10 Keluhan Ibu Hamil 6 Bulan dan Solusinya

Keluhan ibu hamil 6 bulan - Menginjak usia kehamilan 6 bulan, biasanya ibu hamil menjumpai beberapa keluhan, mulai dari keluhan ringan sampai dengan keluhan yang berat. Anda tak perlu takut dengan keluhan tersebut karena hal itu wajar terjadi pada ibu hamil. Silakan lanjut membaca untuk mengetahui apa saja keluhan kehamilan 6 bulan dan cara mengatasinya.

Keluhan Ibu Hamil 6 Bulan


Sebelumnya, silakan baca dulu keluhan ibu hamil muda dan keluhan ibu hamil 4 bulan.
Ada beberapa keluhan kehamilan di bulan keenam yang datang silih berganti. Beberapa keluhan kehamilan 6 bulan antara lain adalah sebagai berikut :

keluhan-ibu-hamil-6-bulan
(foto : pixabay.com)

1. Nyeri perut


Kehadiran makhluk baru dalam rahim, menimbulkan beberapa keluhan mulai dari mual muntah di awal kehamilan hingga sakit perut di usia kehamilan 6 bulan. Sebenarnya nyeri perut bagian bawah ini termasuk keluhan ibu hamil 6 bulan yang normal atau tidak ?

Perlu kami sampaikan bahwa nyeri perut termasuk keluhan kehamilan normal, bahkan menjadi pertanda bahwa janin dalam kandungan dalam kondisi sehat. Nyeri perut di usia kehamilan 6 bulan ini disebabkan karena janin bergerak secara aktif.

Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit perut ini ? Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meringankan sakit perut bagian bawah adalah dengan mengambil posisi tidur yang benar, yaitu tidur miring ke kiri.

Apabila nyeri perut ini terjadi berkelanjutan dan membuat aktivitas Anda terganggu, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan kehamilan ke dokter atau bidan. Untuk memastikan kondisi kesehatan janin, biasanya dokter melakukan pemeriksaan dengan bantuan alat USG.

Nyeri perut adalah keluhan ibu hamil 6 bulan yang wajar, usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar janin tidak terlalu lelah di dalam perut. Asupan gizi sebaiknya terus diperhatikan untuk membantu perkembangan janin.

2.  Perut kaya di remas-remas

Pada usia kehamilan 6 bulan, mungkin Anda akan merasakan kontraksi perut dimana perut terasa seperti diremas-remas. Kontraksi perut ini disebut dengan istilah  braxton hick, yaitu kontraksi yang terjadi sebagai respon tubuh untuk mempersiapkan persalinan.

Penyebab kontraksi ini adalah gerakan bayi yang semakin agresif di akhir masa kehamilan. Kontraksi ini kadang disebabkan karena magg karena menurunnya selera makan. Solusi terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah segera konsultasi ke dokter.

3. Kembung

Perubahan hormon banyak mempengaruhi ibu hamil, salah satunya membuat perut kembung. Hormon esterogen dan progesteron ibu hamil mengalami peningkatan sementara pergerakan usus terhambat karena janin semakin besar. Hal ini membuat lambung tertekan sehingga menyebabkan perut kembung.

Jika Anda menjumpai keluhan ini pada usia kehamilan 6 bulan, silakan minum obat magg sesuai dengan petunjuk dokter. Jangan sembarangan minum obat karena dapat memberikan dampak buruk pada janin.

Perut kembung bukan keluhan kehamilan berbahaya, Anda tak perlu panik dalam menghadapinya. Perut kembung kadang bisa disembuhkan dengan melakukan cara-cara sederhana, misalnya minum wedhang jahe dan selengkapnya silakan baca : cara mengatasi perut begah dan kembung saat hamil.

4. Keputihan

Keputihan tidak hanya terjadi pada masa awal kehamilan, tapi akan terus berlanjut selama kehamilan berlangsung. Anda tak perlu takut dengan kondisi ini selama tidak ada tanda-tanda mencurigakan terkait kondisi keputihan ini.

