Ciri Ciri Kehamilan Dini yang Pasti tidak Diragukan Lagi

Ciri-ciri kehamilan dini - Gejala kehamilan memang sudah terlihat sejak awal masa kehamilan. Perubahan hormonal yang dialami oleh ibu hamil menimbulkan beberapa perubahan fisik dan psikis sebagai tanda-tanda kehamilan minggu pertama. Namun demikian, tidak semua ibu hamil menyadari adanya ciri kehamilan dini yang ia alami.

Salah satu efek perubahan hormon yang diduga sebagai tanda kehamilan adalah perubahan mood yang membuat suasana hati ibu hamil tidak menentu, kadang merasa susah, marah dan khawatir secara berlebihan.

Beberapa wanita merasa kecewa karena gejala yang diduga sebagai tanda kehamilan ternyata itu adalah tanda menstruasi akan datang dengan bukti hasil test pack menunjukkan hasil negatif.

ciri-ciri-kehamilan-dini
(foto : pixabay.com)

Ciri-Ciri Kehamilan Dini


Agar mantap dan tidak ragu terhadap gejala yang saat ini sedang Anda alami, silakan simak penjelasan tentang tanda kehamilan berikut ini :

1.Telat menstruasi

Pada bulan pertama kehamilan, wanita hamil pasti mengalami telat haid. Coba tunggu beberapa hari dari jadwal menstruasi rutin Anda, kalau ternyata menstruasi tak kunjung datang, kemungkinan Anda sedang hamil. Namun demikian, jangan terlalu yakin kalau Anda hamil hanya gara-gara telat datang bulan karena telat haid bisa saja terjadi karena faktor selain kehamilan.

2. Perubahan pada put!ng

Salah satu ciri-ciri kehamilan dini yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah perubahan pada bagian put!ng ketika kehamilan telah masuk pada usia 2 hingga 3 minggu pertama. Anda bisa melihat warna puting dan sekitarnya yang cenderung terlihat gelap dengan dibarengi rasa nyeri dan sakit. Salah satu usaha agar put!ng tidak terlalu nyeri, pilihlah pakaian yang mudah menyerap keringat.

3. Morning sickness


Masuk pada usia kehamilan awal, seorang wanita akan merasakan mual dan muntah terutama di pagi hari. Morning sickness biasa terus terjadi pada usia kehamilan muda trimester pertama dan akan berakhir ketika kehamilan masuk pada usia trimester kedua. Meski namnaya morning sickness namun beberapa ibu hamil mengalami morning sickness tidak hanya di pagi hari.

4. Kram perut

Jangan heran jika Anda sering merasakan kram perut di awal masa kehamilan. Kram perut ini disebabkan karena peregangan otot rahim seiring dengan perkembangan janin. Bertambahnya usia kehamilan membuat ibu hamil semakin sering merasakan kram perut. Jika Anda merasa khawatir dengan keadaan ini, silakan konsultasi ke dokter.

5. Bercak darah

Keluarnya bercak darah melalui jalan lahir juga termasuk ciri-ciri kehamilan dini. Bercak darah tanda kehamilan ini cenderung berwarna merah muda, berbeda dengan darah haid yang umumnya berwarna merah kehitaman. Pendarahan ringan yang terjadi di awal kehamilan biasanya hanya berlangsung 2 atau 3 hari saja, namun ada juga yang lebih dari itu. Penjelasan detil tentang bercak darah kehamilan bisa Anda baca bercak darah tanda kehamilan berapa banyak dan berapa lama ?

6. Perut kembung

Pada awal kehamilan, sering kali ibu hamil mengalami perut kembung. Memang, perut kembung tidak selamanya disebabkan karena kehamilan namun jika perut kembung yang Anda alami dibarengi dengan tanda kehamilan lain bisa jadi Anda sedang hamil muda. Jika Anda merasa terganggu dengan kondisi ini, silakan baca cara mengatasi perut begah (kembung) saat hamil.

7. Sering pipis

Peningkatan hormon ibu hamil menyebabkan beberapa reaksi yang tidak seperti biasa, salah satunya adalah menjadi sering pipis. Sejak awal masa kehamilan, ibu hamil harus bolak-balik ke kamar kecil untuk buang air kecil. Seiring bertambahnya usia kehamilan, ibu hamil semakin sering merasa ingin pipis karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang kian membesar.

8. Keputihan

Peningkatan hormon progesteron ibu hamil dapat menyebabkan keputihan yang cukup banyak. Pada dasarnya keputihan merupakan salah satu ciri kehamilan dini yang normal, namun Anda harus tetap waspada karena keputihan bisa saja terjadi karena masalah serius. Informasi selengkapnya silakan baca artikel berjudul ciri keputihan tanda hamil atau menstruasi ?

9. Rasa logam di mulut

Selain menyebabkan keputihan dan beberapa tanda kehamilan yang lain, peningkatan hormon ibu hamil juga bisa menimbulkan rasa tak nyaman di mulut, yaitu rasa logam di mulut hingga sering merasa ingin muntah. Apabila gejala hamil ini dibarengi dengan demam dan pusing yang tak kunjung henti, silakan segera konsultasi ke dokter.

10. Tidur tak nyaman


Sejak awal masa kehamilan, ibu hamil akan merasakan tidur tak nyaman karena di saat itu muncul berbagai macam keluhan kehamilan. Bertambahnya usia kehamilan justru membuat ibu hamil semakin tak bisa tidur nyenyak karena perut semakin membuncit dan banyak keluhan yang datang silih berganti. Untuk mengatasi masalah ini, silakan pilih POSISI tidur

Itulah 10 ciri ciri kehamilan dini yang dapat kami tulis. Silakan segera datang ke dokter jika ada keluhan kehamilan yang terasa tidak wajar. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top