Cara Menjaga Janin Trimester Pertama Agar Kuat dan Sehat

Cara menjaga janin trimester pertama - Wanita yang sedang hamil harus berusaha sekuat tenaga untuk menjaga dan merawat kehamilannya agar senantiasa sehat dan kuat. Apalagi kalau usia kehamilan masih muda (trimester pertama), janin dalam kandungan masih sangat rentan terhadap keguguran. Untuk itu, ibu hamil perlu berhati hati dalam melakukan segala aktivitasnya.

Di usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil banyak menghadapi keluhan kehamilan yang membuatnya tak nyaman seperti mual, muntah, kepala pusing dan badan lelah. Jika ibu hamil tidak berhati hati dalam menjaga kehamilan muda, resiko keguguran akan semakin besar.

Keluhan kehamilan yang muncul pada usia hamil trimester pertama harus ditangani dengan cara yang benar. Jika keluhan itu dibiarkan saja maka bisa memberikan dampak kurang baik bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

cara-menjaga-janin-trimester-pertama
image from pixabay

Tips Cara Menjaga Janin Trimester Pertama


Ketika pembuahan telah terjadi maka tubuh ibu hamil akan mengalami perubahan hormon, salah satu diantaranya adalah peningkatan hormon HCG. Peningkatan hormon ini akan mempengaruhi beberapa perubahan fisik seperti perubahan payud@r@, badan cepat lelah, kram perut ringan dan lain lain.

Kondisi tersebut termasuk keluhan wajar, namun perlu disikapi dengan baik agar kehamilan nyaman. Dengan penanganan hamil muda yang tepat, janin dalam kandungan pun akan mendapatkan dampak yang baik. Lantas, bagaimana cara menjaga janin trimester pertama itu ? Silakan simak penjelasan berikut ini :

1. Penerapan pola makan sehat ibu hamil


Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil harus menerapkan pola makan sehat karena pola makan sehat itu sangat mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Apabila ibu hamil tidak mempedulikan pola makan sehat, maka dapat memberikan dampak buruk bagi janin, bahkan bisa menyebabkan janin tidak berkembang dan keguguran. Adapun jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil trimester pertama antara lain adalah sebagai berikut :

➧ Sayuran

Aneka macam jenis sayuran sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kehamialn. Sayuran hijau juga dapat membantu meringankan dan mengatasi mual muntah selama hamil muda (morning sickness). Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur bayam karena mengandung zat besi yang cukup banyak. Dengan demikian maka ibu hamil tidak sampai mengalami anemia atau kurang darah.

Buah

Selain sayuran, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi buah segar untuk menjaga janin agar tetap sehat dan kuat. Stamina ibu hamil yang gampang habis dapat dipulihkan dengan mengkonsumsi buah segar yang banyak mengandung nutrisi. Tak semua jenis buah aman bagi ibu hamil, untuk itu silakan baca buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

➧ Makanan berprotein

Protein dibutuhkan oleh janin untuk membantu proses perkembangannya. Untuk mencukupi kebutuhan protein, ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan berprotein yang bersumber dari hewan atau dari biji - bijian. Contoh protein hewani : telur, daging ayam, daging sapi, daging kambing dan lain lain. Contoh protein nabati : tahu, tempe, kacang hijau, kacang kedelai dan lain lain.

➧ Sereal

Mual muntah yang sering muncul di pagi hari (morning sickness) kadang membuat ibu hamil merasa tak nyaman. Sarapan pagi yang seharusnya nikmat, sekarang tak bisa dilakukan dengan nyaman. Menanggapi kondisi itu, Anda bisa mengganti sarapan pagi Anda dengan sareal. Sareal memiliki kandungan kalsium, vitamin B dan karbohidrat yang cukup banyak sehingga sangat cocok digunakan untuk sarapan pagi ibu hamil trimester pertama.

2. Minum susu saat hamil trimester pertama


Saat ini banyak sekali merk susu ibu hamil yang dijual di pasaran. Silakan pilih susu kehamilan sesuai dengan selera Anda dan minum lah susu secara rutin karena minum susu dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin.

Apabila Anda tak suka dengan susu atau mual saat minum susu, silakan ganti dengan minum sari kedelai atau sari kacang hijau. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap sehingga sangat cocok diminum oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin. Silakan baca akibat ibu hamil tidak minum susu.

3. Istirahat cukup


Cara menjaga janin agar sehat selanjutnya adalah dengan istirahat cukup. Usahakan untuk tidak begadang sampai larut malam dan di siang hari luangkan waktu untuk tidur siang meski hanya sebentar. Kurang istirahat bisa membuat tubuh ibu hamil letih dan lelah, apalagi kalau sering begadang, tekanan darah bisa drop hingga menjadikan badan terasa lemas.

4. Jangan stress


Dalam menjalani kehidupan sehari hari, tentu banyak hal yang perlu pemikiran. Namun demikian, jangan sampai ibu hamil stress gara gara banyak pikiran. Akibat stress buat ibu hamil sangat tidak baik, bahkan dapat memberikan dampak kurang baik bagi janin. Untuk itu, jika Anda lagi banyak pikiran, ajak lah pasangan untuk menyelesaikan bersama sama.

5. Jangan banyak main gadget


Pancaran radiasi dari gadget tidak lah baik bagi janin, maka jangan terlalu banyak main gadget. Apabila pekerjaan Anda di depan laptop / komputer, usahakan untuk sebentar sebentar istirahat, jangan terlalu lama di depan laptop tanpa istirahat. Cobalah untuk berdiri sebentar sambil meregangkan otot tangan dan kaki serta pernapasan.

Itulah 5 cara menjaga janin trimester pertama agar kuat dan sehat. Demi menjaga kehamilan agar senantiasa sehat, ibu hamil perlu melakukan kontrol kehamilan ke dokter atau bidan secara rutin. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top