Ciri Hamil Muda 1 Minggu yang Sangat Akurat

Ciri hamil 1 minggu - Ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sel $perm@, kehamilan pun akan segera terjadi. Pada awal masa kehamilan, ibu hamil akan merasakan kondisi yang sangat tidak nyaman. Hal itu dipengaruhi oleh perubahan hormon sebagai respon tubuh terhadap kehadiran makhluk baru di dalam tubuhnya.

Perlu waktu yang tak sebentar untuk menyesuaikan keadaan, hingga akhirnya ibu hamil bisa menjalani kehamilan dengan nyaman. Kehamilan perlu segera diketahui oleh setiap pasangan suami istri.

Kenapa demikian ? karena kehamilan yang sudah diketahui sejak dini akan segera mendapat perawatan yang baik dan terhindar dari segala macam aktivitas yang membahayakan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalaihamil.com akan menyampaikan informasi terkait ciri hamil muda pada minggu awal.

ciri-hamil-muda-1-minggu
(foto : pixabay.com)

Ciri Hamil Muda 1 Minggu


Beberapa hari setelah proses pembuahan, ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan baik perubahan secara fisik maupun non fisik. Apabila tanda kehamilan telah muncul, silakan lakukan tes kehamilan pakai test pack. Dengan begitu, Anda bisa mengenali kehamilan secara akurat. Adapun ciri hamil muda 1 minggu antara lain adalah sebagai berikut.

1. Payud*ra mengelami perubahan

Di awal  masa kehamilan, hormon progesteron dan esterogen ibu hamil mengalami peningkatan yang sangat cepat. Hal ini lah yang membuat payud*ra ibu hamil mengalami perubahan, yaitu menjadi lebih lembut dan sedikit membengkak. Perubahan payud*ra ini biasanya mulai terasa pada usia kehamilan 1 hingga dua minggu dan akan terus berlangsung selama masa kehamilan.

2. Pendarahan ringan

Ciri hamil muda 1 minggu yang berikutnya adalah terjadi pendarahan ringan yang keluar melalui jalan lahir. Pendarahan ini disebabkan karena proses menempelnya janin pada dinding uterus (implantasi). Pendarahan ini sangat berbeda dengan menstruasi, namun orang awam masih mengiranya sebagai darah haid. Bercak darah tanda hamil terjadi sangat ringan dan tidak dibarengi dengan kram perut hebat. Info lebih detil bisa Anda baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

3. Badan begitu lelah

Hampir semua ibu hamil merasakan kondisi yang sama ketik hamil muda, yaitu badan terasa sangat lelah. Kelelahan ini adalah respon tubuh secara alami terhadap kehadiran janin dalam kandungan. Kelelahan juga disebabkan karena peningkatan hormon progesteron setelah pembuahan berhasil terjadi. Kelelahan ini biasanya dibarengi dengan gejala lain seperti detak jantung semakin cepat dan tubuh gemetaran. Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil disarankan untuk banyak istirahat dan banyak mengkonsumsi makanan bergizi.

4. Frekuensi BAK meningkat


Sering BAK adalah salah satu ciri hamil muda 1 minggu yang cukup mengganggu kenyamanan. Pada usia kehamilan trimester kedua, frekuensi BAK ibu hamil akan semakin meningkat karena janin sudah semakin besar hingga menekan kandung kemih ibu. Ketika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya tidak usah menahan kencing karena dapat menyebabkan sakit akibat infeksi saluran kemih.

5. Mual dan susah makan

Peningkatan hormon progesteron ibu hamil membuat tubuhnya terasa tidak nyaman. Salah satu ketidaknyamanan ibu hamil di awal masa kehamilan adalah perut mual dan tidak mau dimasuki makanan. Perut mual adalah tanda kehamilan yang wajar dialami oleh setiap ibu hamil, namun kalau mual ini terjadi secara berlebihan hingga perut tidak mau dimasuki makanan, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

6. Mood mudah berubah

Peruahan hormon yang terjadi pada ibu hamil berpengaruh pada mood ibu hamil sehingga ibu hamil mudah menjadi sedih, marah dan gembira. Kadang ibu hamil terlihat sangat aneh karena perubahan mood ini terjadi secara tiba-tiba tanpa ada suatu masalah. Ciri hamil muda 1 minggu yang satu ini tergolong sangat wajar sehingga tidak butuh obat apapun untuk menyembuhkannya. Perhatian pasangan sangat penting dalam menghadapi perubahan mood istrinya yang sedang hamil. (silakan baca : kewajiban suami ketika istri hamil)

7. Kepala pusing


Peningkatan hormon progesteron membuat pembuluh darah ibu hamil membesar sehingga aliran darah menjadi lebih deras dan membuat tekanan darah menurun. Menurunnya tekanan darah dalam waktu cepat ini lah yang membuat kepala ibu hamil terasa pusing. Pusing tidak selamanya disebabkan karena kehamilan, untuk itu bedakan antara pusing karena sakit dan pusing karena kehamilan. (silakan baca : pusing tanda kehamilan seperti apa ?)

