Bahaya Buah Salak untuk Ibu Hamil, Bikin Merinding..

Banyak orang menanyakan tentang kebenaran kabar bahaya buah salak untuk ibu hamil. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa hingga saat ini ada kabar yang menyebutkan bahwa makan buah salak dapat membahayakan kehamilan, yaitu nanti janin terlahir dalam keadaan kulit bersisik seperti kulit salak. Sebenarnya benar atau tidak kabar itu ??

Sebaiknya jangan gampang percaya dengan kabar yang belum jelas kebenarannya. Sebelum Anda mempercayai sebuah kabar, ada baiknya untuk cari informasi akurat tentang kebenaran kabar itu.

Informasi paling akurat bisa Anda dapatkan dengan cara konsultasi langsung kepada dokter atau ahli medis. Sedangkan sebagai tambahan wawasan, Anda bisa mencari informasi melalui berbagai macam media seperti majalah kesehatan, situs kesehatan online dan lain lain.

bahaya-buah-salak-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Buah Salak Berbahaya untuk Ibu Hamil, Benarkah ?


Kabar yang beredar di masyarakat tentang bahaya buah salak untuk ibu hamil, yaitu bisa membuat kulit bayi bersisik hingga sekarang belum ada fakta medis yang memperkuat.

Tak ada kaitan antara kulit salak dan kulit manusia, jadi ibu hamil tak perlu takut untuk makan buah salak. Justru manfaat salak bagi ibu hamil ada banyak, salah satunya adalah untuk membantu mengatasi diare.

Manfaat Salak untuk Ibu Hamil


Beberapa waktu lalu kami telah menyampaikan manfaat salak pondoh untuk ibu hamil. Sebenarnya, tak hanya salak pondoh yang dapat menyumbangkan manfaat bagi wanita hamil, tapi semua jenis salak pun baik untuk ibu hamil. Adapun manfaat buah salak bagi ibu hamil antara lain adalahs sebagai berikut :

1. Salak mencegah diare


Salah satu manfaat buah salak yang saat ini sudah banyak diketahui masyarakat adalah dapat membantu mencegah dan mengatasi diare. Diare adalah gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja, tak terkecuali ibu hamil.

Perubahan hormonal ibu hamil, kerap kali mengganggu pencernaan sehingga beberapa ibu hamil mengalami diare dan beberapa diantaranya justru mengalami kontipasi atau sembelit.

Dengan mengkonsumsi buah salak, masalah diare akan teratasi secara alami sehingga aman bagi janin. Mengatasi masalah kesehatan secara alami adalah langkah tepat bagi ibu hamil mengingat janin dalam kandungannya masih belum terlalu kuat. Mengkonsumsi obat kimia tanpa resep dokter dapat menyebabkan masalah kehamilan serius bahkan dapat menyebabkan keguguran.

2. Melancarkan pencernaan


Susah buang air besar adalah keluhan ibu hamil yang wajar terjadi sejak usia kehamilan awal. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormonal ibu hamil yang menyebabkan kinerja otot usus berkurang.

Banyak ibu hamil yang mulai mengeluhkan sembelit sejak hamil muda, tak jarang yang memilih untuk mengkonsumsi obat kimia untuk mengatasi masalah tersebut.

Minum obat anti diare sebenarnya tak apa apa, namun harus dengan resep dokter. Konsumsi obat obatan dengan sembarangan tanpa resep dokter dikhawatirkan bisa mengakibatkan masalah kehamilan serius.

Adapun cara untuk mengatasi sembelit pakai buah salak adalah dengan mengkonsumsi daging buah salak tanpa membuang kulit arinya. Meski terlihat sangta tipis, namun kulit ari salak itu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

3. Menjaga kestabilan asam lambung


Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa bahaya buah salak untuk ibu hamil itu cukup mengerikan, namun kenyataannya buah salak malah memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil.

Salah satu manfaat salak bagi wanita hamil adalah menjadi kestabilan asam lambung sehingga ibu hamil tak banyak mengeluhkan sakit perut. Di awla masa kehamilan, banyak ibu hamil yang susah makan karena pengaruh mual dan muntah. Jika tidak mendapatkan asupan nutrisi yang tepat maka ibu hamil bisa mengalami sakit perut yang benar benar mengganggu kenyamanan.

4. Mengatasi anemia


Anemia atau kurang darah adalah salah satu masalah kesehatan yang terjadi akibat kekurangan sel darah merah. Anemia adalah keluhan yang banyak sekali dikeluhkan oleh wanita hamil.

Kandungan zat besi dan tiamin pada buah salak sangat cocok untuk mengatasi anemia ibu hamil karena kedua zat itu sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah. Wanita hamil butuh lebih banyak el darah merah untuk memompa darah yang diperlukan oleh janin dalam kandungan.

Demikian penjelasan singkat mengenai kebenaran kabar bahaya buah salak untuk ibu hamil. Ternyata, salak justru memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Namun demikian, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah salak. Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasi ke dokter. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top