USG Janin Laki Laki Bagaimana Cara Membacanya ??

USG janin laki laki - Ketika Anda berkunjung ke dokter untuk memeriksakan kehamilan, kebahagiaan sungguh terpancar di wajah setelah melihat hasil USG yang menunjukkan bayi sehat. Dokter akan akan mencetak hasil USG tersebut lalu memberikan kepada Anda sehingga Anda bisa memperhatikan secara jelas gambar janin dalam kandungan Anda sembari menebak apa jenis kelam!n bayi Anda.

Terkadang tebakan Anda setelah membaca USG tidak sama dengan kenyataan karena membaca USG itu memang tidak bisa dilakukan sembarangan, tak semua orang bisa membaca hasil USG dengan benar.

Hasil USG akan lebih akurat apabila yang membaca adalah orang yang ahli di bidangnya, namun jika Anda penasaran ingin membaca sendiri hasil periksa USG yang Anda lakukan, silakan simak penjelasan pada artikel ini..

usg-janin-laki-laki
image from pixabay

USG Janin Laki Laki


Ultrasonografi atau USG adalah pemeriksaan yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap ibu hamil guna mengetahui keadaan janin dalam kandungannya. Melalui pemeriksaan USG, dokter dan ibu hamil dapat mengetahui keadaan janin dalam kandungan, termasuk jenis kelam!n janin apakah laki laki atau perempuan.

Tak hanya itu, melalui pemeriksaan USG, pertumbuhan janin juga dapat terdeteksi. Namun demikian, agar hasil pemeriksaan USG bisa lebih akurat, sebaiknya dibaca dengan cara yang benar.

Cara Membaca USG Ibu Hamil


Agar hasil yang diberikan oleh pemeriksaan USG benar benar sesuai dengan gambar yang ditampilkan, maka perhatikan beberapa hal terkait dengan USG janin laki laki berikut ini..

1. Warna gambar yang ditampilkan USG


Ketika Anda melakukan pemeriksaan USG, tentu anda akan melihat beberapa warna seperti putih, abu abu dan hitam. Melihat keadaan itu, Anda pasti menebak - nebak, bagian tubuh apa yang berwarna hitam, abu abu dan putih tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa setiap warna tersebut sebenarnya menunjukkan beberapa bagian yang berbeda, diantaranya adalah  :

  • Warna hitam menunjukkan cairan dalam rahim
  • Warna putih menunjukkan tulang janin
  • Warna abu abu menunjukkan jaringan

Biasanya warna abu abu lebih dominan daripada warna warna yang lain. Anda juga dapat melihat warna hitam dalam warna abu tersebut, itu menunjukkan air ketuban. Sedangkan gambar yang ada di tengah, yaitu gambar yang dikelilingi oleh warna hitam adalah janin yang sangat kita harapkan kehadirannya sebagai buah hati pelengkap kebahagiaan rumah tangga.

2. Orientasi


Ketika Anda sedang membaca hasil USG, sebaiknya jangan hanya terpaku pada warna saja, namun Anda perlu mengetahui orientasi gambar yang ditunjukkan oleh hasil USG. Dengan demikian, Anda akan dapat mebaca hasil USG dengan lebih baik dan benar.

Apa saja yang bisa diketahui dengan pemeriksaan USG ??


Setelah kita mengetahui bagaimana cara membaca hasil USG yang benar, selanjutnya kita perlu mengetahui sebenarnya informasi apa saja yang dapat diperoleh melalui pemeriksaan USG itu ? Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengetahui karakteristik janin


Pemeriksaan USG pertama biasa dilakukan pada usia kehamilan baru 6 hingga 10 minggu. Di usia tersebut, hasil USG akan menunjukkan janin masih berupa gumpalan kecil. Pemeriksaan USG pada usia kehamilan 12 minggu, mununjukkan kepala bayi sudah mulai terbentuk. Pada usia kehamilan 20 minggu, Anda sudah bisa melihat mata, kaki, hidung, tulang belakang, dan jenis kelam!n janin, apakah laki laki atau perempuan.

2. Mengetahui jenis kelam!n janin


Inilah momen yang sangat ditunggu tunggu oleh setiap wanita hamil, yaitu ingin segera mengetahui jenis kelam!n janin dalam kandungannya, apakah laki laki atau perempuan. Melalui pemeriksaan USG, janin laki laki atau perempuan sudah bisa terlihat ketika USG dilakukan pada usia kehamilan 18 atau 20 minggu.

Salah satu faktor yang dapat mempermudah untuk membaca USG dan mengetahui jenis kelam!n janin melalui USG adalah posisi janin dalam kandungan. Terkadang sulit untuk mengetahui jenis kelam!n janin karena posisi janin menghalangi pandangan terhadap area vit@l.

Memperkiarkan jenis kelam!n janin dengan bantuan alat USG mempunyai keakuratan yang cukup tinggi, namun tidak menutup kemungkinan hasil pemeriksaan tidak sama dengan kenyataan, tergantung dari jelas dan tidaknya gambar yang ditunjukkan oleh USG serta posisi janin itu sendiri. Memang tujuan utama pemeriksaan USG bukan lah untuk mengetahui jenis kelam!n janin, melainkan untuk mengetahui perkembangan janin. Apabila Anda ingin memperkirakan jenis kelam!n janin tanpa USG, silakan baca tanda mengandung anak laki laki.

3. Mengetahui kelainan janin


Melalui pemeriksaan USG, dokter dapat mengetahui ukuran janin dalam kandungan, sehingga dokter bisa memprediksi apakah perkembangan janin berjalan dengan baik atau tidak. Melalui pemeriksaan USG pula, dokter dapat mengetahui apabila bayi mengalami kelainan struksural, misalnya bibir sumbing, kelainan jantung, spina bifida dan lain lain. Kelainan plasenta dan hamil kosong juga dapat terdeteksi melalui pemeriksaan USG ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait USG janin laki laki dan cara membaca USG yang benar. Pemeriksaan USG perlu dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin. Pemeriksaan kehamilan dnegan alat USG bisa dilakukan di puskesmas, rumah sakit, rumah praktek bidan dan dokter.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top