Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama, WAJIB DIPENUHI

Nutrisi ibu hamil trimester pertama - Usia kehamilan trimester pertama adalah masa yang berat bagi ibu hamil. Betapa tidak, mual dan muntah selalu mengiringi hari demi harinya tanpa henti. Keadaan yang begitu berat membuat beberapa ibu hamil enggan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi, padahal sebenarnya nutrisi ibu hamil trimester pertama wajib untuk dipenuhi.

Beberapa makanan yang banyak mengandung nutrisi bermanfaat bagi ibu hamil antara lain adalah sayuran, buah segar, kacang-kacangan, susu kehamilan dan lainnya.

Ibu hamil butuh referensi untuk mendapatkan asupan nutrisi kehamilan yang tepat. Untuk itu, silakan lanjut membaca untuk mendapat informasi lebih detilnya..

nutrisi-ibu-hamil-trimester-pertama
image from pixabay

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama


Ibu hamil perlu asupan nutrisi yang lengkap agar janin dalam kandungan dapat tumbuh berkembang dengan baik dan kesehatan ibu hamil selalu terjaga. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang banyak mengandung nutrisi ibu hamil trimester pertama.

1. Kacang-kacangan baik untuk ibu hamil


Di usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil butuh asupan protein paling tidak 60 gram per hari. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi aneka macam kacang kacangan karena banyak mengandung protein.

Kacang dengan kulit coklat tidak hanya banyak mengandung protein, tapi juga mengandung serat yang cukup banyak sehingga dapat membantu mengatasi masalah sembelit. (baca : cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil)

Aneka macam kacang-kacangan juga mengandung zat besi sehingga membantu mencegah sekaligus mengatasi masalah anemia. Untuk mencegah kandungan lemak yang cukup banyak, silakan goreng kacang tanpa minyak (disangrai)

2. Sayur bayam


Nutrisi ibu hamil trimester pertama memang harus benar benar dijaga, bahkan sebelum hamil asupan nutrisi sudah harus terpenuhi. Di usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil butuh asam folat untuk membantu proses pembentukan tabung syaraf.

Bayam adalah salah satu bahan makanan yang mengandung asam folat sehingga dapat membantu mengurangi resiko janin lahir cacat. Tak hanya itu, bayam juga banyak mengandung zat besi yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah dan mengatasi masalah anemia (kurang darah).

Dengan mengkonsumsi bayam dan makanan yang banyak mengandung zat besi, diharapkan ibu hamil dapat menjalani kehamilan dengan sehat, nyaman dan tidak asa masalah kehamilan serius.

3. Asparagus


Aspargus adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin D cukup banyak sehingga sangat bagus dimakan oleh ibu hamil. Asparagus juga memiliki kandungan asam folat seperti halnya bayam.

Tak hanya itu, asparagus juga mengandung serat yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu mengatasi masalah pencernaan dan semebelit (susah BAB). Untuk mendapatkan hasil masakan yang nikmat, asparagus bisa dibuat sebagai campuran bahan telur dadar, salad dan dibuat sebagai bahan sup.

4. Brokoli mengandung nutrisi penting ibu hamil


Brokoli adalah salah satu makanan yang banyak mengandung nutrisi ibu hamil trimester pertama. Sama seperti bayam, brokoli juga memiliki kandungan zat besi dan asam folat.

Kandungan zat besi pada brokoli berkhasiat untuk mencegah anemia, sedangkan asam folat bermanfaat untuk membantu perkembangan tabung syaraf janin. Dengan rutin makan brokoli, diharapkan kehamilan tidak mengalami masalah serius.

5. Buah jeruk


Jeruk termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil, pasalnya buah jeruk mengandung banyak vitamin C dan asam folat. Sebagaimana yang teah kami sampaikan di atas bahwa asam folat sangat penting bagi janin untuk memperkecil resiko bayi cacat lahir, sedangkan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Telur


Telur adalah bahan makanan yang disukai oleh banyak orang. Telur memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti protein, kalsium dan vitamin D. Manfaat telur bagi ibu hamil sangat banyak, namun jangan makan telur sembarangan. Cara konsumsi telur yang salah, bisa menyebabkan masalah kehamilan serius. (silakan baca : telur untuk ibu hamil, bermanfaat atau berbahaya ?)

Di usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil sering merasakan mual dan ingin muntah sehingga malas makan. Namun demikian, ibu hamil harus tetap berusaha untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar kehamilannya sehat selalu.

Demikian penjelasan singkat tentang nutrisi ibu hamil trimester pertama yang wajib dipenuhi. Semoga penjelasan singkat di atas bisa menambah wawasan kita dalam menjaga kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top