Tanda Kehamilan 1 Minggu Pertama yang Bisa Dikenali dengan Mudah

Tanda kehamilan 1 minggu pertama - Sebenarnya tanda kehamilan sudah bisa dilihat pada usia kehamilan satu minggu meskipun masih banyak yang tidak menyadarinya. Tanda kehamilan satu minggu bisa terlihat dari perubahan fisik dan psikis. Hingga saat ini masih banyak kaum wanita yang belum mengetahui perbedaan tanda haid dan tanda hamil karena memang keduanya sangat mirip.

Memperkirakan kehamilan sebenarnya tidak terlalu sulit, namun yang menjadikan bingung adalah tidak ada gejala kehamilan pasti sehingga sulit untuk memastikan kehamilan dengan melihat gejala-gejalanya. Yang jelas, semakin banyak tanda kehamilan yang kita jumpai maka kemungkinan hamil semakin tinggi.

Lantas, apa saja tanda kehamilan satu minggu pertama itu ? Untuk pembahasan lebih jelas, silakan lanjut membaca hingga akhir artikel ini karena di sini akan disampaikan tanda hamil secara medis dan non medis.

tanda-kehamilan-1-minggu-pertama
(foto : pixabay.com)

Tanda Kehamilan 1 Minggu Pertama secara Non Medis


Mengenali tanda kehamilan secara non medis adalah cara mengenali kehamilan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Beberapa tanda kehamilan yang dipercaya sebagai tanda hamil muda antara lain adalah mual muntah, badan lelah, perubahan beberapa anggota tubuh, ngidam dan lainnya. Semakin banyak tanda kehamilan 1 minggu pertama yang Anda jumpai maka perkiraan Anda semakin akurat. Di bawah ini adalah beberapa tanda dan gejala kehamilan secara non medis yang banyak dikenal oleh masyarakat.

1. Mudah lelah

Salah satu ciri kehamilan yang paling banyak dialami oleh kaum wanita adalah badan terasa sangat lelah meski tidak habis melakukan aktivitas berat. Pemicu keadaan ini adalah terjadinya peningkatan hormon progesteron yang mengiringi terjadinya pembuahan. Selain karena perubahan hormonal, badan lelah saat hamil muda juga dipengaruhi oleh tekanan darah yang cenderung turun.

2. Nafsu makan berkurang

Tanda kehamilan 1 minggu yang berikutnya adalah menurunnya nafsu makan meskipun terhadap makanan yang dulunya sangat disukai. Turunnya nafsu makan sangat dipengaruhi oleh keadaan dimana  ibu hamil mengalami mual dan muntah. Selain karena mual, menurunnya nafsu makan juga dipengaruhi oleh perubahan hormon ibu hamil. Anda tak perlu takut dengan keadaan ini karena termasuk tanda hamil muda yang wajar.

3. Ngidam


"Ngidam" adalah istilah yang disematkan untuk wanita hamil muda yang biasanya sangat ingin makan makanan tertentu. Makanan yang dinginkan oleh setiap ibu hamil berbeda-beda, ada yang ingin makan makanan kecut, ada yang ingin makan makanan manis, gurih dan lainnya. Ada yang mengatakan kalau wanita hamil harus dituruti makanan yang diinginkan, kalau tidak dituruti maka besuk bayinya suka ngeces. Perlu diketahui bahwa itu hanyalah mitos belaka, belum ada bukti yang memperkuat.

4. Sensitif terhadap bau


Salah satu tanda hamil 1 minggu pertama adalah terjadinya perubahan pada sensitifitas indra penciuman. Aneka macam bau menyengat seperti bau makanan, bau minyak wangi dan bau asap rokok bisa membuat ibu hamil semakin mual dan ingin muntah. Beberapa orang menyebut bahwa perubahan hormon lah yang memicu terjadinya kondisi ini.

5. Mual disertai muntah

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa salah satu tanda hamil 1 minggu adalah mual disertai muntah yang biasa muncul di pagi hari (morning sickness). Gejala yang satu ini adalah tanda kehamilan yang banyak terjadi terutama di awal kehamilan trimester pertama. Mual dan muntah adalah tanda kehamilan yang cukup mengganggu karena terkadang tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan selalu muncul tanpa mengenal waktu. Untuk meredakan mual muntah, silakan lakukan cara yang tepat seperti yang telah kami sampaikan  pada artikel berjudul cara mengatasi mual saat hamil muda.

6. Sering pipis

Wanita hamil biasanya lebih sering pipis daripada wanita yang tidak hamil. Hal ini bisa terjadi karena 0rgan ginjal ibu hamil bekerja lebih keras sehingga kandung kemih lebih cepat penuh. Meski termasuk keluhan yang cukup mengganggu kenyamanan namun ibu hamil tidak dianjurkan untuk menahan kencing karena bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

7. Perubahan bentuk fisik

Perubahan beberapa anggota tubuh merupakan salah satu tanda kehamilan 1 minggu yang sangat terlihat jelas. Beberapa anggota tubuh yang mengalami perubahan antara lain adalah payud*ra, lengan, paha dan b0kong. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perut ibu hamil juga mengalami perubahan menjadi semakin buncit.

Tanda Kehamilan 1 Minggu Secara Medis


Mengetahui kehamilan dengan mengamati perubahan fisik memang mudah untuk dilakukan tapi hasilnya tidak terlalu akurat. Untuk itu, jika tanda kehamilan 1 minggu pertama yang sudah kami jelaskan tersebut sudah muncul pada diri Anda, silakan lakukan pemeriksaan kehamilan secara medis.

Cara paling mudah, praktis, murah dan hasilnya cukup akurat adalah melakukan tes kehamilan dengan menggunakan alat test pack. Saat ini test pack sudah banyak dijual di apotek-apotek sehingga tak sulit untuk mendapatkannya.

Cara untuk menggunakan test pack juga sangat mudah, cukup dicelukan ke dalam air seni pagi hari, biarkan sebentar dan test pack sudah menunjukkan indikatornya. Kalau test pack menunjukkan dua garis berarti positif hamil, sedangkan kalau hanya menampakkan satu garis berarti tidak hamil. Apabila Anda kurang yakin dengan keakuratan test pack, Anda bisa melakukan tes kehamilan langsung ke dokter atau bidan terdekat.

Demikian ulasan terkait tanda kehamilan 1 minggu pertama yang bisa dikenali dengan mudah. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top