Tanda Kehamilan Normal Pada Trimester Pertama

Tanda kehamilan normal - Wanita yang baru pertama kali hamil mungkin masih belum begitu mengerti tentang tanda kehamilan yang ia alami. Gejala kehamilan yang muncul terkadang malah dikira sebagai tanda mau haid karena memang keduanya sangat mirip. Setelah test pack menunjukkan positif hamil, hati pun masih bertanya-tanya, seperti apa kehamilan normal itu ?

Salah satu tanda kehamilan normal yang banyak dikenali oleh masyarakat adalah telat menstruasi meskipun sebenarnya telat haid belum tentu disebabkan karena kehamilan.

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil membuat dirinya mengalami beberapa keluhan seperti mual muntah, kepala pusing, badan lelah, nyeri di bagian payud*ra dan lain-lain. Selengkapnya silakan lanjut membaca..

tanda-kehamilan-normal
(foto : pixabay.com)

Tanda kehamilan Normal


Inilah salah satu alasan mengapa Anda dianjurkan untuk rutin periksa kehamilan, yaitu untuk segera mengetahui apabila ada ketidak normalan kehamilan. Namun demikian, Anda bisa mendeteksi sendiri tanda kehamilan normal dengan melihat tanda kehamilan normal yang lazim terjadi pada ibu hamil. Di bawah ini adalah beberapa tanda hamil normal yang bisa Anda perhatikan :

1. Mual

Mual adalah gejala kehamilan normal yang biasa sudah mulai terjadi di awal masa kehamilan dan akan terus terjadi selama kehamilan trimester pertama. Memang tidak semua ibu hamil mengalami mual, namun sekitar 85 persen mengalaminya.

Mual ini biasa terjadi di pagi hari, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada waktu siang, sore dan malam dengan kondisi mual yang tidak begitu parah sehingga perut masih mau menerima makanan dan minuman.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa mual adalah mengatur pola makan dengan porsi kecil namun lebih sering dilakukan. Makanan dengan aroma menyengat sebaiknya dihindari karena dapat membuat mual semakin menjadi-jadi.

Apabila mual tak kunjung hilang pada usia kehamilan trimester kedua dengan dibarengi keadaan dimana perut tidak mau menerima makanan jenis apa saja maka segera konsultasikan ke dokter.

2. Perdarahan ringan

Pendarahan ringan merupakan salah satu tanda kehamilan normal yang disebabkan karena bakal janin mulai menempel pada dinding uterus (implantasi). Ibu hamil mungkin merasakan kram perut yang terjadi tidak hanya sekali bersama dengan keluarnya bercak darah ini.

Bercak darah memang sebagai tanda kehamilan normal, namun bukan berarti Anda tidak perlu waspada. Segera saja hubungi dokter apabila ada kejanggalan pada pendarahan Anda, misalnya bercak darah disertai dengan gumpalan-gumpalan, bercak darah disertai kram perut hebat dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga wajib waspada terhadap kram perut atau kontraksi hebat. Kram hebat yang disertai dengan pendarahan bisa saja sebagai pertanda kehamilan tak normal bahkan sebagai tanda tanda keguguran hamil muda.

3. Kram perut ringan


Kram perut yang terjadi di awal masa kehamilan hampir sama dengan kram perut ketika Anda sedang PMS. Kram perut ringan adalah salah satu tanda kehamilan normal yang tidak perlu Anda takuti, namun apabila kram perut terjadi terus terusan dengan rasa sakit yang luar biasa sebaiknya perlu Anda waspadai. Segera saja konsultasi ke dokter sebelum terjadi hal yang membahayakan.

4. Keputihan

Keputihan tidak hanya terjadi pada wanita yang sedang hamil, namun biasanya wanita hamil cenderung mengalami keputihan lebih banyak. Keputihan saat hamil muda tergolong keluhan normal yang tidak berbahaya, kecuali kalau keputihan tersebut menunjukkan tanda-tanda bahaya, misalnya cairan keputihan berwarna kuning kehijauan, berbau menyengat, gatal-gatal di area v!tal dan lain-lain.

Selain tanda kehamilan normal di atas, masih ada tanda hamil yang lain seperti perubahan mood, sembelit, frekuensi buang air kecil meningkat, payud*ra membesar, ngidam dan lainnya.

Apabila Anda merasakan lelah di awal masa kehamilan, Anda tak perlu takut karena kelelahan adalah keluhan ibu hamil muda yang hampir dialami oleh semua wanita. Sebagai langkah tepat untuk meringankan kelelahan saat hamil adalah dengan istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi dan hindari gaya hidup tak sehat seperti merokok, minum minuman keras dan memakai narkoba.

Gejala hamil muda kadang membuat Anda kerepotan, namun jangan khawatir karena seiring bertambahnya usia kehamilan, keluhan keluhan tersebut akan hilang dengan sendirinya. Agar kehamilan berjalan lancar, libatkan suami untuk membantu menjaga dan merawat kehamilan.

Demikian pembahasan singkat tentang tanda kehamilan normal pada trimester pertama kehamilan. Jangan lupa bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top