Cara Menjaga Kehamilan agar Tetap Sehat, Jangan Abaikan Meski Hanya 1 Point

Cara menjaga kehamilan agar sehat - Merawat kehamilan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pasangan suami istri. Kalau mengikuti omongan semua orang, menjaga kehamilan akan terasa ribet, gak boleh melakukan ini dan itu. Sebenarnya, menjaga kehamilan tidak serumit yang kita bayangkan karena tidak semua pantangan kehamilan yang banyak tersiar di masyarakat benar, terkadang itu hanya mitos belaka.

Beberapa mitos kehamilan yang hingga saat ini masih dipercaya oleh sebagian orang antara lain adalah ibu hamil tidak boleh makan kepiting, tidak boleh menjahit, tidak boleh potong rambut dan lain lain. Kami telah membahasnya pada artikel berjudul mitos seputar kehamilan era modern.

Cara menjaga kehamilan agar bayi sehat hendaknya diketahui oleh setiap pasangan suami istri agar kehamilan berjalan dengan aman dan lancar. Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi tentang cara perawatan kehamilan yang baik dan benar agar janin sehat.

cara-menjaga-kehamilan-agar-tetap-sehat
image from pixabay

Cara Menjaga Kehamilan


Agar janin dalam kandungan sehat dan normal, ibu hamil tentu harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Menjaga kehamilan 1 bulan dan 7 bulan tentu berbeda, kalau usia kehamilan baru satu bulan ibu hamil tak boleh banyak gerak, sedangkan kehamilan 7 bulan ke atas sudah diperbolehkan banyak gerak, justru dianjurkan gerak untuk melatih otot dalam menghadapi persalinan.

1. Menjaga kehamilan dengan rutin kontrol


Salah satu cara menjaga kehamilan yang tidak boleh ditinggalkan adalah rutin kontrol ke dokter atau bidan. Pemeriksaan harus rutin dilakukan meski tidak ada masalah kehamilan. Kenapa demikian ? karena periksa kehamilan itu tidak hanya untuk mengatasi masalah kehamilan, melainkan untuk mengetahui perkembangan janin dan untuk segera mendeteksi kehamilan bermasalah.

Jadwal pemeriksaan kehamilan biasanya sudah disampaikan oleh dokter atau bidan yang pertama kali Anda kunjungi. Silakan ikuti petunjuk dokter atau bidan demi menjaga kehamilan agar tetap sehat.

2. Olahraga ringan


Ada yag berpendapat kalau olahraga itu berbahaya bagi ibu hamil, padahal sebenarnya tidak seperti itu. Justru sebaliknya, ibu hamil perlu rutin berolahraga agar kehamilan sehat, tegar dan bugar.

Namun demikian, tidak semua olahraga aman bagi ibu hamil, hanya olahraga ringan lah yang boleh dilakukan ibu hamil. Olahraga yang menguras banyak energi dan olahraga ekstrim sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel yang telah kami tulis dengan judul olahraga yang aman untuk ibu hamil/

3. Menerapkan pola makan sehat selama hamil


Mengkonsumsi makan sehat adalah salah satu cara menjaga kehamilan yang tidak boleh diabaikan. Mengapa demikian ? karena janin dalam kandungan masih sangat bergantung pada ibu.

Makanan instan yang banyak mengandung bahan pengawet dan MSG sebaiknya dihindari demi menjaga kehamilan agar tetap sehat. Apabila Anda suka makan makanan instan, silakan ganti dengan makanan sehat terutama dari sayur dan buah buahan.

Di usia kehamilan awal, ibu hamil sering merasa mual dan ingin muntah karena pengaruh perubahan hormonal. Ketika bangun tidur, sebaiknya jangan langsung beranjak karena dapat memperparah rasa mual di tersebut. Penerapan pola makan sedikit tapi sering adalah salah satu cara untuk meringankan mual dan muntah saat hamil muda.

Di usia kehamilan trimester akhir, sebaiknya ibu hamil memperhatikan pola makan dengan baik, jangan terlalu banyak makan makanan manis dan tinggi karbohidrat. Hal itu perlu dilakukan agar berat badan janin tidak terlalu berlebihan sehingga persalinan dapat dijalani dengan lancar.

4. Istirahat cukup


Tak hanya penerapan pola makan sehat, ibu hamil juga harus mendapat istirahat yang cukup, jangan sampai kelelahan. Aktivitas padat yang tidak dibarengi dengan istirahat cukup bisa membuat berbagai macam masalah kehamilan bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Di siang hari, luangkan waktu barang sebentar untuk tidur siang, sedangkan di malam hari, jangan tidur terlalu larut. Mungkin Anda menjumpai sulit tidur di malam hari, maka lakukan beberapa tips dan cara mengatasi susah tidur yang telah kami tulis beberapa waktu yang lalu.

5. Makan buah dan sayur


Buah segar dan sayuran hijau memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Mengkonsumsi buah dan sayur dapat membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Ada banyak jenis buah segar yang bagus untuk ibu hamil seperti buah pisang, buah anggur, buah jeruk, buah alpukat, buah jambu biji, buah belimbing, buah apel, buah kurma, buah mangga dan lain lain. Anda bisa mengkonsumsi buah segar dengan di selang - seling agar tidak bosan.

6. Hindari rokok, nark0ba dan minuman keras


Merokok, memakai nark0ba dan minum minuman keras adalah pola hidup tak sehat yang harus dihindari oleh ibu hamil. Asap rokok sangat tidak baik bagi kesehatan paru janin. oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh merokok entah sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.

Memakai obat terlarang dan minum minuman beralkohol juga harus dihindari demi menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Memakai nark0ba dan minum minuman keras bisa menyebabkan masalah kehamilan serius bahkan bisa menyebabkan bayi meninggal dunia.

7. Kendalikan stress


Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil harus bisa mengendalikan stress. Banyak nya masalah dalam kehidupan sehari hari jangan sampai membuat pikiran stress. Pikiran stress tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan ibu tapi janin dalam kandungan juga bisa terkena dampak buruknya. Apabila banyak masalah, silakan ajak pasangan untuk membantu menyelesaikannya dengan kompak.

Demikian ulasan terkait cara menjaga kehamilan agar tetap sehat. Setiap point pada ulasan di atas perlu diperhatikan oleh ibu hamil guna mendapatkan kehamilan yang sehat dan nyaman. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top