Cara Menjaga Kandungan 4 Bulan dan Tips Mengatasi Susah Tidur

Cara menjaga kendungan 4 bulan - Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan tidak banyak keluhan, ibu hamil perlu memperlakukan kehamilannya dengan baik. Di usia kehamilan 4 bulan (trimester kedua), gejala kehamilan seperti mual, pusing dan badan lelah sudah mulai berkurang, namun keluhan kehamilan lainnya akan terus datang silih berganti.

Agar kehamilan 4 bulan berjalan dengan baik, ibu hamil perlu memperhatikan asupan nutrisi, pola hidup sehat, cukup olahraga dan cukup istirahat, terutama tidur di malam hari.

Sebagaimana kita ketahui bahwa di usia kehamilan 4 bulan, banyak ibu hamil yang mengeluhkan sulit tidur di malam hari. Meski telah melakukan berbagai macam cara, mata tetap tak mau terpejam. Untuk itu, silakan lanjut membaca untuk informasi lebih detil..

cara-menjaga-kandungan-4-bulan
image from pixabay

Cara Menjaga Kandungan 4 Bulan


Demi mendapatkan kehamilan yang sehat, ibu hamil 4 bulan harus mau menjaga dan merawat kehamilan dengan sebaik-baiknya. Anda sudah berhasil melewati masa berat di usia kehamilan trimester pertama, sekarang tinggal melanjutkan dengan perawatan kehamilan yang berikutnya. Adapun cara merawat kandungan 4 bulan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil


Mencukupi kebutuhan nutrisi adalah hal penting yang tidak boleh diremehkan oleh ibu hamil. Betapa tidak, ibu hamil yang kurang mendapatkan asupan nutrisi bisa memberikan dampak buruk pada si jabang bayi.

Makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium sangat dibutuhkan pada usia kehamilan 4 bulan. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan membantu proses perkembangan tulang janin. Sedangkan protein dibutuhkan oleh janin untuk membantu pertumbuhannya.

2. Menerapkan pola hidup sehat


Selain mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat agar janin dalam kandungannya sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Selama hamil, Anda harus menghindari rokok dan minuman keras karena dapat membahayakan kehamilan.

Selain itu, ibu hamil perlu rutin berolahraga karena dengan olahraga badan menjadi segar dan bugar. Namun, Anda harus tahu bahwa tak semua jenis olahraga boleh dilakukan oleh ibu hamil. Silakan baca olahraga yang aman untuk ibu hamil.

3. Istirahat cukup


Salah satu cara menjaga kandungan 4 bulan agar sehat adalah dengan mendapatkan istirahat cukup, terutama tidur di waktu malam. Beberapa ibu hamil mengeluhkan susah tidur di waktu malam meski telah melakukan berbagai macam tips. Untuk itu, silakan lanjut membaca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan informasi mengenai tips ampuh mengatasi susah tidur saat hamil 4 bulan.

Tips Ibu Hamil 4 Bulan Agar Bisa Tidur Nyenyak


Demi mendapatkan kehamilan yang sehat dan nyaman, ibu hamil harus berusaha mendapatkan tidur berkualitas terutama di waktu malam hari. Kurang tidur malam bisa membuat badan terasa lelah dan tak bersemangat. Di bawah ini adalah tips cara mengatasi susah tidur sebagai salah satu cara menjaga kandungan 4 bulan :

1. Ibu hamil jangan ngemil saat malam


Ibu hamil 4 bulan, hendaknya tidak ngemil di waktu malam karena ngemil waktu malam membuat Anda susah tidur. Rasa nyaman di perut setelah ngemil membuat Anda lebih lama terjaga. Untuk menghindari hal ini, silakan makan malam paling tidak 2 jam sebelum tidur.

2. Jangan banyak aktivitas jelang tidur


Selain tidak ngemil malam, ibu hamil 4 bulan sebaiknya mengurangi aktivitas menjelang tidur seperti bersih-bersih kamar, membaca buku, nonton TV dan lainnya. Alangkah baiknya jika sebelum tidur, ibu hamil berhenti sejenak untuk bersantai dan dan menenangkan pikiran. Hindari kebisingan dan matikan lampu agar Anda lebih cepat tidur pulas.

3. Tidur siang sebentar


Bagi Anda yang sedang hamil 4 bulan, ketahuilah bahwa tidur siang sangat penting untuk dilakukan. Untuk itu, luangkan waktu barang sebentar untuk tidur siang guna menghilangkan capek-capek, pikiran penat dan stress. Badan yang terlalu lelah, dapat memberikan dampak kurang bak bagi janin, maka hilangkan rasa lelah dengan tidur siang. Ingat ! tidur siang, bukan tidur pagi. (silakan baca : bahaya ibu hamil tidur pagi)

4. Pakai bantal khusus ibu hamil


Salah satu cara menjaga kandungan 4 bulan agar mendapatkan tidur berkualitas adalah dengan menggunakan bantal khusus ibu hamil. Bantal khusus ibu hamil bisa membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak sehingga ibu hamil mendapatkan cukup istirahat. Tidur pakai bantal khusus juga bermanfaat untuk membantu mengatur posisi tidur agar lebih aman.

5. Tidur miring kiri


Tak ada aturan khusus tentang posisi tidur ibu hamil, yang pasti ibu hamil harus memilih posisi tidur yang paling nyaman. Di usia kehamilan 4 bulan, perut ibu hamil sudah mulai membuncit, sehingga posisi tidur miring kiri terasa lebih nyaman. Silakan baca posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Demikian ulasan singkat mengenai cara menjaga kandungan 4 bulan dan tips mengatasi susah tidur. Sekian info yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top