Ciri Ibu Hamil Terkena Virus Tokso (Toxoplasma), Jangan Remehkan Flu !!

Ciri ibu hamil terkena virus tokso - Infeksi toksoplasma pada ibu hamil adalah bahaya kehamilan yang perlu diwaspadai. Perlu Anda ketahui bahwa toksoplasmosis itu tidak disebabkan karena virus maupun bakteri, melainkan disebabkan karena parasit berbahaya yang disebut dengan Toxoplasma Gondii. Ada banyak orang yang mengira kalau parasit ini berasal dari hewan, padahal sebenarnya parasit ini berasal dari sayuran dan daging yang tidak dimasak sampai matang.

Meski sebenarnya parasit Toxoplasma ini berkembang melalui sayuran dan daging, namun ada sebuah penemuan yang menyatakan bahwa parasit ini berkembang di usus kucing yang kebersihannya tidak dijaga dengan baik.

Parasit Toxoplasma ini masuk ke dalam usus hewan melalui makanan alu berkembang biak di bagian saluran pencernaannya kemudian dikeluarkan melalui kotorannya. Untuk itu, jika ibu hamil habis kontak langsung dengan hewan, sebaiknya cuci tangan hingga bersih sebelum mengkonsumsi makanan.

ciri-ibu-hamil-terkena-virus-tokso
image from pixabay

Ciri Ibu Hamil Terserang Virus Toxoplasma


Semakin tua usia kehamilan maka akan semakin rentan terhadap serangan parasit berbahaya ini, bahkan serangan parasit Toxoplasma ini tidak memberikan gejala yang berarti pada ibu hamil. Infeksi toksoplasma pada ibu hamil dapat berakibat buruk pada janin, bahkan bisa menyebabkan bayi cacat dan keguguran. Untuk itu, agar ibu hamil bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat ketika terkena parasit Toxoplasma maka perlu pengetahuan tentang cari ibu hamil terkena virus tokso, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil demam


Demam adalah salah satu reaksi yang ditunjukkan oleh tubuh manusia ketika terkena infeksi. Demam adalah salah satu cara tubuh dalam mempertahankan diri terhadap infeksi yang mengenai tubuh manusia. Ketika seseorang terkena infeksi, maka sel yang terkena infeksi akan mengalami peradangan yang bertujuan untuk melepaskan zat yang dapat menstimulasi suhu otak.

Perubahan suhu menjadi panas dan demam bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang menyerang tubuh, namun sayangnya tak semua mikroorganisme yang dapat dibasmi dengan cara ini. Kasus toksoplasmasis terjadi karena infeksi virus Toxoplasma yang menyerang ibu hamil melalui makanan, sayuran dan kontak langsung terhadap hewan tertentu.

2. Nyeri otot


Pegal dan nyeri otot adalah salah satu ciri ibu hamil terkena virus tokso namun tidak selamanya nyeri otot dan pegal pegal disebabkan karena virus Toxoplasma. Nyeri otot dan pegal akan terjadi ketika infeksi virus Toxoplasma telah masuk dan menyebar ke bagian tubuh.

3. Badan lelah


Orang yang terkena infeksi akan meningkat metabolisme selnya meningkat. Peningkatan metabolisme dan kerja sel tentu membuat kerja jaringan meningkat pula dengan tujuan agar sel yang sehat tetap bertahan dengan baik dan tidak terserang oleh infeksi sel. Sel yang telah rusak akibat infeksi Toxoplasma akan diregenerasi, dan jika sudah tidak mungkin diperbaiki maka akan dihancurkan.

Peningkatan kerja sel itu lah yang membuat badan terasa mudah lelah, apalagi kalau dibarengi dengan penurunan nafsu makan. Kurangnya asupan nutrisi membuat badan semakin lemas dan mudah lelah.

