Ciri Fisik Wanita Hamil 1 Bulan yang Pasti Sering Terjadi

Ciri fisik wanita hamil 1 bulan - Kehamilan adalah momen bahagia yang sangat diharapkan kehadirannya oleh setiap pasutri. Sayang, tak semua pasangan suami istri memperoleh kehamilan dengan cepat, ada yang harus menunggu sampai lama. Ketika kehamilan sudah Anda dapat, kebahagiaan terasa semakin hangat, terlebih lagi kalau Anda hidup di lingkungan yang menyenangkan.

Ketika lingkungan sangat mendukung kehamilan Anda maka menjalani kehamilan rasanya begitu ringan dan hati sangat gembira meskipun bentuk fisik mengalami perubahan.

Sayang, beberapa ibu hamil merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri karena perubahan fisik yang ia alami. Sebenarnya, perubahan fisik adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada wanita hamil sehingga tidak perlu disesali. Sebenarnya, ibu hamil kalau bisa memilih gaya busana yang cocok maka perubahan fisik tetap membuatnya tampil cantik. (baca : tips hamil berhijab tetap tampil cantik dan modis)

ciri-wanita-hamil-1-bulan
(foto : pixabay.com)

Perubahan Fisik Wanita Hamil 1 Bulan


Pada usia kehamilan 1 bulan, ada beberapa perubahan fisik yang sudah mulai muncul. Memang, ukuran perut ibu hamil sebulan belum terlihat ada perubahan, namun pada beberapa anggota tubuh terlihat ada perubahan-perubahan.

Perubahan fisik wanita hamil  1 bulan bukan termasuk masalah kehamilan yang berbahaya, namun termasuk tanda hamil normal. Lantas, apa saja perubahan fisik ibu hamil 1 bulan itu ? antara lain adalah sebagai berikut.

Payud*ra membesar

Salah satu perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil usia satu bulan adalah terjadinya perubahan pada bagian payud*ra. Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil dapat menimbulkan beberapa dampak, salah satunya adalah perubahan pada bagian payud*ra.

Wanita hamil muda biasanya menjumpai perubahan payud*ra yaitu menjadi lebih lembut, besar dan sesak. Selain itu, payud*ra juga menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan.

Areola menghitam

Selain bagian payud*ra, areola (area sekitar put!ng) ibu hamil juga mengalami perubahan yaitu menjadi terlihat gelap. Menghitamnya areola ini kadang dibarengi dengan rasa gatal-gatal yang membuat ibu hamil tidak nyaman. Agar tidak terjadi kerusakan kulit, sebaiknya jangan sering menggaruk areola meski sering gatal.

Selain kedua perubahan fisik wanita hamil 1 bulan tersebut, ada beberapa gejala yang diyakini sebagai tanda kehamilan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Morning sickness

Morning sickness adalah tanda hamil muda yang sangat lazim dialami oleh ibu hamil. Sesuai dengan namanya, morning sickness adalah salah satu keluhan hamil muda dimana ibu hamil mengalami mual disertai muntah terutama di waktu pagi.

Morning sickness setiap ibu hamil berbeda-beda, ada yang ringan, sedang dan ada yang sampai parah. Ada juga ibu hamil yang tidak mengalami morning sickness selama masa kehamilan. (baca : hamil muda tidak mual sama sekali, normalkah ?)

2. Telat datang bulan

Terlambat menstruasi adalah tanda hamil muda yang paling banyak diketahui oleh kaum wanita. Umumnya, seorang wanita bau menyadari kalau dirinya hamil setelah terlambat datang bulan. Meski sebelumnya sudah muncul beberapa gejala kehamilan tapi gejala hamil tersebut hanya dikira sebagai masuk angin biasa.

Tak dipungkiri, ketika wanita telah hamil maka siklus haid yang biasanya rutin terjadi tiap bulan kini telah terhenti. Namun, perlu kami sampaikan bahwa sebenarnya telat datang bulan itu bisa saja disebabkan karena faktor selain kehamilan. Jadi, jangan langsung mengambil kesimpulan hamil hanya gara-gara telat datang bulan.

3. Sering keputihan

Keputihan bisa terjadi kepada semua wanita, baik yang sedang hamil maupun yang tidak hamil. Keputihan adalah respon tubuh secara alami untuk menjaga kebersihan 0rgan vital.

Memang keputihan biasa terjadi pada semua wanita namun berbeda dengan ibu hamil yang cenderung lebih sering mengalami keputihan. Hati-hati ! karena ada keputihan sebagai tanda bahaya. Silakan baca ciri keputihan tanda hamil atau menstruasi ?

4. Ngidam

Jangan heran jika istri Anda ngidam saat hamil karena ngidam adalah hal yang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Makanan yang diinginkan oleh ibu hamil kadang terlihat aneh, makanan yang dulu sangat dibenci kadang malah diinginkan. Silakan turuti saja apa yang diinginkan oleh sang istri, asalkan makanan yang diinginkan bukan termasuk pantangan makanan saat hamil.

5. Badan lelah

Perubahan hormon ibu hamil membuat badannya sering terasa lelah meski tidak habis bekerja. Hal ini dipengaruhi karena peningkatan hormon progesteron yang membuat beberapa 0rgan ibu hamil bekerja lebih optimal sehingga ibu hamil mudah lelah walaupun tidak habis beraktivitas. Agar badan tidak terlalu lelah, silakan atur jam istirahat Anda dengan sebaik-baiknya.

Demikian ulasan penjelasan tentang ciri fisik wanita hamil 1 bulan. Semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan banyak manfaat bagi semua pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top