Ciri-Ciri Hamil Minggu Pertama Secara Lengkap

Ciri-ciri hamil minggu pertama mungkin sudah banyak Anda ketahui seperti mual muntah dan terlambat menstruasi. Kedua ciri hamil tersebut banyak diketahui oleh pasangan suami istri, padahal sebenarnya telat datang bulan dan mual muntah bisa saja terjadi arena selain kehamilan. Mual bisa saja disebabkan karena masuk angin dan telat menstruasi bisa juga disebabkan karena masalah hormonal.

Apabila ciri kehamilan sudah muncul, test pack banyak dijadikan sebagai jujugan untuk menguji kehamilan. Apabila test pack menunjukkan dua strip berarti positif hamil, sedangkan test pack yang menunjukkan satu strip berarti tidak hamil.

Ciri hamil pertama maupun hamil kedua, ketiga, keempat dan seterusnya sebenarnya sama saja. Perubahan hormonal yang terjadi pada tubuh ibu hamil menimbulkan beberapa perubahan fisik dan psikis. Namun demikian, ciri kehamilan yang dialami oleh satu orang dan lainnya kadang tidak sama. Hal itu dikarenakan oleh kondisi setiap orang yang berbeda-beda.

ciri-ciri-hamil-minggu-pertama
(foto : pixabay.com)

Ciri Ciri Hamil Minggu Pertama


Pada usia kehamilan minggu pertama, tanda kehamilan masih belum begitu terlihat. Pada awal masa kehamilan, ibu hamil akan menjumpai beberapa perubahan yang sering disebut dengan tanda hamil. Pada pembahasan kali ini, ciri-ciri hamil minggu pertama akan dibagikan menjadi dua poin, yaitu ciri hamil secara fisik dan non fisik.

Ciri Hamil Minggu Pertama Secara Fisik


Ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sel $perma@, tubuh sang ibu akan merespon dengan menghasilkan hormon HCG dan meningkatkan hormon esterogen maupun progesteron. Perubahan hormon itu lah yang akhirnya menimbulkan beberapa perubahan fisik ibu hamil. Di bawah ini adalah beberapa ciri hamil minggu pertama secara fisik.

1. Keluar bercak darah dari jalan lahir

Pada minggu pertama kehamilan, ibu hamil akan menjumpai bercak darah yang keluar dari jalan lahir sebagai akibat dari proses implantasi. Pendarahan implantasi ini sering disebut dengan implantation bleeding. Implantasi adalah suatu proses dimana bakal janin mulai menempel di dinding rahim. Bercak darah tanda kehamilan cenderung lebih sedikit daripada darah haid.

2. Kram perut

Proses implantasi tidak hanya mengakibatkan munculnya bercak darah tetapi juga menimbulkan kram perut ringan yang tidak terlalu menyakitkan. Anda tak perlu takut dengan ciri hamil pertama yang satu ini karena bukan termasuk tanda bahaya kehamilan. Lain halnya ketika kram perut ini dirasakan sangat sakit maka segera saja datang ke dokter untuk memastikan apa penyebab kram perut tersebut.

3. Payud*r* berubah

Salah satu tanda hamil seminggu pertama adalah terjadi perubahan pada payud*r*, yaitu berubah menjadi lebih sensitif, lebih besar dan sesak. Anda juga dapat merasakan empuk pada payud*r* ketika diremas. Tak hanya itu, payud*r* wanita hamil kadang terasa gatal dan area sekitar put!ng terlihat menghitam.

4. Mual disertai muntah

Salah satu ciri hamil minggu pertama yang hampir dialami oleh semua ibu hamil adalah mual dan muntah terutama di pagi hari (morning sickness). Mual dan muntah akan semakin parah ketika ibu hamil mencium aroma menyengat seperti aroma makanan dengan bumbu yang menyengat, aroma parfum (minyak wangi) dan aroma asap rokok.

5. Gampang lelah

Ciri orang hamil muda yang selanjutnya adalah badan terasa gampang lelah dan capek sekali meski tidak habis melakukan aktivitas berat. Wanita hamil yang punya tensi rendah akan merasakan lelah yang lebih berat bahkan bisa pingsan. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan sebaiknya ibu hamil muda memperbanyak istirahat dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Ciri-Ciri Hamil Minggu Pertama Secara Non Fisik


Perubahan hormonal ibu hamil tidak hanya mempengaruhi perubahan fisik tapi juga berpengaruh pada perubahan non fisik. Di bawah ini adalah ciri-ciri hamil minggu pertama secara non fisik :

1. Ngidam makanan tertentu

Ngidam adalah istilah yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ngidam adalah suatu kondisi dimana ibu hamil tiba-tiba ingin makan sesuatu. Makanan yang diidamkan oleh ibu hamil muda terkadang adalah jenis makanan yang tidak umum.

Makanan yang sebelum hamil paling dibenci, kadang malah diidamkan saat hamil muda. Sebagai seorang suami, sudah sepantasnya untuk lebih bijak dalam menuruti makanan yang diinginkan oleh sang istri. Kalau makanan yang diminta sang istri adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil sebaiknya jangan dituruti.

2. Indra penciuman jadi lebih sensitif

Mengiringi keluhan mual dan muntah, biasanya indra penciuman ibu hamil menjadi lebih sensitif. Makanan berbau menyengat, parfum dan asap rokok membuat ibu hamil semakin merasa mual. Bau makanan menyengat yang sebelum hamil sangat disukai, sekarang menjadi sangat dibenci karena menambah parah rasa mual dan ingin muntah.

3. Mengantuk

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa salah satu ciri hamil minggu pertama adalah badan terasa sangat lelah meski tidak banyak beraktivitas. Tak hanya lelah saja yang dirasakan oleh ibu hamil muda tapi juga merasa sering mengantuk.

4. Gelisah

Perasaan gelisah seperti ketika lagi PMS kadang sebagai tanda kehamilan. Perubahan hormon lah yang memicu terciptanya kondisi seperti ini.

Itulah ciri-ciri hamil minggu pertama yang dapat kami tulis. Semoga penjelasan singkat yang kami tulis pada artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top