Sebab Sebab Keguguran Hamil Muda yang Harus Anda Ketahui

Sebab sebab keguguran hamil muda ⏩ Keguguran adalah hal yang paling ditakuti oleh semua kaum wanita. Betapa tidak, harapan untuk menimang sang buah hati pupus dalam waktu sekejab gara gara terjadi keguguran. Tak hanya itu keguguran juga mengancam ijwa sang ibu, bahkan ada yang sampai meninggal dunia pasca terjadinya keguguran. Beberapa faktor yang membuat keguguran antara lain adalah gaya hidup tak sehat, pikiran stress dan melakukan aktivitas yang membahayakan kehamilan.

Ada banyak ibu hamil yang menanyakan kenapa ibu hamil muda mudah sekali mengalami keguguran. Memang begitu lah kenyataannya, kehamilan trimester pertama masih sangat rentan terhadap keguguran.

Sebenarnya keguguran bisa mengancam siapa saja, baik ibu hamil muda trimester pertama maupun ibu hamil yang trimester kedua. Pasangan suami istri yang baru pertama mendapat kehamilan hendaknya berhati hati dalam menjalani kehamilan serta berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari semua hal yang dapat menyebabkan keguguran.

sebab-sebab-keguguran-hamil-muda
image from pixabay

Sebab Sebab Keguguran


Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita mengalami keguguran. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama kehamilan, karena termasuk sebab sebab keguguran :

1. Keguguran disebabkan karena lemah rahim


Rahim lemah adalah salah satu penyebab terjadinya keguguran hamil muda. Rahim lemah adalah suatu kondisi dimana dinding rahim tidak mampu menopang keberadaan janin yang menempel di dalamnya. Usaha yang bisa dilakukan oleh wanita yang punya keluhan rahim lemah adalah istirahat total (bed rest) selama kehamilan berlangsung, terutama saat usia kehamilan di bawah 22 minggu.

Adapun hal yang perlu dihindari oleh ibu hamil yang punya keluhan rahim lemah diantaranya adalah terlalu banyak gerak, sering melakukan perjalanan jauh (plesir) dan terlalu banyak pikiran (stress). Silakan baca tips aman traveling saat hamil.

Adapun langkah pencegahan keguguran bagi wanita hamil yang punya rahim lemah adalah dengan mengkonsumsi obat penguat kandungan sampai usia kehamilan minimal 22 minggu. Adapun obat penguat kandungan itu harus diperoleh atas resep dokter.

2. Keguguran disebabkan karena ibu hamil tak sehat


Pergantian cuaca dan atau cuaca ekstrim tidak boleh dianggap hal sepele oleh ibu hamil. Kenapa demikian ? karena cuaca ekstrim bisa menyebabkan ibu hamil mudah terkena serangan penyakit. Badan tak sehat yang terus terusan dialami oleh ibu hamil dapat menimbulkan dampak kurang menguntungkan bagi kehamilan, bahkan bisa menjadi sebab keguguran hamil muda.

Panas tinggi, pusing dan pilek adalah gangguan kesehatan yang banyak diremehkan oleh masyarakat. Meski banyak yang menyepelekan, namun ibu hamil tidak boleh menyepelekan hal itu karena dapat mengakibatkan dampak yang mengerikan. Jika tubuh anda terasa tidak fit dan tak kunjung sembuh, silakan datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Adapun cara mencegah keguguran akibat kondisi tubuh ibu hamil tak sehat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, mencukupi kebutuhan nutrisi harian, rutin memeriksakan kehamilan paling tidak sebulan sekali dan selalu mengikuti saran dari bidan atau dokter.

3. Keguguran disebabkan karena kehamilan bermasalah


Kehamilan bermasalah merupakan salah satu dari sebab sebab keguguran hamil muda, misalnya adalah hamil kosong. Hamil kosong (BO) adalah salah satu kehamilan bermasalah dimana janin tidak dapat berkembang meski kantung kehamilan bisa berkembang dengan baik. Hamil kosong benar benar membuat ibu hamil terkecoh karena semua gejala kehamilan muncul seperti biasa, bahkan hasil test pack menunjukkan positif.

