Awal Kehamilan Normal Ditandai Apa Saja ?

Awal kehamilan adalah masa berat yang harus dilalui oleh semua ibu hamil. Perubahan hormon setelah pembuahan, menimbulkan beberapa keluhan yang cukup berat. Kadang ibu hamil berkehendak ingin mencari obat ke apotek, tapi niat tersebut diurungkan karena khawatir obat yang ia konsumsi dapat membahayakan janin dalam kandungan.

Beberapa keluhan awal kehamilan datang silih berganti, sehingga banyak yang mencari informasi tentang tanda awal kehamilan normal itu seperti apa.

Apabila Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang ingin mengetahui awal kehamilan normal, silakan lanjut membaca artikel ini karena akan dibahas mengenai gejala dan tanda hamil normal.

awal-kehamilan
image from pixabay

Awal Kehamilan Normal


Bercinta dengan pasangan pada masa subur dapat menyebabkan kehamilan. Kehamilan bisa terjadi karena sel telur yang telah matang berhasil dibuahi oleh sel $perm@. Adapun tanda awal kehamilan normal antara lain adalah sebagai berikut :

1. Badan terasa sangat lelah

Tanda kehamilan yang paling banyak diketahui oleh kaum wanita adalah terlambat datang bulan, namun hal itu tidak bisa dijadikan sebagai pedoman terutama bagi yang punya siklus haid tidak teratur.

Kelelahan adalah tanda awal kehamilan normal yang belum banyak diketahui. Banyak orang mengira kalau kelelahan hanya disebabkan karena terlalu capek akan aktivitas harian.

Perubahan hormonal ibu hamil membuat beberapa 0rgan tubuh bekerja lebih berat sehingga badan terasa sangat lelah meski tidak habis melakukan aktivitas. Coba perhatikan apakah kelelahan yang Anda alami dibarengi dengan gejala kehamilan lainnya.

2. Morning sickness


Di awal masa kehamilan, banyak ibu hamil yang mengeluhkan mual disertai muntah (morning sickness). Mual dan muntah ini terjadi bukan karena masuk angin, akan tetapi karena perubahan hormon setelah pembuahan terjadi.

Morning sickness akan terus dialami oleh ibu hamil muda trimester pertama dan akan hilang sendiri setelah kehamilan masuk trimester kedua. Apabila Anda merasa terganggu dengan morning sickness ini, silakan lakukan langkah sederhana untuk meringankan mual muntah (baca : cara mengatasi mual saat hamil muda)

3. Perut mulas


Di awal masa kehamilan, ibu hamil juga merasakan perut mulas. Kondisi ini terjadi karena pada usia kehamilan trimester awal hormon kehamilan mempengaruhi katup diantara kerongkongan dan perut hingga akhirnya membuat perut kembung. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi cemilan sehat sebelum mengkonsumsi makanan berat.

4. Peningkatan suhu tubuh

Tanda awal kehamilan normal berikutnya adalah peningkatan suhu basal tubuh yang disebabkan karena peningkatan hormon. Apabila suhu tubuh Anda meningkat dengan dibarengi beberapa tanda kehamilan yang lain, silakan tes kehamilan pakai test pack untuk memastikan kehamilan. Jika kurang yakin dengan hasil test pack, silakan langsung datang ke dokter atau bidan.

5. Terjadi perubahan pada payud@r@

Di awal kehamilan, ada beberapa bentuk fisik ibu hamil yang mengalami perubahan, salah satunya adalah payud@r@. Wanita yang sedang berbadan dua biasanya mengalami perubahan payud@r@, yaitu payud@r@ menjadi bengkak, lebih empuk dan sensitif terhadap sentuhan. Perubahan payud@r@ ini terus terjadi selama masa kehamilan.

6. Peningkatan berat badan

Pada awal kehamilan, belum ada tanda-tanda peningkatan berat badan, justru berat badan cenderung turun. Namun, seiring bertambahnya usia kehamilan, berat badan ibu hamil akan meningkat dan terus meningkat sampai akhir masa kehamilan. Untuk menghindari kelebihan berat badan, ibu hamil perlu menerapkan program diet sehat ibu hamil.

7. Jerawatan

Jerawatan disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah karena kehamilan. Untuk pembahasan lebih detil terkait jerawatan saat hamil muda, silakan baca penyebab wanita hamil jerawatan.

8. Sering pipis

Jangan heran jika di awal kehamilan, Anda sering merasa ingin pipis meski tidak banyak minum. Kondisi ini disebabkan karena ginjal bekerja lebih keras dibandingkan sebelum hamil. Seiring bertambahnya waktu, ibu hamil akan semakin sering pipis karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang kian membesar.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan normal yang dapat kami tulis. Semoga informasi singkat ini bermanfaat. Jangan lupa bagikan melalui tombol berbagi di bawah artikel. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top