Cara Agar Tidak Keguguran dengan Perawatan Kehamilan yang Tepat

Cara agar tidak keguguran - Apakah sekarang Anda sedang hamil  ? Selamat atas kehamilan Anda, semoga senantiasa diberi kesehatan dan kenyamanan. Namun Anda perlu ingat bahwa perjuangan untuk menjaga dan merawat kehamilan harus terus dilakukan agar tidak sampai terjadi keguguran. Di usia kehamilan trimester pertama Anda akan menghadapi berbagai macam keluhan kehamilan yang membuat kehamilan terasa tak nyaman.

Orang di sekitar Anda sering kali memberikan saran untuk menjaga kehamilan. Mereka sering memberi saran itu bukan berarti bawel tapi ingin berpartisipasi dalam menjaga kehamilan Anda.

Menjaga kehamilan dengan baik adalah cara tepat agar tidak keguguran kandungan. Perawatan kehamilan perlu dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi, menghindari pantangan kehamilan dan tidak melakukan aktivitas yang membahayakan kehamilan. Selengkapnya, silakan lanjut membaca.

cara-agar-tidak-keguguran
image from pixabay

Cara Agar Tidak Keguguran


Agar kehamilan senantiasa sehat dan tidak terjadi keguguran, silakan lakukan beberapa cara menjaga kehamilan muda berikut ini.

1. Cukupi kebutuhan nutrisi agar tidak keguguran


Di usia kehamilan muda, janin dalam kandungan mengalami pertumbuhan maka ibu hamil harus mengupayakan agar janin bisa tumbuh dengan sempurna. Perkembangan janin akan terjadi pada beberapa titik penting seperti perkembangan otak, perkembangan mata, telinga, tulang dan 0rgan penting lainnya.

Intinya, apabila nutrisi ibu hamil terpenuhi dengan baik maka janin akan tumbuh dan berkembang dengan baik pula. Nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil bukan hanya yang bermanfaat bagi janin tapi nutrisi yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan ibu juga diperlukan, misalnya zat besi untuk mencegah anemia. Berikut ini adalah nutrisi penting kehamilan yang harus dipenuhi sebagai langkah dan cara agar tidak keguguran :

  • Makanan yang banyak mengandung protein, baik protein nabati maupun protein hewani
  • Makanan yang memiliki kandungan vitamin C guna meningkatkan sistem imunitas
  • Makanan tinggi kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang ibu dan membantu proses perkembangan tulang janin
  • Buah segar dan sayur mayur untuk mensuply vitamin dan mineral
  • Makanan yang banyak mengandung asam folat (baca : makanan yang mengandung asam folat tinggi)
  • Makanan yang mengandung serat guna mencegah dan mengatasi kontipasi atau susah BAB

2. Menghindari makanan mentah agar tidak keguguran


Cara agar tidak keguguran selanjutnya adalah menghindari semua makanan mentah karena ibu hamil muda sangat rentan terhadap infeksi. Infeksi bisa ditimbulkan dari virus, bakteri dan kuman maka ibu hamil perlu menghindari segala jenis makanan mentah karena makanan mentah rentan terhadap kuman dan bakteri.

Makanan mentah kadang mengandung bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keracunan. Hal ini sangat tidak baik bagi janin, bahkan bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Selain makanan mentah, ibu hamil juga perlu menghindari makanan hasil fermentasi mentah seperti daging asap, makanan laut mentah, daging bakar setengah matang dan lainnya.

3. Lakukan gerakan ringan - cara agar tidak keguguran


Banyak dijumpai ibu hamil yang malas bergerak selama kehamilan berlangsung dengan alasan takut kalau terjadi masalah pada kehamilannya. Sebenarnya, kurang gerak saat hamil justru dapat menyebabkan beberapa keluhan kehamilan seperti kaki bengkak dan dapat menghambat proses persalinan.

Gerakan ringan yang dilakukan selama kehamilan sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan membantu pertumbuhan janin agar tetap sehat. Adapun manfaat gerakan ringan bagi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

  • Ibu hamil bisa tidur lebih nyenyak
  • Menjaga kesehatan ibu hamil
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama kehamilan
  • Mencegah sakit punggung
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan

4. Hindari makanan laut bermerkuri agar tidak keguguran


Salah satu cara agar tidak keguguran adalah menghindari makanan laut yang mengandung merkuri selama masa kehamilan berlangsung. Beberapa jenis ikan laut yang mengandung merkuri antara lain adalah ikan hiu, ikan tuna, ikan makarael dan lainnya. Ikan laut yang banyak mengandung merkuri bisa menyebabkan janin terkontaminasi merkuri sehingga janin beresiko mengalami cacat lahir, kelainan mental bahkan terjadi keguguran.

