Menjaga Kehamilan Trimester Pertama agar Janin Sehat

Menjaga kehamilan trimester pertama - Usia kehamilan tiga bulan pertama adalah masa yang sangat penting bagi kehamilan. Di usia ini, janin mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Asam folat adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil trimester pertama agar bayi dalam kandungan sehat selalu.

Di usia kehamilan trimester pertama ini, ibu hamil banyak mengalami perubahan fisik yang dipengaruhi oleh perubahan hormon. Pusing, mual dan muntah adalah perubahan fisik yang banyak dikeluhkan oleh ibu hamil muda.

Tak hanya itu, ibu hamil muda juga mengalami tanda dan gejala lain yang membuat aktivitas sehari hari terganggu. Beberapa gejala yang muncul di awal kehamilan ada yang tergolong normal dan ada yang tak normal, selengkapnya silakan baca efek hmil muda pada tubuh.

menjaga-kehamilan-trimester-pertama
image from pixabay

Tips Menjaga Kehamilan Trimester Pertama


Agar kehamilan dapat dijalani dengan baik dan tidak terjadi keguguran, ibu hamil perlu menjaga dan merawat kehamilannya. Di bawah ini adalah beberapa tips menjaga kehamilan trimester pertama yang harus Anda ketahui :

1. Menghadapi pendarahan saat hamil muda


Beberapa hari setelah proses pembuahan, biasanya ibu hamil mengalami pendarahan ringan yang disebut dengan implantation bleeding (pendarahan implantasi). Pendarahan ini terjadi karena embrio telah menempel di dinding rahim.

Bercak darah yang keluar saat hamil muda adalah keluhan wajar yang tidak perlu Anda khawatirkan. Namun demikian, jika pendarahan ini terjadi cukup banyak dan tak kunjung berhenti, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Pendarahan hebat adalah salah satu pertanda keguguran hamil muda, untuk itu Anda harus bisa membedakan mana berak darah yang berbahaya dan mana pula bercak darah yang normal. Untuk informasi lebih detil, silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama ?

2. Mual dan Muntah


Mual dan muntah adalah gejala kehamilan normal yang terjadi karena peningkatan hormon HCG pada ibu hamil. Untuk menjaga kehamilan trimester pertama agar janin sehat, sebaiknya jangan sembarangan minum obat anti mual.

Apabila Anda ingin mengatasi mual dengan minum obat anti mual, sebaiknya minum obat mual sesuai dengan resep dokter. Anda juga bisa menerapkan cara alami untuk meringankan mual muntah seperti yang telah kami sampaikan pada artikel berjudul cara mengatasi mual dan pusing saat hamil

3. Hindari makan yang mengandung merkuri


Kehamilan usia 3 bulan pertama (trimester pertama) masih sangat rentan. Untuk itu, ibu hamil muda hendaknya benar benar memperhatikan kesehatan diri dan janin dalam kandungannya. Perkembangan janin dalam kandungan sangat bergantung pada ibu, kalau ibu hamil melakukan aktivitas yang membahayakan janin maka keselamatannya akan terancam.

Salah satu cara untuk menjaga kehamilan trimester pertama agar janin sehat adalah menerapkan pola makan sehat dan menghindari segala macam makanan yang menjadi pantangan ibu hamil, salah satunya adalah makanan yang mengandung merkuri.

Merkuri ini banyak terdapat pada beberapa jenis ikan laut seperti ikan todak dan ikan hiu. Untuk itu, pastikan bahwa ikan laut yang akan Anda konsumsi adalah makanan yang tidak mengandung merkuri.

4. Hindari daging mentah dan setengah matang


Daging mentah dan setengah matang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan, pasalnya daging mentah dan setengah matang itu berpotensi mengandung bakteri berbahaya seperti tokplasma.

Tokoplasma yang menyerang janin bisa mengakibatkan masalah kehamilan serius, bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya tidak makan daging dan telur mentah atau setengah matang.

5. Tidak merokok dan minum alkohol


Merokok dan minum minuman keras adalah penerapan pola hidup tak sehat yang perlu dihindari oleh wanita hamil. Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan gangguan kesehatan paru paru janin, sedangkan bahaya alkohol bagi janin adalah dapat mengganggu pertumbuhan janin dan keguguran.

6. Periksakan kehamilan sesuai petunjuk dokter


Pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter atau bidan adalah salah satu langkah dan cara menjaga kehamilan trimester pertama yang tidak boleh ditinggalkan. Kenapa demikian ? karena pemeriksaan kehamilan dapat memberikan informasi kepada Anda mengenai keadaan janin dalam kandungan. Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan ada masalah kehamilan, dokter atau bidan akan segera menanganinya dengan tepat.

6. Jalani aktivitas ringan


Pada usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil sering mengeluhkan lelah dan letih. Hal ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormonal. Untuk itu, jalani aktivitas ringan dan jangan mengangkat beban berat. Aktivitas berat bisa mengakibatkan masalah kehamilan serius dan bisa menyebabkan keguguran kandungan.

Itulah 6 tips menjaga kehamilan trimester pertama agar janin sehat. Jalani kehamilan dengan nyaman, segar dan bugar dengan menerapkan pola hidup sehat. Bila perlu konsumsi PDO minyak ikan [info lengkap di www.tokovianur.com]

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top