Contoh Perbedaan Haid dan Hamil, Wanita Harus Tahu..

Contoh perbedaan haid dan hamil - Wanita yang telah menikah hendaknya mengetahui apa saja yang membedakan antara gejala hamil dan gejala mau haid. Hal ini penting untuk diketahui karena ketidak tahuan seseorang tentang kehamilannya bisa menjadi sebab keguguran bayi. kenapa demikian ? karena orang yang tidak menyadari akan kehamilannya bisa melakukan aktivitas yang dapat membahayakan kehamilannya.

Sekilas, tanda hamil dan tanda haid memang ada kemiripan, namun sebenarnya ada banyak perbedaannya. Bagi wanita yang baru pertama hamil kadang mengira kalau gejala kehamilannya PMS.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini,kami akan menyampaikan sedikit informasi terkait tentang apa saja tanda kehamilan yang bisa dijadikan acuan untuk membedakan dengan tanda haid. Silakan simak ulasan ini sampai selesai agar informasi yang Anda dapatkan lebih komplit.

contoh-perbedaan-haid-dan-hamil
image from pixabay

Contoh Perbedaan Haid dan Hamil


Ada beberapa kondisi yang bisa Anda jadikan sebagai pembeda antara gejala hamil dan menstruasi. Meski tanpa tes kehamilan, mungkin Anda sudah bisa membedakan apakah sedang hamil atau haid dengan melihat tanda ini. Berikut adalah contoh perbedaan haid dan hamil yang perlu Anda ketahui :

1. Hamil ditandai dengan nyeri p@yud@r@ lama


Kaum wanita pasti tahu kalau perubahan payud@r@ menjadi bengkak dan padat adalah salah satu pertanda mau haid atau PMS. Tak hanya bengkak dan terasa padat, payud@r@ juga menjadi sesak dan penuh disertai rasa nyeri yang lumayan mengganggu. Namun, keluhan ini tidak berlangsung lama, biasanya hanya terjadi tepat sebelum haid dan akan hilang setelah hari pertama haid.

Berbeda dengan tanda kehamilan, yaitu payud@r@ membengkak disertai nyeri yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yaitu selama masa kehamilan berlangsung. Gejala kehamilan ini biasanya mulai muncul sejak seminggu atau dua minggu setelah terjadi proses pembuahan. Untuk informasi lebih lengkap silakan baca tanda hamil 1 minggu setelah berh*b*ngan.

2. Kenali kram perut tanda hamil dan tanda haid


Tak semua wanita mengalami kram perut jelang menstruasi, namun banyak yang mengalaminya sekitar satu dan dua hari jelang menstruasi. Kram perut tidak selamanya tanda akan haid karena di awal kehamilan, ibu hamil juga mengalami kram perut.

Kram perut jelang kehamilan diketahui dengan adanya dismenore, yaitu kram perut akibat kejang otot yang biasa terjadi pada sehari atau dua hari jelang menstruasi. Kram perut ini cukup mengganggu kenyamanan karena perut benar benar sakit seakan diperas peras, bahkan ada yang disertai dengan nyeri di bagian punggung.

Namun demikian, ada juga wanita yang mengalami kram jelang haid hanya ringan saja, seperti kembung. Entah berat atau ringan kram perut saat PMS yang pasti akan segera hilang saat haid telah usai.

Berbeda dengan kram perut tanda kehamilan, yaitu terasa lebih ringan daripada kram jelang menstruasi. Beberapa ibu hamil mengatakan bahwa kram perut ini hanya seperti dicubit saja. Kram perut tanda kehamilan akan terus mengiringi kehamilan hingga tiba saatnya persalinan. Di awal masa kehamilan, kram perut ini kadang dibarengi dengan bercak darah karena implantasi. Untuk lebih jelasnya, silakan baca kram perut tanda hamil atau haid ?

3. Bercak darah


Di awal masa kehamilan, kadang muncul bercak darah yang disebabkan karena implantasi bleeding (menempelnya embrio di dinding rahim).Sebagian wanita mengira  kalau bercak darah ini adalah darah menstruasi, padahal sebenarnya ini adalah bercak darah kehamilan.

Pendarahan akibat implantasi mulai akan terjadi di saat usia kehamilan seminggu atau dua minggu. Perlu Anda ketahui bahwa bercak darah tanda hamil ini tidak terlalu banyak dan hanya terjadi beberapa hari saja.

Berbeda dengan darah haid yang keluar cukup deras dengan warna merah kehitaman. Jika benar diperhatikan, darah haid dan darah implantasi itu jauh berbeda. Untuk mendapatkan penjelasan lebih detil tentang bercak darah kehamilan, silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

4. Wanita haid tidak ngidam


Beberapa wanita mengatakan bahwa dirinya cenderung ingin makan makanan yang asin dan manis seperti coklat dan snack saat mau haid. Beberapa yang lain bertambah naf$u makannya saat mau haid, namun itu bukan ngidam.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu tanda kehamilan awal adalah ngidam makanan tertentu yang tidak seperti biasa.  Kadang apa yang diinginkan oleh ibu hamil adalah makanan yang sebelum hamil paling di benci. Ada juga wanita hamil yang ngidam makanan aneh aneh, bahkan ada yang ingin makan buah yang dapat memicu kontraksi perut seperti nangka dan durian. Apabila istri anda ngidam aneh saat hamil, apa yang harus Anda lakukan ? Sebagai referensi silakan baca ngidam aneh saat hamil, dituruti atau tidak ?

5. Morning sickness tanda kehamilan


Morning sickness (mual muntah) adalah tanda kehamilan yang banyak dialami oleh ibu hamil, bahkan hampir semua ibu hamil mengalaminya. Mual an muntah tersebut kadang diiringi dengan lemas, lelah dan sakit kepala. Berbeda dengan orang yang mau haid, ia tidak merasakan mual dan muntah sama sekali. Maka dari itu, salah satu contoh perbedaan haid dan hamil adalah mual dan muntah.

6. Tanda haid sakit punggung


Banyak ibu hamil yang mengeluhkan sakit punggung, namun sakit punggung itu baru muncul ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua seiring dengan berubahnya ukuran perut yang semakin membuncit.

Begitu juga wanita yang akan haid, ia akan merasakan sakit punggung yang cukup mengganggu kenyamanan. Tidak semua wanita mengalami sakit punggung saat PMS, namun setidaknya bisa sebagai tambahan informasi bagi Anda tentang perbedaan tanda haid dan hamil.

7. Telat datang bulan


Salah satu tanda kehamilan yang banyak dijadikan acuan bagi kaum wanita adalah terlambat datang bulan. Mengetahui kehamilan dengan telat datang bulan bisa dilakukan bagi wanita yang mempunyai siklus haid teratur. Adapun wanita yang mempunyai siklus haid tidak teratur sulit untuk mengetahui kehamilan dengan terlambat datang bulan.

Cara paling baik untuk mengetahui contoh perbedaan haid dan hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan. Dengan menguji kehamilan pakai test pack akan segera diketahui apakah gejala yang Anda alami adalah tanda hamil atau haid. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top