10 Pertanda Hamil Normal yang Wajib Kamu Ketahui

Pertanda hamil normal - Mengetahui tanda kehamilan adalah hal yang penting bagi setiap pasangan suami istri. Betapa tidak, dengan mengetahui gejala awal kehamilan, pasangan suami istri akan segera merawat kehamilannya dengan baik sehingga tidak terjadi hal yang membahayakan janin. Sebagian orang mengira kalau pertanda kehamilan hanyalah telat haid, padahal sebenarnya tidak begitu.

Selain telat haid, ada beberapa tanda kehamilan normal yang memungkinkan ibu hamil untuk mengetahui kehamilannya sejak dini. Ketika tanda kehamilan telah terlihat, test pack adalah jujugan pertama untuk memastikan kehamilannya.

Tanda hamil yang muncul pada setiap ibu hamil berbeda- beda, namun tak ada salahnya kalau kita mengenali semua tanda kemungkinan hamil selain telat datang bulan. Informasi lebih lengkap, silakan lanjut membaca..

pertanda-hamil-normal
image from flickr

Pertanda Kehamilan Normal


Bercinta dengan pasangan di saat masa subur, memperbesar kemungkinan untuk hamil. Apabila Anda habis bercinta di saat masa subur, silakan amati apakah ada tanda-tanda hamil berikut ini :

1. P@yd@ra berubah

Salah satu pertanda kehamilan normal yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah terjadinya perubahan di bagian p@yud@r@. Mungkin Anda kaget saat melihat bentuk p@yud@r@ yang terlihat lebih besar daripada sebelumnya.

Perlu Anda ketahui bahwa perubahan hormonal ibu hamil dapat mempengaruhi beberapa perubahan fisik ibu hamil, salah satunya adalah perubahan p@yud@r@. Tak hanya berubah menjadi lebih besar, p@yud@r@ ibu hamil juga menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan.

2.Areola hitam

Bersamaan dengan perubahan p@yud@r@, areola (area sekitar put!ng) ibu wanita hamil juga mengalami perubahan. Apabila sebelumnya, areola terlihat biasa saja, kali ini areola terlihat lebih hitam.

3. Sering pipis

Sering pipis adalah salah satu pertanda kehamilan yang jarang disadari, karena kehamilan bukan lah satu-satunya penyebab sering pipis. Terlalu banyak minum dan cuaca dingin faktor yang menyebabkan sering pipis selain kehamilan. Jika saat ini, Anda merasa lebih sering BAK daripada biasanya coba lihat apakah ada pertanda kehamilan yang lain. Kalau ada kemungkinan Anda lagi hamil tapi kalau tidak ada tanda-tanda kehamilan yang lain kemungkinan sering pipis disebabkan karena faktor lain.

4. Merasa sangat lelah

Kelelahan yang cukup berat kadang terjadi karena kehamilan. Kelelahan adalah pertanda kehamilan berlangsung cukup lama, bahkan hingga mencapai tiga bulan pertama kehamilan (trimester pertama). Kondisi ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron pada ibu hamil. Kondisi ini wajar terjadi pada ibu hamil, namun jika Anda ingin mengatasinya silakan baca : tips hamil sehat dan bugar secara alami

5. Mual dan muntah

Mual muntah adalah pertanda kehamilan normal yang cukup mengganggu kenyamanan. Pada saat hamil muda, biasanya mual dan muntah sering muncul terutama di waktu pagi. Wanita yang tak menyadari kalau mual yang ia alami adalah tanda kehamilan, bisa saja minum obat anti mual yang akhirnya dapat membahayakan janin dalam kandungannya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meringankan mual muntah adalah dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering. Makan dengan porsi besar justru membuat mual muntah semakin menjadi-jadi.

6. Indra penciuman sensitif

Mual dan muntah yang terjadi di awal masa kehamilan semakin parah karena indra penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif, terutama bila mencium aroma makanan yang menyengat. Tak hanya aroma makanan, selain aroma makanan pun juga membuat perut semakin mual seperti bau minyak wangi, bau asap rokok dan lainnya.

7. Nafsu makan hilang

Peningkatan hormonal dan sensitivitas indra penciuman membuat nafsu makan ibu hamil jadi berkurang. Belum lagi kalau mencium makanan yang amis dan atau berbau menyengat, nafsu makan langsung hilang dan ingin muntah.

8. Pusing

Kepala pusing juga termasuk pertanda kehamilan normal, namun tidak selamanya pusing disebabkan karena kehamilan. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang pusing, maka jangan langsung mengambil kesimpulan kalau Anda sedang hamil hanya gara-gara sering pusing. Sebagai tambahan informasi silakan baca pusin tanda hamil seperti apa ?

9. Bercak darah

Jangan kaget jika Anda menjumpai bercak darah di awal masa kehamilan. Bercak darah yang keluar dari jalan lahir bisa jadi sebagai pertanda kehamilan, bukan darah menstruasi. Bercak darah tanda kehamilan biasa dibarengi dengan kram perut ringan yang tidak terjadi terus-terusan.

10. Keputihan

Pertanda kehamilan yang terakhir adalah keputihan. Keputihan banyak dialami oleh kaum wanita karena berbagai macam faktor. kehamilan adalah salah satu faktor yang menyebabkan keputihan. Lebih jelasnya, silakan baca ciri keputihan tanda hamil.

Demikian ulasan tentang pertanda kehamilan normal yang dapat kami tulis. Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan banyak manfaat bagi pembaca. Salam.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top