Ciri Hamil Seminggu Lengkap dan Akurat

Informasi tentang ciri hamil seminggu sering kali dicari oleh para ibu hamil. Terlebih lagi bagi pasangan suami istri yang telah lama menikah dan belum segera diberi momongan. Selain mengobati rasa penasaran, ciri hamil seminggu perlu diketahui oleh wanita yang telah menikah untuk segera dapat melakukan perawatan yang tepat terhadap kehamilannya.

Pada usia kehamilan seminggu, ibu hamil belum begitu menampakkan tanda yang jelas tentang kehamilannya. Beberapa ibu hamil mengira kalau tanda kehamilannya adalah tanda mau haid karena memang gejalanya sangat mirip.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan membahas informasi tentang ciri hamil seminggu setelah satu minggu secara lengkap. Setelah tanda kehamilan ini muncul, sebaiknya lakukan tes kehamilan dengan test pack agar kesimpulan Anda lebih akurat.

ciri-hamil-seminggu
(foto : pixabay.com)

Ciri Hamil Seminggu Setelah Bercinta


Beberapa wanita tidak sadar kalau dirinya sedang hamil, terutama mereka yang tidak menjalankan program hamil. Mengetahui kehamilan sejak dini sangat penting, mengingat kehamilan muda tidak boleh diperlakukan sembarangan.

Ketika test pack telah menunjukkan positif hamil maka Anda harus segera menjaga kehamilan dengan baik, atur pola makan, tidak melakukan aktivitas extreme dan hindari kebiasaan yang membahayakan kehamilan. Lantas, apa saja tanda hamil seminggu itu ? antara lain adalah sebagai berikut :

1.Bercak darah

Bercak darah tanda kehamilan akan keluar dari jalan lahir akibat proses implantasi (menempelnya embrio pada dinding rahim). Implantasi biasa terjadi pada hari ke 6-10 setelah proses pembuahan. Beberapa ibu hamil mengira ini adalah menstruasi biasa padahal sebenarnya bercak darah tanda kehamilan ini berbeda dengan darah haid.

2. Mual dan muntah

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil mengakibatkan beberapa dampak yang tidak seperti biasa, salah satunya adalah mual dan muntah. Mual dan muntah ciri hamil seminggu yang wajar dan hampir terjadi pada semua ibu hamil. Mual muntah tanda kehamilan ini akan terus terjadi selama masa kehamilan trimester pertama dan akan segera hilang ketika sudah memasuki usia trimester kedua.

3. Kram Perut

Proses implantasi yang dialami oleh ibu hamil tidak hanya mengakibatkan keluar bercak darah, tapi juga menimbulkan kram perut ringan di bagian bawah. Kram perut tanda kehamilan ini hanya ringan dan tidak terjadi terus-terusan. Kalau kram perut yang Anda alami sangat sakit dan tak kunjung hilang, sebaiknya segera tanyakan ke dokter.

4. Mudah lelah

Mudah lelah adalah salah satu ciri hamil seminggu yang sering tidak disadari oleh ibu hamil. Banyak ibu hamil yang mengira kelelahan tersebut disebabkan karena kecapekan biasa, bukan karena hamil.

Perlu Anda ketahui bahwa di awal masa kehamilan, ibu hamil cenderung merasakan letih dan lelah karena pengaruh meningkatnya hormon progesteron. Peningkatan hormon progesteron membuat beberapa 0rgan ibu hamil bekerja lebih keras sehingga ibu hamil sering merasakan kelelahan meski tidak habis beraktivitas berat.

5. Mood mudah berubah

Perubahan suasana hati juga sering dialami oleh ibu hamil sejak usia kehamilan masih sangat dini sehingga bisa dimasukkan dalam kategori ciri / tanda hamil seminggu. Perubahan hormon lah yang disebut-sebut sebagai pemicu terjadinya perubahan mood. Perubahan mood ini sangat mirip dengan gejala mau haid sehingga beberapa ibu hamil mengira sebagai tanda akan menstruasi.

6.Frekuensi BAK meningkat

Salah satu tanda hamil 1 minggu yang sering dialami oleh ibu hamil adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal ini disebabkan karena 0rgan ginjal bekerja lebih keras daripada sebelum hamil. Bertambahnya usia kehamilan membuat ibu hamil semakin sering merasa ingin pipis karena kandung kemih semakin tertekan oleh rahim yang kian membesar.

7. Susah BAB

Perubahan hormon ibu hamil membuat kerja usus melambat sehingga ibu hamil muda sering mengalami sembelit atau sudah BAB. Sembelit adalah salah satu ciri kehamilan seminggu dan akan terus berlanjut selama masa kehamilan. Sembelit adalah tanda kehamilan normal namun cukup mengganggu kenyamanan. Untuk mengatasi masalah ini silakan baca cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

8. Payud@ra berubah

Perubahan hormon ibu hamil menimbulkan banyak keluhan yang tidak biasa dialami sebelum hamil, salah satunya adalah perubahan payudar@. Sebagai gejala awal kehamilan, payudar@ ibu hamil berubah menjadi lebih besar, lembut, sesak dan nyeri. Tak hanya itu, payudar@ ibu hamil juga menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan.

9. Warna put!ng jadi gelap

Tak hanya perubahan payudar@, salah satu ciri hamil seminggu yang selanjutnya adalah perubahan pada areola (area sekitar put!ng) yang terlihat menjadi lebih gelap. Selain berubah jadi gelap, beberapa ibu hamil juga merasakan gatal di bagian areola. Sebaiknya jangan menggaruk-garuk bagian ini meski sering terasa gatal karena akan meninggalkan bekas yang tak gampang hilang.

10. Indra penciuman sensitif

Tanda hamil 1 minggu yang kerap dikeluhkan adalah perubahan sensitifitas indra penciuman. Jangan kaget di saat hamil muda anda merasa ingin muntah saat mencium bau makanan menyengat. Meskipun sebelum hamil Anda suka dengan makanan beraroma menyengat namun setelah hamil makanan tersebut justru dapat menyiksa karena menambah mual muntah.

Demikian ulasan singkat terkait ciri hamil seminggu yang akurat dan lengkap. Setelah ciri hamil tersebut muncul, silakan lakukan tes kehamilan guna memastikan kehamilan Anda. Sekian, semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top