Tanda2 Hamil Muda yang Jarang Disadari

Tanda2 hamil seharusnya telah diketahui oleh pasangan suami istri sejak awal pernikahannya agar sewaktu-waktu hamil dapat segera terdeteksi. Kehamilan yang terdeteksi sejak dini akan segera mendapat perawatan dengan tepat, sedangkan ibu hamil yang tidak menyadari kalau dirinya lagi hamil bebas melakukan aktivitas termasuk aktivitas yang membahayakan kehamilan.

Tanda2 hamil akan segera muncul beberapa hari sejak pembuahan terjadi seperti mual muntah, badan lelah, sering pipis, payud@r@ membengkak, keluar bercak darah, kram perut, keputihan dan lainnya.

Meski telah muncul beberapa tanda kehamilan, namun dokter akan memberikan kepastian kehamilan Anda ketika usia hamil sudah masuk pada usia 4 minggu. Adapun cara menghitung usia kehamilan adalah dimulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Kok cara ngitungnya seperti itu ? karena tak ada yang tahu kapan pastinya seseorang mulai hamil.

tanda2-hamil-muda
image from pixabay

Tanda2 Hamil Muda


Setiap ibu hamil akan merasakan gejala kehamilan yang berbeda-beda. Sulit rasanya untuk menentukan kapan kehamilan itu berawal, yang pasti tanda2 hamil muda akan segera muncul apabila pembuahan telah terjadi.

Gejala awal kehamilan yang sering dirasakan antara lain adalah kelelahan, ta enak badan, nyeri payud@r@, keluar bercak darah dan lainnya. Gejala hamil sangat mirip dengan gejala mau menstruasi. (silakan baca : perbedaan tanda hamil dan menstruasi)

Tanda Kehamilan Secara Umum


Banyak orang yang mulai mengenali kehamilan ketika telat datang bulan. Selain telat haid, sebenarnya ada beberapa tanda kehamilan muda yang sering dirasakan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil merasakan nyeri payud*r*


Perubahan hormonal yang terjadi setelah pembuahan mengakibatkan perubahan di bagian payud*r*. Ibu hamil akan merasakan rasa nyeri payud*r* seperti ketika lagi PMS. Payud*r* juga terlihat membengkak dan sesak disertai dengan menghitamnya area sekitar put!ng.

2. Mual disertai muntah


Mual dan muntah tanda kehamilan terjadi di pagi, siang dan malam hari. Mual parah biasa dirasakan di waktu pagi sehingga mual kehamilan ini disebut dengan istilah morning sickness. Penyebab morning sickness belum bisa dipastikan namun banyak yang berpendapat bahwa mual muntah ini disebabkan karena perubahan hormonal.

3. Badan lelah


Tanda2 hamil muda yang paling banyak dikeluhkan oleh wanita hamil adalah badan terasa lelah meski tidak habis melakukan aktivitas berat. Peningkatan hormon progesteron disebut-sebut sebagai penyebab kelelahan hamil muda. Kelelahan hamil muda biasanya dibarengi dengan rasa mengantuk yang tak mengenal waktu.

4. Ngidam makanan tertentu


Salah satu ciri hamil muda yang banyak dialami oleh kaum hawa adalah hilangnya naf$u makan dibarengi dengan ngidam makanan tertentu. Makanan yang diidamkan oleh setiap ibu hamil itu tidak sama, ada yang ngidam makanan kecut, makanan manis dan asin. Kadangkala ibu hamil ngidam makanan aneh, misalnya makanan yang dulu paling ia benci.

Tanda2 Hamil Muda yang Jarang Diketahui


Selain tanda2 hamil muda yang telah kami sampaikan tadi, ada beberapa tanda hamil yang jarang diketahui. Sebagian orang mengira tanda kehamilan ini bukan sebagai gejala kehamilan. Tanda2 hamil tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil mengalami pendarahan ringan


Bercak darah atau pendarahan ringan yang keluar dari jalan lahir merupakan salah satu tanda hamil yang disebabkan karena proses implantasi. Implantasi adalah proses menempelnya bakal janin pada dinding rahim yang terjadi pada hari ke 10 hingga 14 setelah pembuahan. Pendarahan implantasi ini terjadi cukup ringan, berbeda dengan pendarahan menstruasi.

2. Perubahan mood


Peningkatan hormon di awal masa kehamilan memberikan beberapa dampak bagi ibu hamil, salah satunya adalah perubahan mood. Perubahan mood atau suasana hati ini membuat ibu hamil jadi lebih emosional dan lebih cengeng. perubahan mood adalah salah satu dari sekian banyak tanda2 hamil muda yang normal.

3. Kepala pusing


Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala atau pusing. Salah satu dari sekian banyak penyebab pusing adalah karena sedang hamil. Hal ini disebabkan karena tekanan darah ibu hamil muda menurun serta adanya pelebaran pada pembuluh darah. Selengkapnya silakan baca pusing tanda hamil seperti apa ?

4. Peningkatan suhu tubuh


Sebagai salah satu petunjuk tanda2 hamil muda adalah adanya peningkatan suhu tubuh. Setelah proses pembuahan suhu basal tubuh akan mengalami peningkatan. Namun demikian, jika suhu tubuh terlalu tinggi hingga lebih dari 38 derajat celsius sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Gejala kehamilan di atas bukan berarti menunjukkan pasti hamil. Untuk memastikan kehamilan, silakan lakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack atau periksa ke dokter.

Demikian penjelasan terkait tanda2 hamil muda yang jarang diketahui. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Bagikan artikel ini melalui tombol berbagi di bawah artikel jika menurut Anda bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top