4. Flu dan radang tenggorokan


Salah satu gejala ibu hamil terkena virus tokso adalah flu dan radang tenggorok yang tak kunjung henti. Flu dan radang tenggorok akibat parasit Toxoplasma terkadang menimbulkan rasa nyeri yang cukup menyakitkan. Kadang kala, flu juga sebagai pertanda ibu hamil terkena rubella, informasi selengkapnya bisa anda baca ciri ciri rubella pada ibu hamil

5. Kelenjar getah bening bengkak


Pembengkakan pada bagian kelenjar getah bening adalah salah satu reaksi tubuh ketika terkena infeksi. Kelenjar getah bening akan melawan infeksi akibat parasit Toxoplasma hingga akhirnya mengalami pembengkakan. Pembengkakan getah bening ini biasanya terjadi di area leher dengan tidak dibarengi rasa nyeri.

Akibat Ibu Hamil Terkena Toxoplasma


Ketika ciri ibu hamil terkena virus tokso sudah tampak, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk memastikan keluhan yang Anda alami, apakah benar karena infeksi tokso atau karena yang lain. Kenapa perlu segera konsultasi ke dokter ? karena infeksi Toxoplasma ini akan mengakibatkan dampak buruk pada janin jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat. Adapun akibat tokso pada ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil mengalami keguguran (abortus)


Keguguran banyak terjadi pada usia kehamilan muda karena berbagai macam sebab, salah satunya adalah karena toksoplasmasis yang terjadi karena infeksi Toxoplasma. Darah yang terinfeksi virus ini akan menembus plasenta sehingga dapat menginfeksi pada janin. Keadaan ini lah yang akhirnya bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

2. Hidrosefalus


Hidrosefalus adalah dimana otak bayi tertekan karena adanya infeksi saat ada dalam kandungan, salah satnya adalah karena infeksi tokso. Ketika bayi telah lahir, muncul bebrapa keluhan sepetri sering rewel, kepala tumbuh terlalu besar dan akhirnya berpengaruh pada mental bayi. Oleh karena besarnya resiko infeksi parasit Toxoplasma, sebaiknya segera konsultasi ke dokter apabila muncul gejala dan ciri terkena virus tokso.

3. Kelahiran prematur


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bayi lahir prematur, seperti penerapan pola hidup tak sehat, merokok, minum minuman keras, karena sakit tertentu dan karena infeksi. Asap rokok perlu dihindari oleh ibu hamil agar tidak menyebabkan kelahiran prematur karena akibat yang ditimbulkan oleh asap rokok sangat buruk, silakan baca bahaya asap rokok bagi ibu hamil.

Selain itu, Anda juga harus berhati hati dalam mengkonsumsi makanan terutama daging dan sayuran yang tidak dimasak sampai benar benar matang. Kenapa demikian ? karena wanita hamil yang terkena serangan Toxoplasma bisa saja menyebabkan kelahiran bayi prematur.

4. Bayi mati dalam kandungan


Infeksi toksoplasma bisa menyebabkan kematian bayi dalam kandungan atau disebut dengan Intra Uterine Fetal Death (IUFD). Infeksi yang sudah menembus bagian plasenta dapat mengganggu distribusi nutrisi dan oksigen kepada janin sehingga janin mengalami gangguan pertumbuhan dan kesehatan. Apabila keadaan ini terus berlangsung maka janin akan kekurangan asupan nutrisi dan oksigen akhirnya mati.

5. Gangguan mata bayi


Infeksi toksoplasma bisa mengakibatkan gangguan mata pada janin. Infeksi toksoplasma dapat mengganggu bagian retina bayi sehingga menyebabkan fungsi penglihatan terganggu. Gangguan mata ini bisa berupa nistagmus, penglihatan kabur, juling dan katarak.

Demikian ulasan tentang ciri ibu hamil terkena virus tokso dan beberapa akibatnya. Langkah tepat yang bisa Anda lakukan ketika muncul gejala infeksi toksoplasma adalah segera datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top