Mual hamil muda kadang terjadi cukup ringan, namun ada sebagian ibu hamil yang mengalami mual muntah sangat parah . Mual parah tidak hanya terjadi di pagi hari, siang, sore dan malam pun perut sering merasa mual dan ingin muntah.

Mual muntah parah termasuk tanda bahaya kehamilan yang harus segera mendapat penanganan tepat. Segera konsultasikan keluhan Anda ke dokter terdekat, jangan minum obat mual sembarangan tanpa resep dari dokter.

2. Pendarahan ringan


Tanda-tanda hamil muda berikutnya adalah pendarahan ringan. Bercak darah tanda kehamilan itu tidak sama dengan pendarahan saat menstruasi. Darah menstruasi umumnya berwarna merah kehitaman, sedangkan pendarahan tanda hamil berwarna merah muda atau kecoklatan.

Lama terjadinya pendarahan juga tidak sama, menstruasi biasanya terjadi kurang lebih satu minggu dengan volume darah yang cukup banyak, sedangkan darah kehamilan hanya terjadi kurang lebih tiga hari dan pendarahan hanya sedikit.

Pendarahan yang terjadi di awal masa kehamilan itu disebabkan karena proses implantasi (menempelnya bakal janin pada dinding rahim). Apabila darah yang keluar sangat banyak dengan dibarengi kram perut hebat, silakan segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

3. P@yud@r@ berubah


Perubahan hormon pada wanita hamil mempengaruhi perubahan pada beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah bagian p@yud@r@. Tanda-tanda hamil muda terlihat pada perubahan bentuk p@yud@r@ yang menjadi lebih terlihat besar.

Selain membengkak, p@yud@r@ ibu hamil sering terasa nyeri seperti nyeri p@yud@r@ menjelang haid / menstruasi. Tak hanya itu, p@yud@r@ ibu hamil juga menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan, meski hanya sentuhan kain br@ sekalipun. Anda juga melihat perubahan di area sekitar put!ng yaitu menjadi terlihat lebih gelap.

4. Ngidam


Ngidam merupakan salah satu dari sekian banyak tanda-tanda hamil muda yang hingga sekarang belum diketahui penyebabnya secara pasti. Wanita hamil muda biasanya ngidam makanan yang tidak seperti biasa, bahkan ada yang ngidam aneh-aneh.

Apabila istri ngidam aneh, sebaiknya pertimbangkan dulu sebelum menurutinya. Apabila makanan yang diidamkan adalah makanan pantangan bagi ibu hamil sebaiknya tidak usah dituruti. (baca : ngidam aneh saat hamil, dituruti atau tidak ?)

5. Keputihan


Keputihan tidak mesti sebagai tanda hamil muda, namun jika keputihan muncul bersama dengan tanda kehamilan lainnya bisa jadi itu sebagai gejala hamil. Ibu hamil perlu waspada terhadap keputihan berbahaya, yaitu keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau menyengat dan dibarengi dengan gejala lain.

6. Badan lelah dan kepala pusing


Banyak ibu hamil yang mengeluhkan pusing dan badan lelah di awal masa kehamilannya. Hal ini disebabkan keran perubahan hormonal yang terjadi sejak pembuahan terjadi. Kelelahan yang dialami oleh ibu hamil membuat dirinya malas untuk melakukan aktivitas, inginnya tiduran saja. Badan rasanya berat sekali untuk diajak berkativitas.

Itulah 6 tanda-tanda hamil muda selain telat haid (menstruasi) yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam

Loading...

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top