Ciri Fisik Awal Kehamilan yang Sering Terjadi

Ciri fisik awal kehamilan biasanya mulai terlihat sejak minggu awal kehamilan. Perubahan fisik di awal masa kehamilan lazimnya terjadi pada beberapa bagian tubuh meski belum terlihat secara jelas. Mungkin Anda mengira bahwa perubahan tersebut bukan sebagai tanda hamil karena memang belum begitu terlihat jelas.

Beberapa orang kurang mengerti terhadap tanda-tanda awal kehamilan, mereka hanya melihat sekilas terhadap gejala kehamilan awal yang dialami sehingga tanda kehamilan yang muncul dikira bukan sebagai tanda kehamilan.

Memang sulit untuk menentukan kehamilan dengan melihat perubahan fisik saja, terutama pada minggu awal kehamilan. Namun, semakin banyak Anda jumpai perubahan fisik tanda kehamilan berarti semakin kuat dugaan kehamilan yang Anda alami.

ciri-fisik-awal-kehamilan
(foto : pixabay.com)

Sebagai kaum hawa, sudah sepantasnya untuk memiliki pengetahuan tentang kehamilan. Kalau sudah memiliki pengetahuan tentang kehamilan maka suatu saat kalau hamil bisa diketahui sejak dini sehingga dapat segera merawat kehamilan dengan benar.

Ciri Fisik Awal Kehamilan


Kehamilan adalah anugerah luar biasa yang diberikan kepada pasangan suami istri. Namun, banyak terjadi pasangan suami istri baru mengetahui kehamilannya setelah sebulan atau lebih.

Hal itu bisa terjadi karena masih banyak masyarakat yang minim pengetahuan tentang ciri fisik awal kehamilan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kamu akan memberikan informasi terkait dengan tanda dan ciri ciri awal kehamilan muda.

1. Payud*ra lembut dan bengkak

Salah satu tanda fisik wanita hamil muda adalah terjadinya perubahan pada bagian payud*ra, yaitu menjadi lebih besar, lembut dan sensitif terhadap sentuhan. Jangan kaget kalau payud*ra tersentuh kain bra saja rasanya sudah tidak nyaman.

Selain terjadi perubahan pada payud*ra, Anda juga dapat melihat perubahan pada area sekitar puting yang terlihat lebih gelap dan kadang dibarengi dengan rasa gatal.

2. Perubahan bentuk tubuh

Tanda dan gejala kehamilan yang selanjutnya adalah perubahan pada beberapa anggota tubuh seperti bagian perut, b0kong, payud*ra, paha dan lengan. Beberapa anggota badan tersebut terlihat lebih besar daripada biasanya. Beberapa orang mengira bahwa membengkaknya bagian tubuh tersebut bukan sebagai pertanda kehamilan karena memang gejala tersebut bisa disebabkan karena faktor lain.

3. Sering buang air kecil

Ciri fisik awal kehamilan yang berikutnya adalah ibu hamil merasa lebih sering ingin pipis daripada biasanya. Apakah gejala ini muncul kraena ibu hamil terlalu banyak minum ? mungkin begitu, ciri hamil ini disebabkan karena itu namun secara umum penyebab sering pipis ini adalah karena perubahan hormonal.

4. Mudah lelah

Kelelahan adalah salah satu perubahan fisik yang menjadi ciri fisik awal kehamilan dengan dibarengi keinginan untuk bermalas-malasna di kamar tidur. Hal ini disebabkan karena perubahan hormonal ibu hamil yang membuat beberapa 0rgan tubuh bekerja lebih keras. Dengan demikian, tubuh akan lebih mudah lelah meski tidak banyak melakukan aktivitas.

5. Morning sickness

Morning sickness (mual muntah) adalah ciri fisik kehamilan yang banyak dialami oleh wanita hamil. Morning sickness ini terjadi karena peningkatan hormon ibu hamil. Meski dinamakan dengan morning sickness namun mual muntah ini kadang terjadi tidak hanya di pagi hari, bahkan ada yang sepanjang hari sering merasa mual. Mual muntah adalah tanda hamil muda yang tergolong normal, Anda tak perlu takut.

6. Terlambat menstruasi


Selain 5 tanda kehamilan tersebut, ada ciri fisik awal kehamilan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat yaitu telat datang bulan. Wanita dengan siklus haid teratur akan segera mengetahui kalau dirinya telat datang bulan, namun bagi wanita yang siklus haidnya tidak lancar tentu tidak dapat ditentukan apakah ia telat haid atau tidak.

Tips Menjaga Awal Kehamilan


Sebagai pasangan suami istri, kita tidak hanya perlu mengetahui ciri fisik awal kehamilan saja tetapi harus tahu bagaimana cara menjaga dan merawat kehamilan dengan baik. Dengan mengetahui cara merawat kehamilan yang benar, kita tidak bingung harus melakukan apa untuk kebaikan sang buah hati. Di bawah ini adalah beberapa tips menjaga kehamilan agar sehat dan normal :

  • Jalani pola hidup sehat
  • Terapkan pola makan sehat
  • Cukupi kebutuhan asupan nutrisi
  • Jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga
  • Periksa kehamilan secara rutin ke dokter / bidan
  • Hindari segala hal yang dilarang untuk ibu hamil
  • Tidak merokok dan minum minuman keras

Usia awal kehamilan sangat rentan terhadap beberapa masalah kehamilan dan keguguran. Untuk itu, jika  ciri fisik awal kehamilan sudah ada pada diri Anda sebaiknya segera lakukan tes kehamilan pakai test pack atau langsung periksa ke dokter. Jika Anda benar-benar hamil, silakan jaga kehamilan dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat, salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top