Perbedaan Tanda Haid dan Tanda Hamil, Jangan Terkecoh..

Perbedaan tanda haid dan tanda hamil - Mungkin saat ini Anda sedang mengalami gejala yang mirip dengan orang mau haid (PMS) dan mirip dengan gejala awal kehamilan. Kondisi tersebut kadang membuat hati bertanya tanya "aku ini hamil atau tidak yaa ??"  Memang antara tanda kehamilan dan tanda akan haid itu ada kemiripan, namun sebenarnya ada perbedaannya.

Agar Anda tidak terkecoh, silakan cari informasi terkait tanda haid dan hamil melalui media online atau langsung bertanya kepada orang yang ahli di bidangnya.

Tanda kehamilan dan tanda haid yang dialami oleh setiap wanita kadang tak sama, namun setidaknya informasi yang kami sampaikan di bawah ini bisa menambah wawasan bagi kita untuk mengenali gejala kehamilan dan PMS.

perbedaan-tanda-haid-dan-tanda-hamil
image from pixabay

Perbedaan Tanda Haid dan Tanda Hamil


Agar bisa memberikan kesimpulan yang lebih mendekati pada kebenaran, sebaiknya kenali lebih dalam tentang apa saja perbedaan tanda haid dan tanda hamil. Berikut ini adalah penjelasan singkat terkait perbedaan haid dan hamil tersebut :

1. Perbedaan kram perut haid dan hamil


Banyak kaum wanita yang merasakan kram perut sebelum haid tiba, yaitu sehari atau dua hari sebelumnya. Kram perut jelang menstruasi akan segera hilang ketika menstruasi datang.

Sedangkan kram perut tanda hamil akan terjadi dalam kurun waktu yang agak lama, tak hanya sehari dua hari tapi bisa berminggu minggu. Kram perut kehamilan hanya ringan terasa, tak seperti kram saat PMS yang cenderung sangat sakit melilit lilit. Lokasi kram perut kehamilan adalah di bagian perut bawah.

2. Bercak darah


Keluarnya bercak darah dari jalan lahir bisa saja sebagai darah menstruasi atau bercak darah karena implantasi embrio. Kaum wanita tentu bisa mengenali darah menstruasinya, yaitu cenderung berwarna merah kehitaman yang terus berlangsung hingga kurang lebih satu minggu. Pendarahan haid biasanya cukup banyak sehingga perlu pembalut untuk menahan darah tersebut agar tidak bocor kemana - mana.

Berbeda dengan bercak darah tanda hamil yang cenderung ringan dan tidak berlangsung lama. Warna bercak darah kehamilan ini biasanya adalah merah muda atau merah kecoklatan yang menempel di celana dalam, tidak sampai mengalir seperti darah haid.

Bercak darah implantasi ini biasa muncul pada usia kehamilan muda satu minggu hingga dua minggu. Kurun waktu terjadinya pendarahan ini lebih singkat daripada haid, mungkin hanya beberapa hari saja. Untuk penjelasan lebih detil silakan baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

3. Nyeri di bagian p@yud@r@


Salah satu perbedaan haid dan hamil yang cukup mencolok adalah perubahan di bagian p@yud@r@. Jelang menstruasi, biasanya p@yud@r@ membengkak disertai rasa nyeri. Keadaan ini memang mengganggu kenyamanan namun akan segera hilang ketika menstrusi telah tiba.

Berbeda degan nyeri p@yud@r@ yang dirasakan oleh ibu hamil yang cenderung terjadi dalam waktu lama. Jika dilihat sepintas memang mirip, p@yud@r@ membengkak dan disertai nyeri namun bedanya nyeri p@yud@r@ tanda kehamilan ini terjadi dalam kurun waktu yang lama, mulai dari awal kehamilan hingga persalinan tiba.

Seiring dengan perubahan p@yud@r@, ibu hamil juga mengalami perubahan di bagian areola (area sekitar put!ng), yaitu terlihat menjadi gelap dan menghitam.

4. Naf$u makan


Salah satu contoh tanda haid adalah peningkatan naf$u makan daripada sebelum haid. Terkadang kita tidak menyadari hal itu, namun kenyataanya banyak wanita haid yang meningkat naf$u makannya terutama terhadap makanan manis dan asin.

Sebaliknya, ketika seorang wanita tengah hamil maka naf$u makan akan menurun drastis. Di sisi lain, wanita hamil menginginkan makanan tertentu (ngidam) yang tidak biasa. Peningkatan sensitifitas indra penciuman membuat ibu hamil mudah mual muntah ketika berhadapan dengan masakan dengan bumbu menyengat.

5. Kelelahan


Peningkatan hormon esterogen dan progesteron wanita yang akan haid terkadang membuatnya mudah lelah. begitu pun wanita hamil muda, akan mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas berat. Apabila rasa lelah yang Anda alami disertai dengan tanda kehamilan seperti yang telah kami sampaikan di atas, kemungkinan Anda lagi hamil.

Demikian ulasan tentang perbedaan tanda haid dan tanda hamil yang dapat kami sampaikan. Untuk memastikan apakah Anda sedang hamil, silakan lakukan tes kehamilan pakai test pack. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top