Keluhan Ibu Hamil 8 Bulan dan Solusinya

Keluhan ibu hamil 8 bulan - Usia kehamilan 8 bulan adalah masa akhir kehamilan dimana pasangan suami istri seakan tak sabar untuk segera menimang sang buah hati. Di usia ini, perut ibu hamil sudah kelihatan sangat besar, seakan bayi sudah mau lahir. Namun, jangan kaget kalau di trimester akhir kehamilan ini banyak keluhan yang berdatangan.

Tantangan yang dihadapi oleh ibu hamil 8 bulan tidak semakin ringan. Tak hanya rasa lelah, susah tidur, sudah gerak dan sesak napas, tapi di usia ini ibu hamil juga mengalami sakit perut di bagian bawah.

Sakit perut bagian bawah adalah keluhan kehamilan 8 bulan yang wajar dialami oleh setiap wanita, bukan termasuk keluhan yang berbahaya. Untuk lebih jelasnya silakan lanjut membaca artikel ini sampai selesai.

keluhan-ibu-hamil-8-bulan
(foto : pixabay.com)

Keluhan Ibu Hamil 8 Bulan


Ketika kehamilan sudah masuk pada trimester akhir, keluhan yang muncul perlu untuk segera ditangani dengan benar dengan harapan sewaktu-waktu bayi lahir tidak terganggu oleh keluhan itu. Beberapa keluhan ibu hamil 8 bulan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Sakit kepala


Sakit kepala tidak hanya dialami oleh ibu hamil muda saja, kadang ibu hamil tua pun juga mengalami sakit kepala. Bahkan ada yang mengalami sakit kepala berat seakan tak tertahankan. Meski hanya kelihatan sepele, namun jangan sembarangan minum obat sakit kepala karena bisa memberikan pengaruh buruk pada janin. Solusi terbaik jika Anda sakit kepala adalah konsultasi sekaligus minta resep obat ke dokter.

2. Sakit gigi


Sebenarnya sakit gigi bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, tak hanya ibu hamil 8 bulan saja. Namun demikian, sering dijumpai ibu hamil tua yang mengeluhkan sakit gigi karena banyak mengkonsumsi makanan manis.

Sakit gigi ini biasa terjadi pada ibu hamil yang janinnya kecil lalu ia memperbanyak mengkonsumsi makanan manis dengan harapan bayinya dapat cepat tumbuh. Sama seperti sakit kepala, ibu hamil tidak diperkenankan mengkonsumsi obat sakit gigi tanpa resep dokter. Silakan datang ke dokter untuk minta resep obat sakit gigi yang aman bagi ibu hamil.

3. Sakit perut bagian bawah

Keluhan ibu hamil 8 bulan yang paling sering dialami adalah sakit perut bagian bawah. Sakit perut ini terasa begitu menyiksa, kadang terasa nyeri, linu dan sakit sekali.

Kenapa hal ini bisa terjadi ? karena di usia 8 bulan, kepala janin sudah berada di bawah sehingga menekan bagian perut bawah. Kondisi ini lah yang akhirnya membuat perut bagian bawah kadang terasa sangat sakit sekali.

4. Sering pipis

Pertumbuhan janin yang semakin besar akan membuat kandung kemih tertekan. Akibatnya, ibu hamil 8 bulan banyak yang mengeluh sering BAK (buang air kecil). Biasanya keluhan ini sudah dijumpai sejak hamil muda, namun semakin bertambahnya usia kehamilan membuat ibu hamil lebih sering terasa ingin pipis. Untuk mengurangi keluhan ini, silakan baca tips mengatasi sering buang air kecil saat hamil.

5. Sakit persendian


Sebagai respon tubuh untuk menghadapi persalinan, persendian di panggul akan mengalami peregangan. Hal ini adalah salah satu penyebab ibu hamil tua mengeluh sakit di bagian pinggang dan punggung. Ini adalah keluhan normal yang tidak perlu ditakuti, namun jika Anda ingin mencegah dan mengurangi keluhan ini, silakan baca cara mengatasi sakit punggung saat hamil.

6. Mudah lelah dan sakit tulang belakang

Perut yang semakin besar membuat ibu hamil lebih cepat lelah dibandingkan ketika masih hamil muda. Kelelahan juga banyak dikeluhkan oleh ibu hamil muda namun tidak seberapa.

Berbeda ketika usia kehamilan sudah masuk usia 8 bulan, perut sudah cukup besar sehingga melelahkan ibu hamil saat beraktivitas, bahkan ada beberapa ibu hamil yang mengeluhkan sakit di bagian tulang belakang.

7. Sembelit

Sembelit (susah BAB) adalah keluhan ibu hamil yang tergolong wajar. Meskipun wajar namun jika dibiarkan saja dapat mengganggu kenyamanan. Salah satu cara alami yang sangat efektif untuk mengatasi sembelit adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat. Selengkapnya silakan baca buah berserat tinggi untuk ibu hamil.

Saran untuk Ibu Hamil 8 Bulan


Untuk mencegah dan mengurangi berbagai macam keluhan kehamilan, silakan lakukan tips sederhana berikut ini :

  • Lakukan senam kegel
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi
  • Olahraga ringan secara rutin
  • Ajak janin untuk berkomunikasi
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Istirahat cukup
  • Dan lain-lain

Demikian pembahasan singkat tentang keluhan ibu hamil 8 bulan dan solusinya. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi pembaca. Bagikan artikel ini kalau menurut Anda bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top