Keguguran tidak bisa dielakkan oleh wanita yang mengalami hamil kosong. Oleh sebab itu, kita harus berusaha sebisa mungkin untuk menghindari hamil kosong. Bagaimana caranya ? Silakan baca tips menghindari kehamilan kosong.

4. Tidak sadar kalau lagi hamil


Kehamilan sebelum terlambat datang bulan sering kali tidak disadari karena kebanyakan masyarakat mengenali kehamilan dengan telat haid. Ibu hamil yang tidak sadar kalau dirinya lagi hamil tentu sangat beresiko terhadap keguguran karena segala aktivitas yang bisa memicu keguguran bisa saja dilakukan dengan tenang.

Selain itu, wanita yang tidak tahu kalau dirinya hamil, tidak bisa merawat kehamilan dengan semestinya karena memang tidak merasa sedang hamil. Salah satu penyebab seseorang tidak menyadari kehamilannya adalah penggunaan pil KB. Setelah minum pil KB dikira tidak bisa hamil, ternyata malah hamil.

5. Keguguran karena penyakit


Ada beberapa jenis penyakit yang dapat membuat ibu hamil mengalami keguguran, seperti penyakit yang disebabkan karena virus tokoplasma dan rubella. Tokoplasma dan rubella adalah jenis virus yang sangat membahayakan kehamilan.

Tak hanya keguguran yang bisa disebabkan olehnya, tapi jika bayi bisa lahir ke dunia, besar kemungkinan mengalami cacat lahir. Untuk mencegah dan mengatasi terjadinya infeksi virus berbahaya, ibu hamil harus rutin memeriksakan kehamilan paling tidak sebulan sekali.

6. Umur ibu hamil terlalu tua


Wanita berusia 40 tahun ke atas rentan mengalami keguguran. Apabila usia Anda sudah lebih dari 40 tahun dan masih ingin menambah momongan, alangkah baiknya konsulastikan dulu ke dokter sebelum melakukan program hamil. Kami telah menulis beberapa hal terkait kehamilan di usia 40 tahun, silakan baca post berjudul kehamilan di usia 40 tahun ke atas amankah ?

7. Ibu hamil masih sangat muda



Tak ada larangan nikah muda, namun Anda perlu mempertimbangkan dampak negatif yang bisa terjadi kalau nikah terlalu muda. Usia terlalu muda bisa saja menjadi sebab keguguran karena dinding rahim masih belum terlalu kuat. Adapun resiko kehamilan usia muda antara lain adalah bayi lahir prematur, berat badan bayi rendah dan mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi)

8. Keguguran disebabkan pola hidup tidak sehat


Penerapan pola hidup tak sehat seperti merokok, minum minuman keras dan menggunakan narkoba bisa menyebabkan keguguran. Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat, sebaiknya ibu hamil menerapkan pola hidup sehat dan menghindari segala hal yang bisa memicu terjadinya keguguran. Dampak yang ditimbulkan karena pola hidup tak sehat memang tidak langsung terasa, namun percayalah bahwa penyesalan akan datang di belakang.

9. Hamil lagi dalam jangka waktu yang cepat


Jarak minimal kehamilan berikutnya adalah dua tahun setelah hamil caesar dan satu tahun setelah hamil normal. Kehamilan yang terlalu dekat dengan kehamilan sebelumnya dapat menyebabkan terjadinya keguguran hamil muda karena rahim masih belum pulih sempurna. Anda bisa menggunakan alat k0ntr@sepsi guna mencegah kehamilan. Jika enggan untuk menggunakan alat kontrasepsi, Anda bisa menerapkan tips sehat alami agar tidak hamil yang telah kami tulis pada artikel berjudul cara tidak hamil setelah bercinta tanpa alat k0ntr@seps!

10. Sebelumnya pernah mengalami keguguran


Wanita yang telah mengalami keguguran rentan keguguran lagi karena kondisi fisik dan rahim belum siap dengan kehadiran sang buah hati. Langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya keguguran adalah dengan konsultasi ke dokter.

Demikian ulasan terkait sebab sebab keguguran hamil muda. Semoga pembahasan singkat pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi pembaca. Semoga kehamilan Anda sehat dan menyenangkan, Amiiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top