Hamil atau tidak ya ? Cek tanda ini untuk meyakinkan..

Hamil atau tidak ya ?? Mungkin saat ini hati Anda ragu dengan keadaan yang sedang Anda alami, apakah gejala hamil atau gejala lain. Di saat siklus menstruasi terlambat sehari atau dua hari, hati sudah mulai bertanya tanya apakah ini pertanda kehamilan atau bukan ? Hal ini berlaku pada kaum wanita yang mempunyai siklus menstruasi teratur, sedangkan yang siklus haid nya tak teratur terlambat haid adalah hal yang biasa.

Selain mendapati telat haid, mungkin ada juga tanda kehamilan yang masih belum Anda yakini seratus persen apakah itu tanda hamil atau bukan. Untuk itu, perlu kiranya Anda cari informasi terkait tanda awal kehamilan yang akurat.

Kali ini, www.tandalagihamil.com akan menyuguhkan informasi terkait tanda dan gejala kehamilan yang bisa membantu Anda untuk segera mengenali kehamilan. Kami berharap artikel ini bisa menjawab keraguan dalam hati apakah anda  hamil atau tidak.

hamil-atau-tidak
image from pixabay

Saya ini hamil atau tidak ya ??


Untuk memastikan kehamilan, diperlukan tes kehamilan dengan test pack, tes darah atau periksa USG. Dari ketiga cara tes kehamilan tersebut, test pack lah yang paling mudah digunakan. Namun demikian, tes pack hanya akan memberikan hasil yang akurat jika dilakukan pada waktu yang tepat. Silakan baca kapan cek kehamilan bisa dilakukan ?

Pada umumnya, tes kehamilan baru akan dilakukan oleh kaum wanita apabila sudah muncul tanda tanda kehamilan. Lantas, apa saja tanda kehamilan itu ? diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kehamilan ditandai dengan nyeri di bagian p@yud@r@


Untuk menjawab keraguan hati apakah hamil atau tidak Anda perlu mengenali beberapa tanda hamil, salah satu diantaranya adalah perubahan di bagian p@yud@r@. Beberapa hari setelah proses pembuahan, p@yud@r@ ibu hamil akan mengalami perubahan yaitu menjadi terlihat membesar, penuh dan sesak.

Selain membengkak, p@yud@r@ juga terasa nyeri seperti nyeri p@yud@r@ jelang menstruasi. Rasa nyeri ini membuat ibu hamil merasa tak nyaman terutama ketika p@yud@r@ terkena sentuhan, bahkan sentuhan kain sekalipun.

2. Areola menghitam


Areola (area sekitar put!ng) ibu hamil juga mengalami perubahan seiring dengan perubahan di bagian p@yud@r@, yaitu menjadi semakin terlihat menghitam. Menghitamnya, areola disinyalir sebagai pertanda awal kehamilan yang terus akan terjadi hingga masa persalinan. Perubahan areola ini hanya lah salah satu dari sekian banyak tanda untuk membedakan hamil atau tidak.

3. Muncul bercak darah


Beberapa ibu hamil merasa was was dengan kemunculan bercak darah di awal masa kehamilan. Bercak darah ini muncul akibat menempelnya embrio pada dinding rahim. Anda tak perlu khawatir dengan munculnya bercak darah karena hal ini adalah tanda kehamilan normal yang dialami oleh hampir semua ibu hamil.

Sebagian orang mengira kalau bercak darah tersebut adalah darah menstruasi, padahal darah tanda kehamilan dan darah menstruasi itu jauh berbeda, dilihat dari warnanya saja sudah berbeda. Belum lagi waktu keluarnya bercak darah kehamilan yang mulai terlihat sebelum masa haid datang. Dengan memperhatikan ini, Anda akan sedikit mendapat gambaran apakah sedang hamil atau tidak.

4. Ibu hamil sering BAK


Apakah saat ini Anda merasa sering sekali ingin pipis ?? Mungkin saja Anda sedang hamil. Di awal masa kehamilan, keinginan untuk BAK meningkat cukup tajam jika dibanding dengan hari hari sebelumnya. Perubahan hormon adalah salah satu faktor yang menyebabkan ibu hamil jadi sering ingin buang air kecil.

5. Badan lelah


Badan saya kok lungkrah dan lelah kaya gini, kira kira hamil atau tidak ya ? Mungkin terlintas pikiran seperti itu di benak anda karena banyak orang yang mengatakan kalau kelelahan adalah salah satu tanda umum kehamilan.

Memang begitulah kenyataannya, ketika seorang wanita telah berbadan dua maka badan terasa gampang sekali lelah. Meski tidak melakukan aktivitas berat, badan tetap saja kelelahan. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon ibu hamil, Anda tak perlu khawatir.

6. Mual muntah


Mual muntah di pagi hari adalah gejala kehamilan normal yang banyak dialami oleh ibu hamil muda. Perut mual dan ingin muntah ini disebabkan karena perubahan hormon. Mual dan muntah ini bisa terjadi selama usia kehamilan trimester pertama (tiga bulan pertama). Namun demikian, jangan tergesa gesa mengambil kesimpulan hamil hanya gara gara perut mual sebab mual muntah bisa saja disebabkan karena faktor lain. Untuk memastikan apakah hamil atau tidak silakan lihat tanda kehamilan lainnya.

7. Sensitif terhadap aroma menyengat


Di awal masa kehamilan, ibu hamil akan menjumpai keadaan yang membuat dirinya tidak nyaman. Indra penciuman ibu hamil tiba tiba menjadi sangat sensitif terhadap aroma menyengat. Apabila mencium bau menyengat, mual dan muntah akan menjadi semakin parah. Biasanya kondisi ini berlangsung hingga morning sickness usai.

8. Suhu tubuh meningkat


Ada banyak faktor yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh wanita, salah satunya adalah karena kehamilan. Ketika suhu tubuh wanita berada pada titik setengah derajat celcius, kemungkinan ia sedang hamil. Untuk memastikan hamil atau tidak, silakan cek tanda kehamilan lainnya. Kalau gejala kehamilan sudah bermunculan, silakan tes pakai test pack.

9. Telat menstruasi


Bagi wanita yang punya siklus haid teratur, mudah untuk mengetahui kehamilan dengan terlambatnya siklus haid. Sebenarnya, telat haid tidak hanya disebabkan karena kehamilan, bisa juga dikarenakan faktor lain, misalnya karena kelelahan, pikiran stress dan perubahan hormon.  Untuk itu, pastikan kehamilan dengan tes pack apabila Anda telat haid.

Demikian ulasan penjelasan tentang "hamil atau tidak" yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top