5. Hati-hati terhadap hewan piaran agar tidak keguguran


Apabila Anda memiliki hewan piaraan seperti anjing dan kucing, sebaiknya hati-hati karena binatang ini dapat menyebarkan virus tokoplasma melalui kotorannya. Virus ini termasuk virus berbahaya yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Bahkan, untuk menghilangkan infeksi virus tokoplasma diperlukan waktu yang cukup lama. (silakan baca : ciri-ciri ibu hamil terkena virus tokso)

6. Terapkan pola hidup sehat - cara agar tidak keguguran


Kesehatan janin dalam kandungan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh sang ibu. Penerapan pola hidup tak sehat seperti merokok dan minum minuman keras sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil. Dampak negatif yang ditimbulkan oleh alkohol sangat tidak baik bagi kehamilan, bahkan bisa menyebabkan keguguran kandungan. Untuk itu, terapkan pola hidup sehat, jangan merokok dan jangan minum alkohol.

7. Hindari asap rokok agar tidak keguguran


Cara agar tidak keguguran berikutnya adalah dengan tidak merokok, baik perokok aktif ataupun perokok pasif. Kandungan nikotin pada asap rokok sangat tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Nikotin di dalam asap rokok yang terhirup oleh ibu hamil bisa menghambat suply oksigen kepada janin.

Asap rokok bisa mengakibatkan janin terserang penyakit berbahaya seperti penyakit paru-paru dan asma. Asap rokok juga dapat menghambat perkembangan janin serta memperbesar resiko lahir prematur. Tak hanya itu, merokok juga dapat menyebabkan maslah kehamilan serius seperti kehamilan ektopik, kelainan plasenta dan keguguran. (baca : bahaya asap rokok)

8. Jangan sembarangan minum obat mual


Morning sickness adalah tanda awal kehamilan yang hampir dialami oleh semua ibu hamil. Mual dan muntah di awal kehamilan memang tergolong gejala kehamilan normal, namun beberapa ibu hamil berusaha untuk mengurangi mual muntah dengan minum obat anti mual. Minum obat anti mual sebenarnya tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena janin pada usia kehamilan trimester pertama masih sangat sensitif. Untuk meringankan mual dan muntah, silakan terapkan tips sederhana berikut ini :

  • Jangan biarkan perut terlalu lapar
  • Makan rutin dan teratur
  • Makan dengan porsi sedikit tapi sering
  • Hindari makanan berbau menyengat dan makanan pedas
  • Makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebaiknya dikurangi
  • Jangan terlalu banyak menggunakan garam
  • Selanjutnya silakan baca : obat mual hamil muda yang aman

9. Tidak memakai sepatiu hak tinggi


Memakai sepatu hak tinggi membuat ibu hamil tidak nyaman dalam berjalan, apalagi pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga dimana kaki mengalami pembengkakan. Tidak memakai sepatu hak tinggi adalah salah satu cara agar tidak keguguran, karena memakai sepatu hak tinggi dapat menyebabkan ketidak lancaran aliran darah pada pembuluh vena dan bagian panggul.

Selain membahayakan kehamilan, memakai sepatu hak tinggi juga membahayakan kesehatan ibu, yaitu terjadi penggumpalan darah di bagian kaki, kram kaki dan varises.

10. Hindari guncangan


Segala macam guncangan keras bisa menyebabkan masalah kehamilan serius bahkan bisa menyebabkan keguguran. Guncangan keras dapat menyebabkan kontraksi perut yang berakhir pada masalah kehamilan serius seperti air ketuban keluar sebelum waktunya, kelahiran prematur dan abortus (keguguran). Untuk menghindari guncangan keras, sebaiknya berhati-hati saat naik kendaraan.

Selain menerapkan tips tersebut di atas, ibu hamil harus mendapatkan cukup istirahat dan menjaga pikiran agar tidak stress. Kurang istirahat dan pikiran stress dapat menyebabkan dampak buruk bagi kehamilan.

Demikian cara agar tidak keguguran dengan perawatan kehamilan yang tepat. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat. Bagikan informasi ini melalui tombol berbagi di bawah aaartikel apabila menurut Anda bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top