Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan | Bagian 2

Artikel ini lanjutan pembahasan tentang makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan bagian pertama. Kemarin sudah dibahas tentang makanan yang banyak mengandung asam folat seperti buah alpukat, buah mangga, buah tomat, sayur bayam, kacang kancangan dan lainnya. Kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil.

Selain makanan yang mengandung asam folat, ibu hamil perlu makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, vitamin C, protein, karbohidrat dan lainnya. Susu adalah salah satu makanan yang banyak mengandung kalsium.

Vitamin C bisa diperoleh dari berbagai macam buah buahan seperti buah tomat, buah jeruk, buang srawberry dan lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan lanjut membaca artikel ini sampai selesai.

makanan-yang-baik-untuk-ibu-hamil-1-bulan
image from pixabay

Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil 1 Bulan


Makanan yang banyak mengandung kalsium tergolong makanan yang baik untuk ibu hamil karena sangat bermanfaat untuk membantu proses perkembangan tulang dan gigi janin serta menjaga kesehatan tulang ibu.

Makanan Tinggi Kalsium Baik untuk Ibu Hamil


Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil perlu banyak asupan kalsium daripada sebelum hamil. Ibu hamil memerlukan kalsium paling tidak dua kali lipat daripada kebutuhan kalsium orang biasa. Adapun makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain adalah sebagai berikut :

1. Ikan salmon


Ikan salmon termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung kalsium. Ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Ikan salmon lezat dimasak dengan cara digoreng, dipepes dan dikukus, silakan pilih mana yang Anda sukai. Satu hal yang perlu diperhatikan saat memasak ikan salmon, yaitu jangan terlalu banyak diberi bumbu menyengat agar tidak membuat mual.

2. Yoghurt


Yoghurt adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Untuk mendapatkan yoghurt, silakan datang ke supermarket di sekitar. Kalau rumah Anda jauh dengan supermarket, Anda bisa membuat yoghurt sendiri di rumah.

3. Susu


Susu adalah minuman yang banyak mengandung kalsium. Rutin mengkonsumsi susu dapat mencukupi kebutuhan kalsium harian. Susu yang aman bagi ibu hamil adalah susu yang sudah dimasak atau dipasteurisasi. Susu yang tidak dipasteurisasi besar kemungkinan mengandung bakteri berbahaya sehinga tidak aman untuk ibu hamil.

Mengkonsumsi susu memang sangat bagus bagi ibu hamil namun ibu hamil harus selektif dalam memilih jenis susu yang akan diminum. Susu yang tidak dipasteurisasi adalah jenis susu yang dilarang bagi ibu hamil. Sebagai referensi, silakan baca : susu ibu hamil yang bagus

4. Keju


Keju juga termasuk makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan karena banyak kandungan kalsiumnya. Hasil olahan susu ini tidak hanya bagus untuk ibu hamil, tapi juga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui, anak anak dan orang tua. Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, silakan pilih jenis keju yang telah dipasteurisasi.

5. Susu Kedelai


Mungkin Anda termasuk orang yang tidak suka dengan susu karena rasa amisnya. Jika Anda tak suka susu, Anda mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu. Kedelai memiliki kandungan kalsium cukup banyak sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan mencegah osteoporosis.

6. Buah alpukat


Selain mengandung asam folat, buah alpukat juga mengandung kalsium yang cukup banyak. Buah alpukat bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dibuat jes segar. Jus alpukat selain segar juga mengandung nutrisi yang sangat lengkap.

7. Makanan berkalsium selain susu


Susu adalah termasuk minuman yang banyak mengandung kalsium, namun sebagian orang tak suka minum susu. Untuk mendapatkan asupan kalsium, Anda bisa mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi selain susu. Apa saja makanan berkalsium tinggi selain susu itu ? Silakan baca ulasan pembahasannya pada artikel berjudul kalsium untuk ibu hamil selain susu.

Makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan
tidak hanya yang mengandung asam folat dan kalsium. Makanan yang mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan kalium juga dibutuhkan oleh ibu hamil. Tunggu post kami berikutnya untuk informasi lanjutan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top