Tanda Hamil Trimester Pertama yang Normal dan Sehat

Tanda hamil trimester pertama - Ibu muda yang baru menikah mungkin masih bingung untuk mengenali dan menyikapi perubahan tubuh saat hamil muda. Ketika tanda kehamilan sudah muncul dan test pack telah menunjukkan positif hamil maka pertanyaan besar yang ada di dalam hati adalah " normalkah kehamilanku ? aku harus berbuat apa ? "

Apabila test pack telah menunjukkan positif hamil, sebaiknya rawat kehamilan dengan baik agar pertumbuhan janin dapat berkembang dengan sempurna. Silakan baca cara perawatan ibu hamil.

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap pasangan suami istri adalah pengetahuan tentang tanda hamil muda sehingga kehamilan dapat terdeteksi sejak dini. Kenapa hal ini penting ? karena dengan mengetahui kehamilan sejak dini, kehamilan segera mendapat perlakukan semestinya sehingga memperkecil resiko terjadinya keguguran.

tanda-hamil-trimester-pertama
(foto : pixabay.com)

Tanda Hamil Trimester Pertama


Pada usia kehamilan trimester pertama, kehamilan tidak hanya ditandai dengan telat datang bulan, akan tetapi juga ditandai dengan gejala awal kehamilan seperti mual, ngidam, ingin muntah, kelelahan dan lainnya.

Hal yang perlu dipahami adalah tanda kehamilan setiap wanita itu berbeda-beda karena setiap orang punya kondisi tubuh yang berbeda pula. Inilah alasan kenapa ibu hamil dianjurkan untuk memeriksakan kehamilan secara rutin.

Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara rutin sangat menguntungkan bagi ibu hamil karena dokter akan segera menangani ketika ada kelainan pada kehamilan Anda.

Tanda kehamilan setiap ibu hamil memang tidak sama, namun ada beberapa tanda hamil yang umum dialami oleh setiap wanita. Di bawah ini adalah tanda hamil trimester pertama yang sehat dan normal.

1. Mual disertai muntah

Mual disertai muntah adalah tanda kehamilan yang biasa terjadi pada ibu hamil usia 3 hingga 12 minggu, namun ada juga yang sudah mulai merasakan mual sejak minggu awal kehamilan.

Mual ini sering terjadi di pagi hari sehingga disebut dengan istilah morning sickness. Pada umumnya, mual muntah ini terjadi tidak terlalu parah sehingga ibu hamil masih bisa makan dan minum meski terasa tidak nyaman.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meringankan mual muntah adalah dengan mengatur pola makan sedikit tapi sering, hindari makanan gorengan, makanan berbau menyengat dan pilih cemilan tinggi protein namun tidak terlalu manis.

Selain itu, Anda harus menghindari segala macam jenis makanan dan minuman yang dapat meningkatkan rasa mual. Biasanya mual muntah ini akan hilang ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Kalau ternyata di usia kehamilan trimester kedua, mual muntah masih belum hilang, silakan konsultasi ke dokter.

2. Perdarahan

Menempelnya bakal janin ke dinding rahim menyebabkan pendarahan ringan yang keluar dari jalan lahir. Pendarahan ini biasanya disertai dengan kram perut ringan yang datang tidak hanya sekali.

Pendarahan memang sebagai tanda kehamilan normal, namun bukan berarti Anda tidak perlu waspada. kenapa demikian ? karena bercak darah tidak selamanya normal, kadang pendarahan terjadi karena masalah kehamilan serius dan keguguran. Untuk itu, silakan baca penjelasan lebih detil tentang bercak darah kehamilan seperti yang telah kami tulis pada artikel berjudul bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

3. Kram perut

Kram perut tanda hamil trimester pertama sangat mirip dengan kram perut yang terjadi jelang menstruasi. Kram perut tanda hamil normal terjadi cukup ringan. Apabila kram perut terasa sangat sakit dan sering datang hilang setiap 5 hingga 20 menit, mungkin kram perut ini disebabkan karena masalah kehamilan. Silakan segera datang ke dokter untuk memastikan penyebab kram perut Anda.

4. Keputihan

Keputihan bisa terjadi pada semua wanita, baik wanita hamil maupun wanita yang tidak hamil. Keputihan tanda hamil termasuk ciri hamil normal yang tidak perlu ditakuti karena keputihan ini bermanfaat untuk menjaga sistem reproduksi wanita agar tetap sehat dan bersih. Namun, jika keputihan yang Anda alami ada tanda-tanda ketidaknormalan seperti warna keputihan kuning kehijauan, berbau menyengat dan keluar dalam jumlah banyak sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

5. Payud*ra membesar

Ini adalah tanda hamil trimester pertama yang terus berlanjut hingga persalinan. Hal ini terjadi karena perubahan hormon dan sebagai respon tubuh untuk mempersiapkan diri dalam memproduksi ASI.

Perubahan yang terjadi pada bagian payud*ra ini dapat membuat ibu hamil merasa tidak nyaman karena payud*ra menjadi sangat sensiti f terhadap sentuhan, bahkan hanya karena sentuhan kain bra.

Selain 5 tanda hamil di atas, masih ada tanda kehamilan lainnya seperti perubahan suasana hati (mood), frekuensi BAK meningkat, ngidam makanan, sembelit, pusing dan lain-lain.

Tak hanya itu, ibu hamil juga mengalami suatu kondisi dimana tubuh terasa sangat lelah meskipun tidak banyak beraktivitas. Hal ini bisa terjadi karena beberapa 0rgan tubuh bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

Silakan perbanyak waktu istirahat dan cukupi kebutuhan nutrisi agar badan tidak terlalu kelelahan dan tetap segar bugar. Anda juga harus menghindari beberapa makanan pantangan ibu hamil, minuman beralkohol, asap rokok dan lain-lain.

Tanda kehamilan trimester pertama yang cukup mengganggu ini akan hilang seiring bertambahnya usia kehamilan. Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat secara sembarangan. Kalau terpaksa harus minum obat, silakan minum obat sesuai dengan resep dokter.

Demikian ulasan terkait tanda hamil trimester pertama sehat dan normal yang dapat kami sampaikan. Silakan lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin guna menjaga kehamilan  tetap sehat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top