Periksa kehamilan Lengkap Menurut Ahli

Pemeriksaan kehamilan lengkap - Bagi Anda yang saat ini baru hamil pertama kali, mungkin masih belum tahu jadwal pemeriksaan kehamilan yang tepat. Sebenarnya, Ante Natal Care (ANC) atau pemeriksaan kehamilan itu tergantung pada dokter kandungan atau bidan yang menangani kehamilan Anda. Namun demikian, WHO memberikan saran kepada semua ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setiap empat minggu sekali pada usia kehamilan di 28 minggu ke bawah.

Sedangkan pada usia kehamilan 28 hingga 36 minggu disarankan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setiap dua minggu sekali. Adapun pada usia kehamilan 36 minggu keatas sebaiknya periksa kehamilan setiap seminggu sekali.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas terkait jadwal pemeriksaan kehamilan, silakan simak penjelasan singkat yang kami tulis pada artikel ini hingga selesai.

periksa-kehamilan-lengkap
(foto : pixabay.com)

Jadwal Pemeriksaan Kehamilan


Perlu Anda ketahui bahwa usia kehamilan itu dihitung berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir(HPHT). Jika masih kurang jelas tentang cara menghitung usia kehamilan yang tepat, silakan baca cara menghitung usia kehamilan yang benar.

Setelah mengetahui cara menghitung kehamilan yang benar, tiba saatnya kita melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin sesuai petunjuk dari para ahli kesehatan. Di bawah ini adalah jadwal periksa kehamilan yang secara umum dilakukan oleh pihak dokter / bidan :

Pemeriksaan Kehamilan 8-12 minggu


Periksa kehamilan di usia ini adalah pemeriksaan kehamilan awal. Biasanya, Anda akan ditawari untuk mengikuti jadwal pemeriksaan rutin di tempat itu. Ada beberapa hal yang dilakukan pada saat pemeriksaan kehamilan pertama, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kalau Anda belum melakukan tes kehamilan maka akan dilakukan tes kehamilan
  • Anda akan ditanya tentang riwayat kesehatan
  • Dokter / bidan akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memeriksa bagian panggul
  • Dilakukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan golongan darah dan lainnya
  • Apabila Anda lupa dengan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) maka akan dilakukan pemeriksaan USG untuk membantu menentukan usia kehamilan

Pemeriksaan Kehamilan 15-20 minggu


Pemeriksaan di usia kehamilan 15-20 minggu ini sudah tidak banyak diajukan pertanyaan. Biasanya Anda ditawari untuk melakukan pemeriksaan USG dengan tujuan melihat perkembangan 0rgan janin dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Pemeriksaan Kehamilan 27-28 minggu


Pada usia kehamilan ini, perut ibu hamil sudah terlihat buncit karena janin sudah berkembang hampir sempurna. Anjuran yang ditawarkan oleh pihak medis adalah pemeriksaan gula darah dan hemoglobin serta pemeriksaan panggul.

Pemeriksaan Kehamilan 28-36 minggu


Pada usia kehamilan ini, Anda disarankan untuk melakukan periksa kehamilan lebih sering yaitu per dua minggu sekali. Dokter / Bidan yang menangani kehamilan Anda akan terus mencatat perkembangan janin, memeriksa posisi janin dan memperhatikan detak jantung janin. Kalau semua berjalan lancar, Anda tidak akan diberi pemeriksaan khusus tapi kalau ada keluhan lain maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Pemeriksaan Kehamilan 36 minggu


Beberapa pemeriksaan yang dilakukan pada usia kehamilan ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pemeriksaan bagian panggul
  • Pemeriksaan ukuran dan posisi janin
  • Jika posisi kepala janin tidak berada di bawah maka Anda disarankan untuk melakukan beberapa gerakan yang bisa mengubah posisi kepala janin
  • Disarankan untuk istirahat cukup dan makan makanan bergizi

Pemeriksaan Kehamilan 36-40 minggu


Kini, masa kehamilan Anda akan segera berakhir, perut semakin besar dan persalinan tinggal menunggu hari saja. Pada pemeriksaan kehamilan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan tekanan darah Anda, berat badan, ukuran janin, posisi janin, detak jantung janin dan lain-lain.

Pemeriksaan Kehamilan 40 minggu keatas


Apabila masa kehamilan Anda sudah melebihi HPL (hari perkiraan lahir), dokter akan menawarkan beberapa penanganan khusus termasuk tes USG dan tes nonstress untuk menentukan tindakan selanjutnya.

Tips Periksa Kehamilan


Sebagai usaha untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan normal, berikut ini adalah beberapa tips periksa kehamilan yang bisa Anda terapkan.

  • Silakan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan sesuai dengan petunjuk dokter / bidan
  • Bagi sang suami hendaknya tidak melakukan hal-hal yang dapat membahayakan kehamilan seperti merokok, minum minuman keras dan memakai obat-obatan terlarang
  • Konsumsi suplemen yang telah diberikan oleh dokter / bidan
  • Lakukan olahraga ringan dan senam kehamilan
  • Jangan gunakan pembersih v@g!na untuk membersihkan keputihan
  • Hindari pemakaian sepatu atau sandal berhak tinggi
  • Hindari semua makanan pantangan kehamilan 
  • Terapkan pola hidup sehat

Demikian ulasan terkait periksa kehamilan lengkap yang dapat kami tulis. Semoga informasi singkat ini dapat menambah wawasan seputar kehamilan, Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top