Hal-hal yang perlu diwaspadai adalah apabila keputihan tersebut dibarengi dengan tanda-tanda sebagai berikut :

  • Keputihan kuning kehijauanBerbau menyengat
  • Menimbulkan rasa gatal di area v!tal

Jika keputihan berwarna putih, encer, tidak berbau dan tidak menimbulkan efek gatal, Anda tak perlu takut. Namun, jika tanda tak wajar sudah muncul, silakan hubungi dokter.

5. Kaki bengkak

Keluhan ibu hamil 6 bulan tidak hanya terlihat di sekitar perut, bagian kaki pun juga mengalami keluhan, salah satunya adalah kaki bengkak dan kram. Adapun solusi untuk meringankan kaki bengkak adalah sebagai berikut :

  • Duduk dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung
  • Tidak berdiri terlalu lama
  • Tidur dengan posisi miring ke kiri
  • Kalau Anda termasuk orang yang suka olahraga renang, sebaiknya tidak berjalan di dasar air
  • Olahraga ringan secara rutin
  • Hindari pemakaian sepatu atau sandal yang sempit
  • Hindari terlalu banyak makan garam

6. Kepercayaan diri berkurang

Sebagaimana kita ketahui bahwa di usia kehamilan 6 bulan ini, tubuh ibu hamil mulai mengalami perubahan, dari yang tadinya langsing, kini menjadi gemuk. Kondisi ini lah yang membuat beberapa ibu hamil jadi kurang percaya diri, terutama kalau memakai pakaian yang agak ketat. Jika Anda termasuk wanita berhijab, silakan lakukan tips sederhana gaya pakaian hijab ibu hamil yang telah kami tulis pada artikel berjudul tips hamil berhijab tetap cantik dan modis.

7. Sakit pinggang

Sakit pinggang adalah keluhan ibu hamil 6 bulan yang sangat sering terjadi seiring membesarnya perut. Janin yang kian membesar membuat punggung tertekan dan perut tertekan sehingga bagian pinggang terasa sakit. Salah satu upaya yag bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengurangi aktivitas berat.

Apabila sakit pinggang yang Anda alami tak kunjung sembuh, coba lakukan beberapa tips berikut ini :

  • Atur posisi berdiri yang nyaman di saat melakukan aktivitas berdiri, yaitu posisi tegak, tidak terlalu membungkuk dan tidak terlalu ke belakang
  • Jangan berdiri terus dalam waktu yang lama
  • Atur posisi duduk yang nyaman, yaitu punggung disejajarkan sandaran, jangan terlalu ke belakang
  • Tapakkan kaki di lantai saat Anda sedang duduk
  • Tarik napas panjang, tahan sebentar dalam perut kemudian keluarkan melalui mulut secara perlahan ketika sakit punggung datang
  • Apabila mengambil barang di bawah sebaiknya jangan langsung membungkuk
  • Ikuti program senam ibu hamil bila di daerah Anda ada

8. Mudah lelah
Mudah lelah adalah keluhan ibu hamil yang telah dirasakan sejak sebelum usia 6 bulan. Perubahan hormon dan proses pembentukan metabolisme membuat beberapa 0rgan tubuh bekerja lebih keras sehingga ibu hamil merasa lelah meski tidak banyak beraktivitas. Kelelahan ini membuat ibu hamil mengantuk namun sulit untuk tidur.

9. Kenaikan berat badan

Seiring bertambahnya usia kehamilan, berat badan ibu hamil juga semakin meningkat. Naiknya berat badan bukanlah keluhan ibu hamil 6 bulan yang berbahaya. Namun, jika kenaikan berat badan terlalu berlebihan, sebaiknya lakukan program diet sehat sebagaimana yang telah kami sampaikan pada artikel berjudul program diet sehat ibu hamil.

10. Mual

Mual dan muntah umumnya terjadi pada usia kehamilan trimester pertama dan akan hilang saat kehamilan masuk usia trimester kedua. Namun demikian, ada beberapa ibu hamil yang merasakan mual selama masa kehamilan. Jika Anda masih merasa mual padahal usia kehamilan sudah 6 bulan, sebaiknya konsultsikan kondisi ini ke dokter.

Itulah 10 keluhan ibu hamil 6 bulan dan solusinya. Apabila Anda merasakan keluhan yang tak wajar, sebaiknya jangan menunda untuk konsultasi ke dokter. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top