Ciri Orang Hamil 1 Minggu Setelah Berh*b*ngan

Ciri orang hamil 1 minggu setelah berh*b*ngan memang masih sangat sulit terdeteksi, tapi bukan berarti tak dapat diketahui. Pasangan suami istri yang lagi menjalani program kehamilan, mengetahui positif dan tidaknya kehamilan adalah hal yang sangat mendebarkan hati. Rasa penasaran terkadang membuat mereka ingin segera tes kehamilan meski belum muncul tanda-tanda kehamilan.

Sebelum melakukan tes kehamilan, ada baiknya Anda ketahui lebih dulu beberapa ciri orang hamil muda agar hasil tes tidak mengecewakan. Kalau sudah yakin hamil tapi ternyata tak hamil, rasanya kecewa banget kan ??

Nah, bagi Anda yang saat ini ingin segera mengetahui apakah program kehamilannya berhasil, berikut akan kami sampaikan beberapa tanda orang hamil 1 minggu yang bisa digunakan untuk mendeteksi kehamilan sejak dini.

ciri-orang-hamil-1-minggu
(foto : pexels.com)

Ciri Orang Hamil 1 Minggu


Apabila tanda kehamilan telah terlihat, silakan lakukan tes kehamilan pakai test pack atau langsung periksa ke dokter guna memastikan apakah Anda benar-benar hamil. Berikut adalah beberapa ciri orang hamil 1 minggu setelah berh*b*ngan :

1. Ibu hamil lelah dan mengantuk


Di awal masa kehamilan, seorang wanita akan merasakan rasa lelah dan sangat mengantuk meski sudah banyak tidur. Hal ini terjadi karena perubahan hormonal yang membuat beberapa 0rgan bekerja lebih maksimal seperti jantung, ginjal dan paru-paru.

Kehadiran calon janin dalam rahim menuntut beberapa 0rgan penting ibu hamil bekerja lebih ekstra  sehingga badan ibu hamil lebih cepat terasa lelah dan mengantuk. Rasa lelah ini tak hanya terjadi pada ibu hamil 1 minggu tapi akan terus terjadi sampai tubuh mampu beradaptasi.

2. Sering BAK


Semakin lancarnya peredaran darah membuat intensitas BAK (buang air kecil) ibu hamil meningkat. Sering pipis memang membuat aktivitas tak nyaman dan cukup membosankan, namun jangan pernah menahan kencing karena dapat mengganggu kesehatan. Meski sering pipis, Anda harus tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh karena ibu hamil membutuhkan cairan lebih banyak daripada orang yang tak hamil.

3. Morning sickness


Ciri orang hamil 1 minggu yang paling banyak ditemukan adalah mual disertai muntah (morning sickness). Morning sickness ini sangat dipengaruhi oleh perubahan hormonal pada tubuh wanita hamil. Mual muntah adalah tanda kehamilan cukup mengganggu, namun jangan khawatir karena gejala tersebut akan hilang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

4. Keluar bercak darah


Bercak darah tanda kehamilan disebabkan karena proses implantasi, yaitu proses dimana bakal janin menempel pada dinding uterus. Bercak darah ini tak terlalu banyak, berbeda dengan darah mentruasi yang cenderung banyak. Bercak darah kehamilan kadang muncul di usia kehamilan 1 minggu hingga sepuluh hari. Anda tak perlu takut dengan keadaan ini karena kelaur bercak darah termasuk ciri orang hamil normal.

5. Kram perut


Implantasi tidak hanya menyebabkan pendarahan, namun implantasi juga menyebabkan sakit perut / kram perut bagian bawah yang disebabkan karena syaraf da otot perut bagian bawah menegang. Kram perut ini datang pergi dengan rasa sakit yang tidak terlalu menyakitkan dan akan terus terjadi hingga posisi rahim berhasil tersangga oleh panggul.

6. Payud*ra bengkak


Hormon esterogen yang meningkat sejak pembuahan terjadi membuat payud*r* ibu hamil mengalami pembengkakan. Tak hanya membengkak, payud*r* ibu hamil juga berubah menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan meski hanya sentuhan kain. Area sekitar put!ng (areola) juga mengalami perubahan yaitu menjad iterlihat menghitam.

7. Pusing


Di usia kehamilan muda, beberapa ibu hamil mengeluhkan pusing karena terjadinya peningkatan pasokan darah ke tubuh. Pusing yang dirasakan oleh ibu hamil biasanya berbarengan dengan gejala hamil yang lain seperti mual, muntah dan badan lelah. Kondisi ini memang sangat mengganggu kenyamanan. (baca : pusing tanda hamil seperti apa ?)

8. Mood tak menentu


Salah satu ciri kehamilan 1 minggu yang jarang diketahui adalah perubahan mood. Di usia kehamilan muda, beberapa ibu hamil merasa kuwalahan dalam mengatur emosi. Gejala hamil ini mirip sekali dengan PMS dimana seorang wanita tiba-tiba cemas, marah, khawatir dan perasaan lain tanpa sebab yang jelas.

Itulah beberapa ciri orang hamil 1 minggu setelah berh*b*ngan yang dapat menggambarkan wanita hamil muda. Ketika gejala tersebut telah muncul, silakan lakukan tes kehamilan pakai test pack atau langsung pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top