8. Pingsan

Ciri hamil muda yang satu ini masih ada kaitannya dengan pusing hamil muda, yaitu pingsan yang disebabkan karena sakit kepala terlalu berat. Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat ibu hamil pingsan seperti karena sakit kepala, tekanan darah rendah, darah rendah (hipotensi), badan lemas, kurang asupan makanan dan lainnya. Salah satu uaya untuk mencegah pingsan saat hamil adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dan nutrisi tubuh.

9. Areola menghitam

Tanda hamil satu minggu yang selanjutnya adalah areola (area sekitar put!ng ) terlihat menghitam. Lingkaran hitam di areola ini tergolong respon alami tubuh untuk mempersiapkan ASI. Lingkaran hitam di area put!ng ini biasa dibarengi dengan perubahan payudar*, yaitu menjadi lembut, besar dan sensitif terhadap sentuhan. Apabila payudar* terasa sangat tidak nyaman, sebaiknya hindari pemakaian bra yang terlalu ketat.

10. Sembelit

Beberapa ibu hamil muda juga mengalami masalah susah BAB atau sembelit. Sembelit yang terjadi pada ibu hamil muda ini disebabkan karena kenaikan hormon yang cukup drastis. Peningkatan hormon esterogen dan progesteron membuat usus besar lambat dalam memproses makanan sehingga ibu hamil mengalami sembelit. Untuk mengatasi masalah ini, silakan konsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan selengkapnya silakan baca cara mengatasi BAB pada ibu hamil.

11. Suhu basal tubuh naik

Kenaikan suhu basal tubuh merupakan salah satu ciri hamil muda 1 minggu yang jarang diperhatikan. Kenaikan suhu basal tubuh terjadi pada usia kehamilan satu sampai dua minggu pertama. Anda tidak perlu takut dengan keadaan ini karena termasuk tanda hamil yang sangat normal. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan.

12. Tidak ada tanda mau haid

Sebagaimana kita ketahui bahwa kehamilan itu pasti ditandai dengan terlambat datang bulan. Oleh karena itu, pada usia kehamilan satu bulan pertama tidak akan terlihat tanda-tanda mau haid. Tanda mau haid memang tidak muncul, namun tanda hamil muda sangat mirip dengan tanda PMS sehingga beberapa ibu hamil mengira bahwa ia mau haid padahal sedang hamil. (silakan baca : contoh perbedaan haid dan hamil)

13. Ngidam

Ngidam adalah suatu kondisi dimana ibu hamil sangat menginginkan makanan tertentu. Makanan yang diinginkan oleh ibu hamil biasanya adalah makanan kecut, gurih, manis dan asin. Makanan yang diidamkan oleh ibu hamil sebaiknya dituruti selama bukan makanan yang menjadi pantangan kehamilan. Kalau yang diidamkan adalah makanan yang dapat membahayakan kehamilan sebaiknya tidak usah dituruti.

14. Rasa logam pada mulut

Salah satu ciri hamil muda 1 minggu adalah rasa logam di mulut yang disebabkan karena peningkatan hormon progesteron dan esterogen. Kondisi ini membuat ibu hamil sering meludah, perut terasa mual dan muntah. Keluhan ini biasa terjadi selama trimester pertama kehamilan dan akan hilang dengan sendirinya setelah masuk pada usia kehamilan trimester kedua.

15. Sensitif terhadap bau

Jangan kaget kalau sekarang indra penciuman Anda menjadi sangat sensitif terhadap bau menyengat. Aroma makanan berbumbu menyengat, aroma parfum dan asap rokok membuat ibu hamil mual dan muntah. Anda tak perlu panik dengan keadaan ini karena akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Itulah 15 ciri hamil muda 1 minggu yang dapat kami tulis. Ketika tanda kehamilan tersebut telah muncul, silakan lakukan tes kehamilan dengan alat test pack. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top