Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu yang Jarang Diperhatikan

Tanda-tanda hamil 2 minggu - Pada usia kehamilan 2 minggu, beberapa tanda kehamilan sudah mulai muncul sehingga tak sulit bagi kita untuk mengenali kehamilan di usia ini. Gejala kehamilan 2 minggu hampir sama dengan tanda hamil 1 minggu yang penjelasannya sudah kami sampaikan beberapa waktu lalu.

Hanya saja, ciri kehamilan fisik dan non fisik kehamilan semakin terlihat jelas pada usia hamil 2 minggu. Kondisi ini memungkinkan beberapa ibu hamil sudah mulai melakukan tes kehamilan di usia ini.

Untuk memastikan kehamilan, sebaiknya dilakukan dengan menggunakan bantuan alat test pack atau langsung periksa ke dokter. Tes kehamilan dengan test pack terbukti sangat akurat apabila dilakukan pada saat yang tepat dan kualitas test pack yang bagus. (baca : kapan test pack bisa mendeteksi kehamilan dengan akurat ?)

tanda-tanda-hamil-2-minggu
(foto : pixabay.com)

Tanda-Tanda Hamil 2 Minggu


Apabila kehamilan sudah terdeteksi, sebaiknya jangan coba-coba untuk melakukan aktivitas yang dapat membahayakan kehamilan. kehamilan perlu mendapat perhatian dan perawatan yang serius agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Salah satu dari beberapa tanda-tanda hamil 2 minggu adalah badan terasa lelah. Hal ini adalah kondisi yang sangat wajar dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini terjadi karena pengaruh perubahan hormon sejak terjadinya pembuahan.

Kelelahan yang dialami ibu hamil berbeda dengan kelelahan pada umumnya. Ketika seorang wanita tengah hamil muda maka tubuh akan terasa mudah lelah meski tidak melakukan aktivitas berat.

Setelah tanda hamil 2 minggu muncul, sebaiknya cukupi kebutuhan nutrisi dengan baik guna memperlancar pertumbuhan janin. Nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil tidak hanya seperti yang dibutuhkan oleh orang tak hamil. Untuk itu, silakan baca makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Tanda Hamil 2 Minggu Secara Umum


Mengetahui kehamilan sejak dini merupakan langkah tepat yang dapat mencegah terjadinya keguguran. Wanita yang tidak menyadari kalau dirinya lagi hamil bisa saja melakukan aktivitas yang membahayakan kehamilan bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Tanda-tanda hamil 2 minggu sangat mirip dengan tanda kehamilan sebelumnya seperti terjadi mual muntah, keluar bercak darah, badan lelah, sering buang air kecil dan lain-lain. Silakan baca penjelasan di bawah ini :

1. Kehamilan ditandai dengan morning sickness


Salah satu tanda hamil 2 minggu yang mudah sekali dikenali adalah morning sickness (mual muntah di pagi hari). Pada umumnya, wanita hamil muda akan mengalami morning sickness ini dalam jangka waktu yang berbeda-beda dan tingkat keparahan yang berbeda-beda pula.

Sebagian ibu hamil hanya merasakan rasa mual yang sangat ringan dan cepat hilang, namun sebagian yang lain ada yang merasa mual sangat parah dan tanpa mengenal waktu.

Umumnya, mual muntah ini akan segera hilang ketika kehamilan telah masuk pada usia kehamilan trimester kedua. Namun demikian, ada juga yang masih merasa mual meski kehamilannya sudah masuk bulan keempat.

Hal yang disebut-sebut sebagai penyebab mual muntah saat hamil muda adalah perubahan hormon. Entah apapun yang menyebabkan kondisi ini yang pasti segera konsultasikan ke dokter jika Anda menemukan kejanggalan pada gejala kehamilan Anda.

2. Keluar bercak darah

Salah satu tanda-tanda hamil 2 minggu adalah keluar bercak darah kehamilan. Bercak darah kehamilan ini terjadi karena proses implantasi yang umumnya terjadi pada minggu pertama hingga minggu kedua setelah terjadi pembuahan.

Bercak darah kehamilan adalah tanda hamil normal yang tidak perlu ditakuti, kecuali kalau bercak darah tersebut menunjukkan adanya masalah kesehatan. Umumnya, bercak darah kehamilan keluar dari jalan lahir dalam waktu tak terlalu lama dan tidak terlalu banyak. Silakan baca penjelasan lebih lengkap pada artikel berjudul bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

3. Sering buang air kecil

Jangan kaget kalau Anda menjadi sering buang air kecil pada usia kehamilan 2 minggu. Sering buang air kecil tidak hanya dialami oleh wanita hamil muda saja, melainkan selama masa kehamilan kondisi ini akan terus mengiringi ibu hamil. Apalagi ketika kehamilan sudah masuk pada usia trimester akhir, kandung kemih semakin tertekan oleh perut yang kian membesar sehingga ibu hamil semakin sering buang air kecil.

4. Indra penciuman lebih sensitif

Salah satu dari sekian banyak tanda-tanda hamil 2 minggu adalah indra penciuman menjadi lebih sensitif terhadap aroma menyengat. Kalau sebelum hamil Anda suka dengan makanan yang beraroma menyengat, sekarang justru sebaliknya. Makanan beraroma menjadi salah satu makanan yang membuat Anda tersiksa karena dapat membuat rasa mual semakin menjadi-jadi.

5. Payud@r@ bengkak

Ini adalah tanda kehamilan yang akan terus dirasakan oleh ibu hamil sejak awal masa kehamilan hingga proses persalinan telah tiba. Setelah proses pembuahan berhasil terjadi, payud@r@ ibu hamil akan terlihat bengkak, lebih sensitif terhadap sentuhan dan area di sekitar put!ng terlihat menghitam.

Itulah tanda-tanda hamil 2 minggu yang jarang diperhatikan oleh kaum wanita. Banyak orang yang beranggapan kalau tanda kehamilan hanya lah telat datang bulan, padahal sebenarnya ada banyak tanda kehamilan yang sudah muncul pada minggu-minggu awal.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top