Makanan yang Dilarang Saat Hamil Muda

Makanan yang dilarang saat hamil muda - Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat dan tidak banyak kendala yang muncul, ibu hamil harus memperbanyak  konsumsi makanan sehat, buah segar dan sayur mayur. Konsumsi makanan sangat penting untuk diperhatikan karena berpengaruh besar pada ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Makanan pantangan ibu hamil sebaiknya dihindari demi menjaga kandungan agar tetap sehat. Di sisi lain, ibu hamil harus bisa membedakan mana mitos tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan mana makanan yang benar-benar membahayakan kehamilan menurut medis.

Salah satu misal adalah larang ibu hamil makan cumi, ada yang mengatakan bahwa makan cumi bisa membuat bayi terlahir dengan jari-jari lebih dari normal, ini adalah mitos yang belum jelas kebenarannya.

makanan-yang-dilarang-saat-hamil-muda
image from pixabay

Makanan yang Dilarang saat Hamil Muda


Hamil muda adalah masa yang sangat rawan bagi ibu hamil, berbagai macam masalah kehamilan bisa terjadi apabila ibu hamil salah salam memperlakukan kehamilannya.

Dalam beraktifitas, ibu hamil muda tidak boleh melakukan aktivitas berat dan atau aktivitas yang membuat perut terguncang. Guncangan keras yang terjadi pada ibu hamil muda bisa menyebabkan keguguran.

Dalam berolahraga, ibu hamil muda juga harus berhati-hati, tidak boleh melakukan olahraga extrem karena dapat menyebabkan guncangan perut yang berakibat fatal. (baca : olahraga yang aman untuk ibu hamil)

Lantas, makanan yang dilarang saat hamil muda itu apa saja ? Silakan lanjut membaca..

Makanan Larangan untuk Ibu Hamil Muda


Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari selama hamil muda. Nanas adalah buah manis yang disebut-sebut sebagai makanan pantangan bagi ibu hamil muda. Nanas memiliki kandungan bromelain yang dapat melunakkan leher rahim dan mengakibatkan keguguran.

Bromelain banyak terkandung pada nanas muda, sedangkan nanas yang sudah matang tidak terlalu banyak mengandung bromelain. Oleh karena itu, ada sebagian ahli kesehatan yang memperbolehkan ibu hamil makan nanas matang dengan porsi wajar (tidak berlebihan).

Lantas, apakah kita harus menghindari nanas muda saat hamil muda ? Sebagai langkah hati-hati, nanas sebaiknya dihindari dulu selama hamil muda, jika terpaksa harus makan nanas, sebaiknya pilih nanas yang sudah matang dan silakan dikonsumsi dalam jumlah wajar.

Apabila disebut satu satu, makanan yang dilarang saat hamil muda ada banyak. Secara garis besar, ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan untuk memilih jenis makanan yang aman bagi kehamilan muda.

1. Hindari makanan yang membahayakan kehamilan


Ada beberapa jenis buah-buahan yang diduga dapat membahayakan kehamilan, salah satunya adalah buah pepaya mentah atau setengah matang. Kandungan lateks pada getah pepaya dapat menyebabkan kontraksi perut di awal masa kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil muda tidak boleh makan pepaya mentah atau setengah matang. Adapun pepaya yang sudah matang, aman bagi ibu hamil muda bahkan dapat membantu mengatasi masalah sembelit.

Daging mentah dan setengah matang juga dapat membahayakan kehamilan karena besar kemungkinan mengandung bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran. Jika mau makan daging, sebaiknya masak terlebih dahulu sampai benar-benar matang.

Selain daging mentah, ibu hamil muda hendaknya menghindari makan telur mentah karena dapat membahayakan kehamilan. Informasi selengkapnya bisa Anda baca telur buat ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?

Makanan kotor dan atau busuk juga harus dihindari oleh ibu hamil muda. Apabila Anda menjumpai buah-buahan yang sudah busuk sebagian sebaiknya jangan dimakan. Karena alasan tertentu, ada yang hanya membuang bagian busuknya lalu bagian yang masih belum busuk dimakan. Hal ini sebaiknya tidak dilakukan sebab bakteri mungkin sudah menyebar.

2. Makanan berefek negatif


Ada beberapa jenis buah segar yang dapat memberikan dampak buruk baik kehamilan, salah satunya adalah buah durian. Buah durian mengandung asam arachidonat dan alkohol yang dapat memberikan dampak buruk bagi kehamilan jika dimakan dalam jumlah terlalu berlebhan.

Asam arachidonat dapat memicu terjadinya keguguran, sedangkan alkohol bisa menyebabkan bayi berberat badan rendah. Ibu hamil sebaiknya tidak makan durian dalam jumlah banyak, kalau hanya sedikit bagaimana ? Silakan baca bolehkah ibu hamil makan durian sedikit ?

Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil perlu menghindari makanan yang dapat membahayakan kehamilan dan makanan yang memberikan dampak negatif pada kehamilan.

Silakan konsumsi makanan yang baik bagi ibu hamil seperti buah pisang, buah jeruk, buah apel, buah alpukat, buah strowberry, buah semangka, buah melon, sayur mayur, daging , kacang-kacangan dan lain-lain.

Demikian ulasan singkat tentang makanan yang dilarang saat hamil muda. Semoga artikel ini dapat memberikan tambahan wawasan dalam menjaga kehamilan muda. Bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top