Periksa Kehamilan Pilih di Bidan atau Dokter ?

Periksa kehamilan adalah hal penting yang harus dilakukan oleh ibu hamil guna menjaga dan merawat kehamilannya agar tetap sehat dan tidak terjadi masalah kehamilan serius. Wanita yang baru pertama kali hamil kadang bingung untuk memilih tempat periksa kehamilan yang seharusnya dipilih. Mungkin Anda cenderung untuk periksa ke dokter tapi keluarga menyarankan untuk periksa kehamilan ke bidan saja.

Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat dan normal, periksa kehamilan seharusnya dilakukan secara rutin sesuai dengan petunjuk ahli kesehatan. Silakan baca penjelasannya pada artikel berjudul periksa kehamilan lengkap menurut ahli.

Sebenarnya untuk periksa kehamilan itu pilih bidan atau dokter sih ? mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang menanyakan tentang hal itu. Untuk itu, silakan lanjut membaca untuk mendapat penjelasan lebih detil.

periksa-kehamilan-pilih-bidan-atau-dokter
(foto : pixabay.com)

Periksa kehamilan ke bidan atau dokter ?


Sebagaimana dilansir tribunnews.com (07/11/2017) ibu hamil bisa memilih periksa kehamilan ke bidan apabila kehamilan berjalan normal. Ha itu disampaikan oleh DR. Harni Koesno, M.K.M. selaku ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia.

Periksa kehamilan normal cukup dilakukan di bidan karena bidan memiliki  kualifikasi untuk memberikan asuhan, dukungan dan nasehat selama kehamilan berlangsung. Bidan juga mampu memberikan perawatan tepat pada masa persalinan, masa nifas dan memberikan asuhan terhadap bayi yang baru lahir.

Kualifikasi yang dimiliki oleh bidan mencakup beberapa hal, yaitu persalinan normal, deteksi komplikasi dan mempunyai akses bantuan medis yang dibutuhkan.

Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh ibu hamil ketika memilih periksa kehamilan di bidan adalah mendapat pendampingan kehamilan yang lebih nyaman karena mendapat pendampingan dari sesama wanita.

Tak hanya itu, keuntungan lain yang bisa didapat dengan periksa kehamilan di bidan adalah biaya konsultasi dan perawatan yang relatif lebih murah daripada periksa kehamilan ke dokter.

Jadi, jika Anda bertanya "periksa kehamilan pilih di bidan atau dokter ? Apabila kehamilan normal, silakan pilih periksa kehamilan ke bidan saja.

Namun demikian, jika kehamilan Anda mengalami beberapa masalah misalnya pernah punya riwayat keguguran maka periksa kehamilan sebaiknya dilakukan di dokter kandungan.

Dokter obstetri dan ginekologi (obgin) punya izin untuk memberikan beberapa macam obat-obatan yang diperlukan oleh ibu hamil selama menjalani kehamilan serta periksa kehamilan dengan USG.

Anda juga bisa menerapkan cara periksa kehamilan di dokter obgin untuk pertama kali dan jika hasil pemeriksaan menunjukkan kehamilan normal lalu dilanjutkan dengan periksa kehamilan di bidan setempat.

Silakan baca : kapan sebaiknya periksa kehamilan dilakukan ?

Perlu Anda ketahui, meskipun Anda telah terdaftar sebagai pasien dokter tapi pendampingan sebelum melahirkan tetap dilakukan oleh bidan. Umumnya, dokter baru akan datang jelang persalinan, kecuali apabila ibu hamil mengalami kondisi yang harus mendapatkan penanganan khusus, misalnya pendarahan hebat dan lain-lain.

Anda tak perlu bingung untuk memilih kemana harus melakukan periksa kehamilan. Kalau kehamilan berjalan normal, silakan periksa ke bidan dan jika kehamilan bermasalah silakan lakukan periksa kehamilan ke dokter kandungan.

Tips Perawatan Kehamilan Agar Sehat


Agar kehamilan berjalan dengan normal dan tidak mengalami masalah kehamilan serius, Anda perlu menerapkan beberapa tips kehamilan sehat. Di bawah ini adalah beberapa hal yang patut Anda lakukan selama kehamilan berlangsung :

  • Periksa kehamilan secara rutin sesuai petunjuk  medis
  • Konsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil dan hindari makanan pantangan kehamilan
  • Lakukan olahraga ringan secara rutin dan hindari olahraga yang membahayakan kehamila
  • Terapkan pola hidup sehat, jangan merokok, minum minuman keras dan memakai narkoba
  • Jika ibu hamil sakit, jangan minum obat kecuali sesuai dengan resep dokter
  • Jaga kebersihan organ v!tal untuk mencegah infeksi akibat jamur, virus dan bakteri
  • Sebaiknya tidak mengkonsumsi daging dan telur mentah atau setengah matang
  • Dan lain-lain

Demikian penjelasan singkat tentang periksa kehamilan pilih di bidan atau dokter ? Semoga ulasan singkat ini memberikan banyak manfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top