Pengertian Kehamilan Normal Menurut Para Ahli

Pengertian kehamilan normal menurut para ahli adalah pertumbuhan dan perkembangan janin sejak konsepsi hingga permulaan persalinan. Kehamilan dikatakan normal apabila tidak ada masalah kesehatan ibu hamil yang membuat janin terganggu pertumbuhannya dan atau terancam keselamatannya. Penting bagi ibu hamil periksa kehamilan secara rutin agar apabila ada masalah kehamilan dapat segera terdeteksi.

Definisi kehamilan tersebut di atas sudah sangat jelas, adapun yang harus lebih diperhatikan ketika seseorang lagi hamil adalah perawatan kehamilan yang seharusnya benar-benar diperhatikan sejak awal masa kehamilan.

Perawatan kehamilan yang dilakukan dengan baik akan membantu ibu hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan normal. Sebaliknya, jika kehamilan tidak dirawat dengan semestinya maka dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan janin bahkan bisa terjadi keguguran.

pengertian-kehamilan-menurut-para-ahli
(foto : pixabay.com)

Pengertian Kehamilan Normal Menurut Para Ahli


Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa kehamilan adalah proses pertumbuhan janin sejak terjadinya pembuahan hingga persalinan. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai proses perkembangan janin sejak awal hingga persalinan :

I. Usia Kehamilan


Apabila dilihat dari usianya, kehamilan dibagi menjadi tiga fase, yaitu :

  • Kehamilan trimester pertama, yaitu usia kehamilan 0 hingga 12 minggu
  • Kehamilan trimester kedua, yaitu usia kehamilan antara 12 hingga 28 minggu
  • Kehamilan trimester ketiga, yaitu usia kehamilan antara 28 hingga 40 minggu

II. Kehamilan Normal


Kehamilan normal bisa dikenali dengan tidak adanya masalah kehamilan yang membahayakan janin. Sebagai gambaran kehamilan normal antara lain adalah sebagai berikut :

  • Tidak adanya riwayat obstetri yang buruk
  • Janin tumbuh berkembang dengan baik
  • Pemeriksaan kehamilan menunjukkan hasil yang normal

III. Tanda Bahaya Kehamilan


Kehamilan normal adalah harapan dari semua wanita yang sedang hamil. Kehamilan normal membuat kehidupan rumah tangga jadi semakin hangat dan bahagia. Sebaliknya, kehamilan tak normal dapat membuat anggota keluarga bingung dan panik maka kehamilan abnormal perlu segera dikenali agar dapat ditangani secara tepat. Berikut ini adalah beberapa tanda bahaya kehamilan yang sering terjadi :

1. Terjadi pendarahan hebat


Pendarahan hebat adalah salah satu pertanda bahaya kehamilan. Pendarahan ini kadang bercampur dengan lend!r dan terlalu banyak, bahkan lebih darah daripada darah haid. Pendarahan ini harus segera mendapat penanganan yang tepat, kalau tidak maka bisa mengancam nyawa ibu hamil dan janin.

Adapun pendarahan yang terjadi di awal masa kehamilan dalam jumlah sedikit bukan termasuk tanda bahaya kehamilan. Pendarahan ringan di awal kehamilan disebabkan karena proses implantasi.

2. Sakit kepala luar biasa


Sakit kepala yang terjadi sangat hebat perlu Anda waspadai, bisa jadi sakit kepala tersebut adalah pertanda komplikasi kehamilan. Pada beberapa kasus, kehamilan berbahaya dibarengi dengan beberapa gejala seperti kejang dan demam tinggi. Ketika tanda bahaya kehamilan telah terlihat, sebaiknya segera periksa kehamilan ke dokter kandungan. [pengertian kehamilan normal menurut ahli]

3.  Penglihatan terganggu


Salah satu pertanda bahaya kehamilan adalah penglihatan menjadi kabur. Jangan menganggap ringan keluhan ini karena pada kasus pre-eklampsia tampak edema pada retina yang memungkinkan ibu hamil mengalami gangguan penglihatan.

4.  Nyeri abdomen (epigastrik)


Sakit perut hebat yang yang terjadi pada usia kehamilan 22 minggu mungkin terjadi karena ada masalah kehamilan. Nyeri perut ini akan terjadi terus-terusan dan tak segera hilang bahkan sakitnya terasa menjalar ke bagian punggung. Langkah tepat ketika terjadi keluhan ini adalah segera datang ke dokter.

5. Janin tidak bergerak


Memasuki usia kehamilan trimester kedua, janin sudah mulai bergerak. Seiring bertambahnya usia kehamilan, gerakan janin akan menjadi semakin sering. Apabila Anda tidak merasakan gerakan janin sebagaimana sedia kala, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter.

Demikian ulasan pembahasan terkait pengertian kehamilan menurut ahli dan beberapa tanda bahaya kehamilan yang perlu Anda ketahui. Semoga tulisan singkat ini banyak manfaatnya. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top