Contoh Macam Macam Gangguan Kehamilan yang Wajib Diketahui

Contoh macam-macam gangguan kehamilan - Pasangan suami istri tentu sangat berbahagia ketika hasil positif mendapat kehamilan. Kehamilan sehat dan normal sangat diharapkan oleh semua pasangan suami istri, pasalnya hamil sehat dapat menghantarkan persalinan yang normal. Sebaliknya, kehamilan abnormal sangat ditakuti oleh pasangan suami istri karena dapat mengancam keselamatan nyawa ibu dan janin.

Agar kehamilan berjalan normal, kita wajib melakukan perawatan kehamilan sesuai dengan petunjuk dari dokter. Periksa kehamilan secara rutin sangat lah diperlukan untuk mendeteksi adanya gangguan kehamilan sejak dini.

Dengan mengetahui gangguan kehamilan sejak dini diharapkan kehamilan bisa berjalan dengan lancar. Lantas, apa saja gangguan kehamilan itu ? Untuk pembahasan lebih lanjut silakan baca artikel ini sampai selesai.
 contoh-macam-macam-gangguan-kehamilan
(foto : pxhere.com)

Contoh Macam Macam Gangguan Kehamilan


Macam-macam gangguan kehamilan dapat terdeteksi ketika Anda memeriksakan kehamilan ke dokter atau bidan. Ada banyak masalah kehamilan yang dialami oleh wanita mengandung, dokter akan menjelaskan kepada Anda setiap kali melakukan periksa kehamilan.

Faktor Penyebab Masalah kehamilan


Berbagai macam masalah kehamilan yang dirasakan oleh ibu hamil disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu diketahui oleh setiap wanita hamil. Setelah mengetahui faktor penyebab gangguan kehamilan maka dapat dihindari sesegera mungkin. Adapun faktor penyebab gangguan kehamilan antara lain adalah sebagai berikut

I. Faktor internal


Faktor internal yang dapat menyebabkan gangguan kehamilan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Penyakit


Penyakit yang diderita oleh ibu hamil bisa menyebabkan gangguan kehamilan. Ada beberapa kasus yang mengharuskan ibu hamil untuk menggugurkan kandungan karena penyakit yang diderita bisa mengancam nyawanya. Adapun penyakit yang dapat menyebabkan masalah kehamilan serius antara lain adalah sakit jantung, kista, darah tinggi dan lain-lain.

2. Pikiran stress

Pikiran stress dapat menyebabkan gangguan kehamilan, maka seberat apapun masalah Anda sebaiknya dihadapi dengan rileks dan tidak sampai stress. Coba berlatih untuk mengendalikan emosi dan tenangkan pikiran Anda. Informasi lebih lengkap tentang akibat stress bisa Anda baca pada artikel berjudul akibat stress pada ibu hamil dan janin.

3. Hamil anggur


Hamil anggur sebenarnya bukan gangguan kehamilan, melainkan kelainan kehamilan dimana kantung kehamilan berhasil terbentuk namun janin tidak bisa berkembang. Penjelasan terkait tanda hamil anggur bisa Anda baca ciri hamil anggur dan penyebabnya.

II. Faktor eksternal


Selain faktor internal, gangguan kehamilan juga dapat disebabkan karena faktor eksternal antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kurang asupan nutrisi


Selama kehamilan berlangsung, ibu hamil harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dengan cara mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil. Kekurangan asupan nutrisi tidak hanya mempengaruhi perkembangan janin tapi juga mempengaruhi kesehatan ibu. Ibu hamil yang kekurangan gizi bisa berakibat pada kurangnya berat badan bayi saat lahir.

2. Kecelakaan


Kecelakaan adalah faktor eksternal yang dapat menyebabkan gangguan kehamilan bahkan keguguran. Kecelakaan yang sering dialami ibu hamil antara lain adalah tergelincir, terjatuh, terbentur dan lain-lain.

3. Bakteri dan virus

Ibu hamil harus selalu waspada terhadap bakteri dan virus yang bisa membahayakan kehamilan. Macam-macam gangguan kehamilan akan muncul jika ibu hamil terkena serangan bakteri dan virus. Untuk mencegah terjadinya masalah kehamilan akibat bakteri dan virus sebaiknya konsumsi makanan yang bersih, hindari kontak langsung dengan hewan piaraan dan tidak mengkonsumsi makanan mentah.

4. Konsumsi obat-obatan

Ibu hamil tidak diperkenankan mengkonsumsi obat secara sembarangan. Apabila sakit, segera hubungi dokter untuk memberikan resep obat yang aman bagi kehamilan. Ibu hamil yang sering mengkonsumsi obat-obatan kimia tanpa resep dokter bisa menyebabkan masalah kehamilan yang bisa menyebabkan masalah kehamilan bahkan keguguran.

Tips Menghindari Macam Macam Gangguan Kehamilan


Untuk menghindari contoh macam macam kehamilan, ibu hamil perlu menerapkan tips sederhana antara lain adalah sebagai berikut :

  • Jaga pola makan, terutama di saat usia kehamilan muda dimana saat itu ibu hamil sering mengalami mual dan muntah
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Jaga kebersihan agar terhindar dari virus dan bakteri berbahaya
  • Tenangkan pikiran dan hindari stress
  • Istirahat cukup dan jangan melakukan aktivitas berat
  • Olahraga ringan secara rutin
  • Jangan sembarangan minum obat
  • Hindari daging dan telur mentah atau setengah matang
  • Hindari ikan yang mengandung merkuri

Demikian ulasan terkait contoh macam-macam gangguan kehamilan serta beberapa faktor penyebabnya. Jangan lupa share jika menurut Anda bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top