Cara Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat Dan Normal

Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat - Merawat kehamilan bukan hanya tugas ibu hamil, tapi calon ayah juga memiliki banyak peran dalam menjaga kehamilan. Jika menuruti apa kata orang, menjaga kehamilan seakan hal yang sangat rumit, tidak boleh makan ini, tidak boleh minum itu, tidak boleh begini, tidak boleh begitu dan lainnya.   

Belum lagi dengan adanya mitos yang saat ini masih banyak dipercayai oleh masyarakat, ibu hamil tidak boleh keluar malam, tidak boleh makan kepiting, tidak boleh menjahit, memotong rambut dan masih banyak lagi. (baca : mitos seputar kehamilan era modern)

Oleh karena banyak mitos terkait dengan larangan ibu hamil, alangkah baiknya Anda baca ulasan tentang cara menjaga kehamilan agar tetap sehat di bawah ini agar tidak terjadi simpang siur.

cara-menjaga-kehamilan
(foto : pixabay.com)

Cara Menjaga Kehamilan agar Sehat


Agar janin yang sedang Anda kandung senantiasa sehat dan normal, ibu hamil harus benar-benar memperhatikan asupan nutrisi, aktivitas sehari-hari dan penerapan pola hidup sehat.

Di awal masa kehamilan, banyak ibu hamil yang menjumpai keluhan kehamilan cukup berat. Mual, muntah, badan lelah, kepala pusing dan lain-lain selalu datang silih berganti. Untuk itu, lakukan beberapa cara menjaga kehamilan agar bayi sehat berikut ini :

1. Kontrol kehamilan secara rutin


Ketika Anda datang ke dokter atau bidan untuk kontrol kehamilan, dokter / bidan pasti menyarankan supaya rutin kontrol paling tidak setiap satu bulan sekali.

Kontrol kehamilan menurut WHO (World Health Organization) perlu dilakukan setiap 4 minggu sekali ketika usia kehamilan berumur 0-28 minggu. Adapun usia kehamilan lebih dari 28 minggu, sebaiknya dilakukan setiap 2 minggu sekali, sedangkan usia 36 minggu ke atas hendaknya periksa kehamilan seminggu sekali.

Kontrol kehamilan tidak hanya dilakukan ketika ada keluhan. Meski tidak ada keluhan, pemeriksaan kehamilan tetap harus dilakukan agar segera terdeteksi apabila ada masalah kehamilan.

Satu hal lagi yang perlu Anda lakukan agar pemeriksaan kehamilan bisa dilakukan dengan tepat, yaitu menghitung usia kehamilan dengan benar. Pastikan anda telah menghitung usia kehamilan dengan benar agar tidak salah kaprah. Jika belum bisa menghitung usia kehamilan, silakan baca cara menghitung kehamilan yang benar.

2. Rutin olahraga


Ada yang bilang kalau ibu hamil itu tidak boleh olahraga, padahal sebaliknya ibu hamil itu harus rutin olahraga agar tubuh sehat, segar dan bugar. Memang ada beberapa jenis olahraga yang tidak diperbolehkan untuk ibu hamil, namun banyak jenis olahraga yang aman dan dianjurkan bagi wanita hamil. Senam adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang aman bagi ibu hamil.

Senam pernapasan juga sangat baik bagi ibu hamil, apalagi ketika usia kehamilan sudah tua. Senam pernapasan adalah salah satu cara menjaga kehamilan agar sehat karena bisa melatih ibu hamil untuk menjalani persalinan dengan lancar. (silakan baca : olahraga yang aman untuk ibu hamil)

3. Atur pola makan


Mungkin saat ini, Anda masih suka mengkonsumsi makanan yang serba instan padahal makanan instan itu ada yang mengandung bahan pengawet sehingga dapat membahayakan janin. Untuk itu, mulai sekarang kurangi konsumsi makanan instan dan perbanyak makan sayur serta buah segar.

Apabila di awal masa kehamilan, Anda merasakan mual muntah yang cukup parah, maka atur pola makan sedikit sedikit tapi sering. Makan dengan porsi banyak dapat memperparah mual.

Ketika usia kehamilan Anda sudah masuk trimester ketiga, sebaiknya atur pola makan sedemikian rupa agar berat badan tidak terlalu berlebihan. Usahakan agar berat badan Anda tetap dalam batas wajar demi menjaga persalinan tetap aman.

4. Istirahat cukup


Tak hanya pola makan, ibu hamil juga harus mendapatkan cukup istirahat. Aktivitas yang terlalu padat kadang membuat ibu hamil kelelahan, padahal dampak kelelahan bagi ibu hamil sangat tidak baik. Selain menyelesaikan pekerjaan kantor, seorang wanita juga dituntut untuk merampungkan pekerjaan rumah yang bertumpuk-tumpuk. Untuk itu, demi menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil mendapatkan cukup istirahat.

5. Makan buah dan sayur


Buah dan sayur adalah jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh janin. Dalam menyusun menu makan harian, sebaiknya buah dan sayur jangan sampai ketinggalan.

Buah yang bagus untuk ibu hamil adalah buah yang mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, kalsium, asam folat, zat besi,magnesium, kalium dan lainnya. Selengkapnya bisa Anda baca buah-buahan yang bagus untuk ibu hamil.

6. Tidak merokok dan minum alkohol


Salah satu cara menjaga kehamilan agar sehat adalah dengan menghindari rokok dan minuman beralkohol. Asap rokok dan alkohol harus benar-benar dihindari oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan masalah kehamilan serius, bahkan bisa menyebabkan keguguran kandungan. Selain berdampak buruk bagi janin, asap rokok dan alkohol juga dapat mengganggu kesehatan ibu hamil.

7. Jangan stress


Banyaknya masalah yang dihadapi oleh ibu hamil kadang membuat pikirannya pusing dan stress. Pikiran tak karuan tidak hanya disebabkan karena faktor pekerjaan, terkadang ibu hamil stress gara-gara sering menjumpai keluhan kehamilan sehingga berpikiran aneh-aneh. Untuk itu, ibu hamil wajib mengendalikan emosi agar tidak stress, mengingat stress bagi ibu hamil itu cukup berbahaya.

Demikian ulasan terkait cara menjaga kehamilan agar sehat dan normal. Semoga penjelasan singkat yang kami sampaikan ini dapat memberikan banyak manfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top