Bolehkah Ibu hamil makan bubur ayam ? Ini penjelasannya

Bolehkah ibu hamil makan bubur ayam ? Ini adalah salah satu pertanyaan yang kerap disampaikan oleh ibu hamil lantaran khawatir jangan-jangan bubur ayam bisa membahayakan kehamilannya. Selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi sudah sepantasnya dilakukan oleh ibu hamil, mengingat janin dalam kandungan masih sangat sensitif.

Terkait boleh dan tidaknya ibu hamil makan bubur ayam, tentu tidak bisa dijawab serta merta tanpa dasar yang jelas. Pada dasarnya, bubur ayam tidak tergolong makanan pantangan ibu hamil, namun perhatikan dengan baik apakah bubur ayam tersebut dibuat dengan cara sehat atau tidak.

Meski tidak termasuk makanan larangan untuk ibu hamil namun kalau campuran bahan yang digunakan untuk membuat bubur ada yang kurang menguntungkan bagi kehamilan, sebaiknya ditinggalkan. Misalnya, bubur ayam yang dibuat dengan campuran MSG terlalu banyak, oleh karena efek MSG terlalu banyak kurang baik bagi kesehatan maka sebaiknya dihindari.

bolehkah-ibu-hamil-makan-bubur-ayam
(foto : flikr.com)

Bolehkah ibu hamil makan bubur ayam ?


Tak ada larangan bagi ibu hamil untuk makan bubur ayam, asalkan bubur yang dikonsumsi tidak dicampur dengan bahan-bahan yang kurang baik bagi kesehatan.

Ketika mau makan bubur ayam, pastikan bahwa bubur ayam tersebut adalah bubur ayam yang tidak terlalu banyak diberi MSG. Penggunaan MSG terlalu banyak bisa memberikan dampak buruk bagi janin.

Ibu hamil juga perlu memperhatikan penggunaan sambal sebagai pelengkap bubur ayam. Sebaiknya jangan terlalu banyak makan sambal karena dapat membuat perut mules dan diare.

Fakta Tentang Bubur Ayam


Bubur ayam dibuat dengan bahan baku beras yang dimasak dengan banyak air. Oleh karena diberi air yang terlalu banyak, maka beras akan menjadi bubur lembek. Untuk membuat bubur ayam, biasanya butuh waktu yang agak lama hingga beras sekaan menyatu degan air.

Kabar yang menyebutkan bahwa ibu hamil tak boleh makan bubur ayam membuat sebagian ibu hamil bertanya-tanya "bolehkah ibu hamil makan bubur ayam ?" Sebagaimana yang telah kami sampaikan tadi bahwa ibu hamil makan bubur ayam itu tidak dilarang, namun alangkah baiknya tetap waspada.

Apabila hati Anda merasa ragu untuk makan bubur ayam, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter. Dokter akan memberikan arahan yang jelas terkait dengan cara perawatan kehamilan.

Sebagai tambahan informasi, ada beberapa fakta seputar bubur ayam yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Bubur ayam rendah kalori


Jika dibanding dengan jenis olahan nasi yang lain seperti nasi putih, nasi goreng, nasi uduk dan lainnya, bubur ayam termasuk hasil olahan nasi yang tak banyak mengandung kalori. Sama-sama satu piring, kalori yang disumbangkan nasi putih dan bubur ayam tidak lah sama.

Semangkok bubur ayam yang belum diberi bahan campuran mengandung kurang lebih 138 kalori, sedangkan sepiring nasi putih mengandung kalori hingga 242 kalori.

2. Cepat lapar


Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa sarapan pakai bubur ayam lebih awet kenyang daripada makan nasi. Ternyata pendapat tersebut tidak benar, justru sebaliknaya, sarapan bubur ayam bisa membuat cepat lapar.

Proses memasak bubur ayam dengan bayak air dan dimasak terlalu lama membuat tekstur beras berubah. Beras yang asalnya banyak mengandung vitamin, mineral dan protein kini menjadi berkurang.

3. Tidak menurunkan berat badan


Jangan salah, bubur ayam tidak bisa menurunkan berat badan. Apabila Ansa sedang menjalani program diet, jangan percaya kalau ada yang bilang bubur ayam efektif untuk menurunkan berat badan. Justru sebaiknya, bubur ayam membuat perut cepat lapar sehingga membuat program diet Anda jadi kacau. (silakan baca : program diet sehat ibu hamil)

4. Meningkatkan gula darah lebih cepat daripada nasi biasa


Karbohidrat yang terdapat pada bubur ayam adalah karbohidrat sederhana yang sangat mudah diolah oleh tubuh manusia, sehingga mengkonsumsi bubur ayam bisa meningkatkan kadar gula darah lebih cepat daripada nasi biasa. Untuk itu, bagi para penderita diabetes sebaiknya membatasi makan bubur ayam.

5. Bubur ayam beras merah lebih mantap


Bubur ayam yang dibuat pakai beras merah memang belum begitu familiar, namun bubur ayam beras merah lebih banyak manfaatnya. Kenapa demikian ? karena beras merah lebih banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks. Dengan demikian, bubur ayam tidak terlalu cepat meningkatkan gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Demikian informasi terkait "bolehkah ibu hamil makan bubur ayam". Apabila ada keraguan dalam hati untuk mengkonsumsi bubur ayam, silakan konsultasikan dulu ke dokter terdekat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top